5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Secara Ampuh

Play store terkenal sebagai tempat untuk mendownload aplikasi seperti game, buku, music, social media, aplikasi chatting maupun aplikasi online shop. Tetapi apakah kamu pernah mendapatkan masalah seperti gagal mendownload aplikasi di Play Store ? Jika iya, pasti hal tersebut sangat membuat kamu jengkel. Pasalnya hal tersebut terjadi berulang kali saat kamu ingin menginstall aplikasi tersebut di Play Store.

Masalah yang sering timbul saat ingin mendownload aplikasi di Play Store yaitu seperti loading yang terus menerus dan aplikasi yang gagal disimpan karena memori yang penuh.

Ada juga sudah menunggu lama ketika mendownload aplikasi dan setelah mendownload selesai , pada layar smartphone kamu akan menampilkan tulisan berupa “Insufficient Storage Available”. Hal itu menunjukkan bahwa kapasitas penyimpanan pada smartphone kamu penuh dan tidak bisa menyelesaikan installasi aplikasi kamu.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi play store yang aplikasinya tidak dapat di download ? kamu tidak perlu khawatir, karena dengan mengikuti cara di bawah ini kamu dapat mendownload aplikasi tersebut.

1. Menghapus Cache yang Ada di Semua Aplikasi Kamu

hapus cache

Image : Opera

Cache yang menumpuk di aplikasi yang ada di smartphone kamu akan membuat gagal dalam mendownload aplikasi di Play Store. Karena memang setiap aplikasi telah menyimpan cache atau sering disebut dengan file sampah. File sampah tersebut haruslah rutin untuk di bersihkan. Karena file sampah tersebut akan menghabiskan ruang di kapasitas penyimpanan pada sebuah perangkat .

Dan file sampah yang menumpuk juga akan membuat kinerja dari perangkat menjadi sangat lambat. Kebiasaan tidak menghapus file cache akan menyebabkan aplikasi gagal untuk di download dan di install di Play Store. Maka dari itu, kamu harus menghapus file cache dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama kamu harus masuk ke menu Settings.
  • Selanjutnya kamu juga harus masuk ke menu Applications atau aplikasi
  • Nah, jika kamu sudah masuk, maka kamu dapa memilih salah satu aplikasi dan pilih Clear Cache.
  • Lakukan hal tersebut pada aplikasi lainnya yang telah terinstall di gadget anda untuk membersihkan data cache.

Dan jika langkah-langkah diatas telah kamu lakukan, kamu dapat menginstall kembali aplikasi yang kamu inginkan di Play Store.

2. Kamu Harus Uninstall Google Play Service

google play service

Image : Greenbot

Cara lain untuk mengatasi Play Store tidak bisa download yaitu dengan cara uninstall Google Play Service. Pasalnya, Google Play Store berhubungan langsung dengan Google Play Service. Jadi permasalahan pada Play Service akan berdampak besar pada Play Store. Maka dari itu, kamu dapat memperbaiki Play Servicer terlebih dahulu. Berkut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk uninstall Google Play Service :

  • Pertama kamu masuk ke menu Setting .
  • Selanjutnya kamu juga harus memilih menu Applications atau aplikasi.
  • Setelah itu kamu dapat mencari dan memilih Google Play Service.
  • Lalu langkah pertama yang kamu lakukan yaitu untuk menghapus data cache-nya terlebih dahulu dengan mengklik bagian Clear cache dan juga Clear Data. Dan kamu juga bisa langsung mencoba untuk mendownload aplikasi di Play Store.
  • Tetapi, jika pada Play Store kamu tetap tidak bisa untuk mengunduh dan menginstall aplikasi yang kamu inginkan, maka kamu harus kembali ke langkah yang pertama dan yang kedua.
  • Dan jika sudah, kamu dapat memilih Uninstall Updates. Guna untuk menonaktifkan Play Service.
  • Lalu kamu dapat restart smartphone kamu.
  • Dan terakhir kamu dapat mendownload aplikasi yang kamu inginkan di Play Store.

3. Kamu Harus Menghapus Aplikasi Yang Tidak Di Perlukan

uninstall

Image : Skill of Tech

Aplikasi memang menjadi hal yang penting di dalam smartphone. Bahkan smartphone ysng tidak memiliki aplikasi akan terdengar sangat aneh dan tidak mungkin, mengingat tujuan dari smartphone untuk diisi dengan aplikasi-aplikasi yang berguna untuk keseharian pengguna.

Biasanya orang-orang akan mengisi smartphone mereka dengan aplikasi game, music dan social media. Tetapi menginstall aplikasi yang terlalu banyak akan membuat kapasitas penyimpanan di smartphone menjadi cepat habis.

Hal tersebut dapat mengakibatkan tidak bisa mendownload aplikasi lain karena ruang yang ada di memori smartphone kamu menjadi tidak mencukupi lagi. Maka dari itu, kamu harus menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Caranya seperti berikut ini.

  • Pertama kamu harus masuk ke menu Settings.
  • Lalu kamu harus memilih menu Applications.
  • Selanjutnya kamu dapat memilih aplikasi yang tidak kamu perlukan atau tidak kamu pakai.
  • Nah, barulah kamu dapat menekan Uninstall pada aplikasi yang kamu pilih tersebut.
  • Kamu juga harus mengulangi langkah kedua dan ketiga diatas untuk dapat membersihkan semua aplikasi yang tidak kamu perlukan lagi.

Setelah kamu melakukan cara diatas, kamu dapat mencoba mendownload kembali aplikasi yang kamu inginkan di Play Store.

4. Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

move to sd card

Image : psafe.com

Pasti kamu pernah mengalami kejadian seperti Play Store yang tiba-tiba mengeluarkan peringatan seperti Insufficient Storage Available, kan ? nah, hal tersebut disebabkan karena ruang kapasitas penyimpanan yang tidak tersedia atau tidak mencukupi di smartphone kamu.

Tapi tenang saja, kamu dapat mengatasinya dengan cara memindahkan aplikasi ke memori eksterna milik kamu.  Tetapi kmu harus menggunakan SD card di slot penyimpanan eksternal yang ada di gadget kamu. Rdan berikut cara untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal :

  • Pertama kamu harus masuk ke menu Settings.
  • Selanjutnya kamu dapat memasuki menu Application.
  • Dan kamu dapat memilih aplikasi mana yang ingin kamu pindahkan, kemudian klik menu Move to SD Card.
  • Kamu dapat mengulangi cara kedua dan ketiga untuk memindahkan aplikasi lainnya ke memori eksternal.

Dan terakhir, jika kamu sudah selesai melakukan langkah diatas kamu dapat mencoba kembali untuk mendownload aplikasi di Play Store.

5. Menghapus Proxy

proxy

Image : Android XYZ

Jika masalah yang terdapat di Play Store kamu bukan dikarenakan kapasitas memori yang penuh, tetapi kamu mendapatkan pesan error sepertii error 491 dan error 403. Maka kamu dapat mencoba untuk menghapus proxy yang ada di pengaturan APN gadget kamu. Caranya sebagai berikut :

  • Pertama kamu harus memasuki menu Settings.
  • Lalu kamu dapat memilih More.
  • Dan selanjutnya kamu dapat membuka Mobile Network.
  • Kemudian kamu memilih Access Point Name.
  • Selanjutnya kamu dapat memilih APN yang sedang kamu gunakan dan menghapus kolom proxy dan portnya.
  • Dan terakhir kamu harus simpan dan coba kembali untuk mendownload aplikasi di Play Store.

Itulah cara-cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi tidak bisa download di Play Store. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Send this to a friend