Ini merupakan artikel kelanjutan dari artikel mengenai panduan cara membuat blog untuk pemula. Di blogger, anda dapat membuat lebih dari satu blog dalam satu akun google. Misalkan anda ingin membuat 2 blog berbeda, blog pertama untuk keperluan tugas sekolah dan blog kedua untuk sekedar menulis pengalaman dan cerita tentang diri anda.

Agar blog-blog anda yang berbeda topik atau keperluan tersebut tidak tercampur dan manajemen blog menjadi lebih mudah dilakukan, maka membuat blog baru dan memisahkannya sesuai topik dan keperluan sangat disarankan. Untuk cara membuat blog baru di blogger tidaklah rumit, simak langkah-langkah dibawah ini untuk membuat blog baru di blogger:

1. Saya anggap anda sudah login ke dashboard blog anda. Silakan klik ikon segitiga terbalik (seperti yang telah saya lingkari merah), kemudian pilih Blog baru.

klik segitiga terbalik

2. Masukkan judul dan alamat blog yang anda inginkan. Pastikan alamat blog yang anda masukkan tersedia (yang ditandai dengan checklist biru). Kemudian pilih Tema blog yang ingin anda gunakan, lalu pilih klik tombol Buat blog!.

cara membuat blog baru

3. Nah, blog kedua anda telah berhasil dibuat. Sekarang anda memiliki 2 blog yang bisa anda sesuaikan berdasarkan topik atau keperluan yang berbeda.

pilih blog baru

Itulah cara membuat blog baru dengan menggunakan satu email google (gmail) yang sama. Jadi anda tidak perlu kuatir jika ingin membuat banyak blog, karena anda dapat melakukannya dengan mudah, meskipun pada akun google yang sama. Jika anda ingin menghapus blog yang sudah tidak digunakan, atau anda kesulitan memanage blog-blog anda karena terlalu banyak, anda dapat membaca tutorial cara menghapus blog disini.