Bagaimana Cara Membuat Playlist di Youtube Melalui Android? Yuk Simak Penjelasannya

Apa itu playlist di Youtube? Playlist di Youtube adalah kumpulan video yang disusun sesuai keinginan pemiliknya. Setiap pengguna Youtube dapat menggunakan fitur playlist ini. Dengan adanya playlist, Anda dapat mengelola semua video Youtube Anda dengan kata lain Anda mengelompokkan video-video Anda berdasarkan jenis dan kategori tertentu yang Anda buat sendiri.

Dengan begitu, Anda akan mempermudah pengunjung di channel Youtube Anda untuk menemukan video yang sejenis. Kemudahan dalam mengakses video dan kerapihan susunan video-video di Youtube Anda tentu akan menarik perhatian para pengunjung terlebih jika konten-kontennya lengkap.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan video dari channel Youtube lain ke dalam playlist Anda sesuai jenis atau kategorinya. Singkatnya, Anda dapat membagikan video orang lain kepada pengunjung Anda. Cara ini diyakini mampu meningkatkan popularitas Anda. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat playlist di Youtube pada Android. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Membuat Playlist di Youtube Melalui Android

Bagaimana cara membuat playlist di Youtube melalui? Caranya cukup mudah dan sederhana. Mari perhatikan langkah-langkah  cara membuat playlist di Youtube melalui Android dibawah ini.

1. Buka aplikasi Youtube Anda di Android.

2. Pada halaman utama Youtube, klik ikon pencarian yang berada di sudut kanan atas halaman untuk mencari video yang ingin dimasukkan kedalam playlist.

cara membuat playlist di youtube di android

3. Ketik kata kunci dari video dicari, misalnya “hello counselor” seperti pada gambar dibawah ini.

cara membuat playlist di youtube dengan mudah

Cara Pertama

4. Kemudian, akan tampil beberapa video “hello counselor”. Pilih video yang ingin ditambahkan ke playlist dengan mengetuk ikon 3-dots yang ada di bagian kanan video yang diinginkan.video

5. Lalu, pilih opsi “Add to playlist”.

cara membuat playlist di youtube

6. Selanjutnya, pilih opsi “Create new playlist”.

create new playlist 1

7. Nah, di pop-up New playlist, masukkan nama playlist Anda misalnya “Reality show”. Anda juga dapat mengatur hak akses playlist apakah public atau private. Lalu, ketuk OK. Sekarang Anda sudah memiliki playlist baru dengan nama “Reality show“.

new playlist 1

Cara Kedua

8. Selain cara diatas, Anda juga dapat membuat playlist baru dengan mengetuk tombol Add to yang berada dibawah video yang diputar.cara membuat playlist di youtube untuk pemula

9. Kemudian, pilih Create new playlist untuk membuat playlist yang baru.

cara membuat playlist di youtube melalui android

10. Pada pop-up New playlist, masukkan nama playlist Anda misalnya “Hello counselor”. Anda juga dapat mengatur hak akses playlist apakah public atau private. Lalu, ketuk OK. Sekarang Anda sudah memiliki playlist baru dengan nama “Hello counselor“.
new playlist

11. Untuk bisa melihat semua playlist yang sudah Anda buat, Anda bisa membuka menu Library pada aplikasi Youtube Anda.  Disitu, Anda akan melihat semua playlist seperti Reality show dan Hello counselor seperti pada gambar dibawah ini.

profil

12. Anda dapat mengubah hak akses pada playlist Anda dengan mengetuk ikon edit seperti yang ditunjuk oleh panah pada gambar dibawah ini.

edit playlist

13. Ketuk pada bagian Privacy tepatnya di tulisan Public untuk mengubah hak aksesnya menjadi private.

public

14. Pilih opsi Private. Kemudian ketuk tanda panah yang berada di sudut kanan atas halaman.

change to private

15. Perhatikan! Sekarang, playlist Anda sudah berstatus private seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

private

Sekian pembahasan tentang cara membuat playlist di Youtube melalui Android dengan mudah dan cepat. Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

2 Comments

  1. Syurya

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend