Begini Cara Membuat Video Animasi Secara Online, Tanpa Aplikasi!

Di era zaman teknologi yang semakin canggih ini, keberadaan video menjadi yang paling utama dan istimewa. Belakangan ini orang-orang telah berkecimpung ke dalam dunia video karena sifatnya yang menghibur. Contoh video yang saat ini sedang trending ialah vlog seperti yang dilakukan oleh para vlogger saat ini, maupun video animasi yang keberadaannya sudah tak asing lagi bagi presentator. Namun, masih ada saja yang tidak tahu bagaimana dan apa itu video animasi.

Animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar dan tulisan) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat video animasi, mulai dari yang mudah sampai yang sulit sekalipun.

Namun, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak Anda untuk mencoba cara membuat video animasi tanpa harus mengunduh dan menginstall software. Yuk, simak penjelasan cara membuat video animasi berikut ini.

Cara Membuat Video Animasi Secara Online

Berikut ini adalah cara membuat video animasi berbasis web secara online.

1. Mengunjungi aplikasi video animasi berbasis web

1. Pertama sekali, kunjungi platform video animasi Powtoon disini. Powtoon ini akan membantu Anda dalam membuat konten video dalam bentuk animasi yang menarik. Kemudian, untuk memulai animasi, klik start now.

cara membuat video animasi tulisan

2. Masuk menggunakan akun

1. Powtoon ini platform berbasis web secara gratis yang semua orang bisa mengaksesnya jika mempunyai akun. Anda harus membuat akun terlebih dahulu atau login dengan beberapa akun seperti google, facebook, ataupun Linkedin. Login yang paling mudah ialah menggunakan Google, karena browser yang Anda pakai sudah terlebih dahulu login dengan akun google.

2-login

2. Selanjutnya, klik salah satu tanda dimana Anda menginginkan pengumuman tentang powtoon ini agar tetap masuk ke email pemberitahuan atau tidak. Setelah itu, klik Continue.

cara membuat video animasi secara online

3. Kemudian, klik let’s rock untuk melanjutkan ke halaman selanjutnya.

lanjut ke halaman berikutnya

3. Memilih kategori video

1. Sebelum Anda memulai mengedit video, alangkah baiknya memilih tipe powtoon seperti apa yang akan dibuat.

cara membuat video animasi 3d

2. Beberapa template di powtoon ada yang berbayar, maka klik more untuk mencari template yang lain.more template

3. Pilih kategori template yang Anda butuhkan. Klik tanda panah ke bawah untuk melihat lebih banyak template.cara membuat video animasi

4. Setelahnya, akan muncul beberapa kategori. Pilih kategori yang Anda inginkan. Tetapi, pada kesempatan ini saya akan memakai template personal.personal

4. Menyisipkan tulisan

1. Powtoon juga memiliki slide yang serupa dengan Microsoft Power Point. Jika ingin mengedit suatu slide, Anda harus mengedit slide yang besangkutan, terletak di sebelah kiri.

edit animasi seperti ppt

2. Jika ingin mengubah tulisan, Anda harus mengklik dua kali pada bagian teks tersebut. Atau bisa juga dengan sekali klik, lalu blok seluruh tulisan yang ingin Anda ganti.  Lalu, pilih icon setting kembali. Pilih menu color, dan klik warna yang Anda inginkan.

warna tulisan

3. Untuk menambahkan efek pada tulisan tersebut, klik icon setting lalu, klik menu effects. Pilih efek yang sesuai dengan kebutuhan Anda.cara membuat video animasi tanpa aplikasi apapun

5. Mengganti gambar dan menambahkan efek gambar

1. Klik gambar yang ingin Anda ubah, lalu pilih swap. Perhatikan gambar di bawah ini.swap

2. Silahkan cari gambar yang Anda butuhkan pada kolom yang tersedia. Cukup masukkan kata kunci dalam bahasa inggris. Kemudian, klik gambar tersebut.mencari gambar

3. Setelah gambar masuk ke dalam slide, atur ukuran gambar tesebut agar tidak kebesaran maupun kekecilan. Jika sudah, klik kembali icon pengaturan seperti gambar di bawah ini.

4. Kemudian, untuk menambahkan efek. Silahkan klik pada menu effects.cara membuat video animasi tanpa aplikasi mudah

5. Pilih efek yang mendukung gambar Anda.macam macam efek

6. Mengganti background

1. Perlunya mengganti background ialah gambar yang warnanya sama membuat tampilannya menjadi bertabrakan. Cara mengganti background ialah dengan cara mengklik tanda icon pengaturan yang berada di sebelah kiri atas. Perhatikan gambar di bawah ini.ganti bckground

2. Pilih warna yang Anda inginkan pada bagian color.color bckground

7. Menghapus slide

Anda juga bisa menghapus slide layaknya mengedit slide pada Microsoft Power Point. Caranya ialah dengan klik kanan pada slide yang ingin Anda hapus, kemudian klik remove slide.

remove slide

8. Menyimpan video

1. Buka my powtoons dengan cara mengklik toogle menu yang berada di sebelah kiri dari logo powtoon. Perhatikan gambar di bawah ini. Anda juga bisa mengklik menu my powtoons yang berada di atas sejajar dengan menu lainnya pada halaman awal website powtoon

my powtoon

2. Kemudian, akan muncul video-video yang telah Anda edit sebelumnya.

powtoon kita

3. Untuk menyimpan video tersebut, klik export yang terletak di sebelah kanan video tersebut.

export

4. Simpan video tersebut pada bagian download. Pilih format animasi yang Anda inginkan. Perlu diketahui bahwa untuk menjadikan video tersebut dalam bentuk mp4. Anda harus mengupgrade profile powtoon terlebih dahulu.simpan

Demikian penjelasan tentang cara membuat video animasi sederhana dengan menggunakan platform powtoon. Memang untuk membuat video membutuhkan ide dan juga kreativitas setiap orang yang berbeda. Konten video juga harus lebih diperhatikan, apakah bersifat menghibur atau mendidik. Jika Anda sudah terbiasa dalam hal mengedit video, tentu cara-cara di atas akan terasa menyenangkan. Semoga bermanfaat dan selamat menuangkan seluruh ide tanpa batas yang Anda punya. Terimakasih dan selamat mencoba tutorial di atas!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend