Yuk Disimak, Tutorial Cara Logout LINE dengan Mudah Tanpa Harus Menghapus Akun!

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan aplikasi LINE, bukan ? LINE menjadi salah satu aplikasi pesan instan (instant messaging) yang populer dikalangan pengguna android ataupun iOS. Tak heran, jika LINE terus berupaya menghadirkan fitur-fitur canggih yang akan memanjakan penggunanya.

Anda dapat menikmati beberapa fitur andalan LINE, yaitu chatting, video call sampai telepon gratis. Bahkan, LINE menghadirkan fitur-fitur seperti emoji dan stiker lucu yang dapat mengekspresikan chatting Anda menjadi lebih seru. Selain itu, kini LINE menghadirkan fitur baru yang tidak kalah seru, yakni Chat Live. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menayangkan live streaming yang dapat disaksikan oleh pengguna yang berada pada satu grup.

Namun, sayangnya dibalik banyaknya fitur yang ditawarkan, ternyata LINE tidak menyediakan fitur logout seperti sosial media lainnya. LINE hanya menyediakan fitur “Hapus akun” yang berarti menghapus akun LINE secara permanen. Padahal, ada suatu alasan dimana pengguna ingin keluar dari LINE untuk sementara. Lalu, bagaimana cara logout LINE tanpa harus menghapus akun?

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana keluar (logout) dari aplikasi LINE sehingga dapat menjawab kebingungan Anda selama ini. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Logout LINE Tanpa Menghapus Akun

Walaupun LINE tidak menyediakan fitur logout, namun ada cara alternatif yang dapat Anda lakukan untuk keluar dari aplikasi LINE, yaitu dengan cara Hapus Data (Clear Data). Menghapus data berarti menghapus riwayat percakapan Anda yang tersimpan pada aplikasi tersebut.

Yang perlu diperhatikan bahwa sebelum menghapus data ini, Anda harus mengetahui username dan password yang digunakan saat pertama kali masuk ke aplikasi LINE. Dengan begitu, Anda tidak kesusahan saat ingin melakukan login ulang setelah melakukan hapus data. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara logout LINE tanpa harus menghapus akun.

1. Pertama, silakan buka menu Pengaturan/Setting yang terdapat pada smartphone Anda.

cara logout LINE

2. Kemudian, masuk ke bagian Manajer Aplikasi/Application Manager. Atau disini disebut Applications.

Buka Manajer Aplikasi

3. Tap pada aplikasi LINE.

cara logout LINE

4. Setelah itu, muncul informasi detail mengenai aplikasi LINE. Untuk android versi Marshmallow keatas, langsung saja pilih bagian Storage.

Pilih bagian storage

5. Lalu, muncul informasi bagian Storage, pilih opsi Clear Data.

cara logout line di hp android

6. Maka akan muncul pop-up mengenai Clear Data, pilih Clear.

cara logout line tanpa hapus akun

7. Akhirnya, Anda sudah berhasil logout dari aplikasi LINE tersebut.

Untuk melakukan login kembali Anda dapat melakukan langkah-langkah yang sama seperti pertama kali memasang aplikasi itu. Atau dapat mengikuti langkah -langkah berikut.

1. Pilih tombol Log In seperti pada gambar.

Pilih Login

2. Masukkan username dan password seperti pertama kali Anda melakukan pendaftaran akun LINE. Kemudian pilih OK.

cara logout line tanpa hapus akun mudah

3. Akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa riwayat percakapan Anda sebelumnya akan terhapus, tekan OK.

Tekan OK

4. Masukkan kembali nomor ponsel Anda untuk memverifikasi akun LINE. Dan pilih Next.

Masukkan nomor ponsel

5. Tunggu hingga LINE menyelesaikan proses sinkronisasi data.

Tunggu proses Sinkronisasi akun selesai

Mudah, bukan ? Anda tidak perlu takut untuk kehilangan akun. Sebab, Anda tetap dapat melakukan login ulang dengan menggunakan username dan password yang sama dengan sebelumnya. Jika Anda tetap ingin riwayat percakapan tersimpan walapun telah keluar dari aplikasi, Anda dapat melakukan backup history terlebih dahulu sebelum melakukan logout.

Dengan begitu, riwayat percakapan penting Anda akan tetap tersimpan. Semoga tutorial cara logout LINE diatas bermanfaat bagi Anda dan tetap kunjungi Nesabamedia untuk memperoleh informasi menarik lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend