4 Cara Menggunakan Wifi Master Key di HP Android, Anda Harus Mencobanya!

Apa itu Wifi Master Key? Wifi Master Key adalah aplikasi untuk berbagi Wi-Fi dari satu perangkat ke perangkat lainnya (secara peer to peer). Aplikasi yang dikembangkan oleh LinkSure Network ini merupakan aplikasi terbesar (nomor satu) dalam hal akses Wi-Fi gratis. Mungkin beberapa dari Anda masih belum mengenal apa itu Wifi Master Key tetapi aplikasi ini tetap saja layak Anda coba.

Apa kegunaan dari Wifi Master Key dan bagaimana cara menggunakannya?

Nah, fungsi utama dari aplikasi ini adalah berbagi hotspot Wifi ke seluruh pengguna aplikasi Wifi Master Key secara gratis/free. Bagaimana cara kerjanya?

Nah, jika, smartphone pengguna A berhasil terhubung ke salah satu hotspot WiFi yang memiliki password. Sedangkan, smartphone pengguna B tidak bisa koneksi ke Wi-Fi tersebut karena tidak mengetahui password-nya. Nah, smartphone A dan B, keduanya memiliki aplikasi WiFi Master Key. Jadi, ketika pengguna A membagikan koneksi WiFi yang tersambung ke smartphone-nya melalui Wifi Master Key maka pengguna B juga bisa terhubung ke koneksi WiFi tersebut meskipun tidak mengetahui password-nya.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini, smartphone Anda akan bisa langsung terkoneksi dengan free wifi yang berada disekitar Anda dan juga bisa langsung terkoneksi dengan wifi yang sudah Anda simpan password nya secara otomatis. Nantinya, akan muncul notifikasi, jika terdeteksi wifi yang dapat dijangkau.

Kemudian, Anda juga bisa mengukur signal (kekuatan sinyal), speed (uji kecepatan), dan security dari Wifi yang terkoneksi dengan smartphone Anda. Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi WiFi Master Key. Untuk informasi lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Menggunakan Wifi Master Key

Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mencari dan terkoneksi dengan Free WiFi yang berada disekitar Anda, berbagi hotspot Wifi, serta mengukur kekuatan sinyal, kecepatan dan keamanan Wifi. Berikut dibawah ini langkah-langkah awal dan dasar dalam menggunakan Wifi Master Key.

1. Install aplikasi WiFi Master Key melalui Google Play ataupun Play Store.

Install WiFi Master Key

2. Buka aplikasi tersebut, lalu ketuk tombol Launch Now/Lakukan Sekarang.

Cara Menggunakan Wifi Master Key di HP Android

3. Ketuk tombol Turn on WiFi, scan hotspots untuk menghidupkan WiFi di smartphone Anda sekaligus mencari koneksi hotspot yang tersedia disekitar Anda.

4. Tunggu sampai proses refreshing hotspot list selesai.

refreshing hotspot list

5. Setelah itu, jika ditemukan Free WiFi ataupun WiFi yang pernah terkoneksi sebelumnya (password dari WiFi tersebut sudah disimpan) maka secara otomatis smartphone Anda akan langsung terkoneksi dengan WiFi tersebut seperti pada gambar dibawah ini.

koneksi ke WiFi

6. Nah, Anda juga dapat melakukan pencarian Free WiFi lanjuntan dengan mengetuk tombol Get More Free WiFi.

Get More Free WiFi

7. Lalu, ketuk opsi OK untuk melanjutkan pencarian.Free Hostpot Search

8. Nah, sekarang pencarian Free Wifi lanjutan sedang dilakukan seperti pada gambar dibawah ini. Tunggu sampai proses pencarian selesai.

Proses Pencarian Free Hotspots

A. Hotspot Sharing

Bagaimana cara berbagi koneksi hotspot dengan pengguna WiFi Master Key lainnya? Simak penjelasan dibawah ini.

1. Untuk membagikan hotspot yang terkoneksi dengan smartphone Anda, ketuk ikon 3-dots yang berada di sisi kanan seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

berbagi koneksi

2. Kemudian, ketuk opsi Share seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Share

3. Lalu, masukkan password dari hostpot tersebut dan centang kotak yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini. Lalu, ketuk tombol Share.

ketuk tombol Share

Nah, Anda sudah berhasil membagikan WiFi Hostpot tersebut ke pengguna WiFi Master Key lainnya.

berhasil berbagi hotspot

4. Nah, sekarang kita buka aplikasi WiFi Master Key dengan menggunakan smartphone yang berbeda. Anda akan menemukan hostpost yang sudah dibagikan secara terbuka melalui smartphone yang sebelumnya.

Terdapat tulisan Koneksi Gratis yang artinya Anda dapat menggunakannya secara gratis karena sudah dibagikan oleh pengguna WiFi Master Key sebelumnya. Ketuk tombol Sambungkan untuk terkoneksi dengan WiFi tersebut.

Sambungkan

5. Tunggu hingga berhasil terkoneksi.

proses koneksi

6. Nah, sekarang Anda sudah berhasil terhubung ke WiFi tersebut. Nah, jika Anda ingin mengecek kekuatan sinyal, kecepatan dan keamanan, ketuk ikon 3-dots seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini. (Penjelasannya lebih lanjut ada pada penjelasan dibawah)

cara menggunakan Wifi Master Key untuk pemula

B. Periksa Kekuatan Sinyal (Signal)

Anda dapat memeriksa atau mengetahui kekuatan sinyal dari sebuah WiFi hostpot dengan menggunakan fitur Signal pada aplikasi WiFi Master Key.

1. Misalnya, saya ingin mengetahui kekuatan sinyal dari WiFi yang sudah terkoneksi dengan smartphone. Caranya adalah dengan mengetuk ikon 3-dots yang berada di sisi kanan seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Cara cek signal

2. Lalu, ketuk Signal seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Signal

3. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Signal DetectIon

C. Menguji Kecepatan WiFi (Speed)

Anda dapat menguji kecepatan dari sebuah WiFi hostpot dengan menggunakan fitur Speed pada aplikasi WiFi Master Key.

1. Misalnya, saya ingin menguji kecepatan dari WiFi yang sudah terkoneksi dengan smartphone. Caranya adalah dengan mengetuk ikon 3-dots yang berada di sisi kanan seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

cara menggunakan Wifi Master Key

2. Lalu, ketuk Speed seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

ketuk speed

3. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

speed Wifi

D. Menguji Keamanan (Security)

Anda dapat menguji keamanan dari sebuah WiFi hostpot dengan menggunakan fitur Security dari aplikasi WiFi Master Key. Dengan cara mengecek seberapa aman koneksi Wifi hotspot yang sudah terkoneksi dengan Anda melalui beberapa tahap, seperti memblokir website yang mencurigakan dan memeriksa apakah hotspot tersebut tidak mengandung penipuan (phising).

1. Misalnya, saya ingin menguji keamanan dari WiFi yang sudah terkoneksi dengan smartphone. Caranya adalah dengan mengetuk ikon 3-dots yang berada di sisi kanan seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Cara cek security

2. Lalu, ketuk Security seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

cara menggunakan Wifi Master Key

3. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Cek security

cara menggunakan Wifi Master Key

Sekian pembahasan tentang cara menggunakan WiFi Master Key. Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend