3 Cara Menyimpan Video dari Youtube Tanpa Aplikasi, Dijamin Berhasil!

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa youtube merupakan salah satu situs sharing video nomer 1 di jagat raya internet.

Hampir semua orang mengenal istilah youtube dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang hobi sekali menonton video di youtube, atau istilah lainnya streaming youtube. Youtube memiliki segudang hal positif, dan juga hal negatif, tergantung siapa yang menggunakannya.

Di youtube, anda akan menemukan berbagai kategori video, mulai dari video edukatif, sepakbola, video trailer terbaru, video parodi dan lain sebagainya.

Semuanya ada dalam youtube, dan bisa dipastikan bahwa apa yang ada di TV sudah pasti ada di youtube, namun apa yang ada di youtube belum pasti ada di TV. Yup, istilah tersebut memang benar.

3 Cara Menyimpan Video dari Youtube Tanpa Apps

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara menyimpan video dari youtube tanpa aplikasi apapun.

Yup, dalam tutorial kali ini, anda hanya perlu menggunakan browser saja untuk menyimpan video youtube yang anda inginkan, tanpa perlu menginstall aplikasi aneh-aneh. Langsung saja, simak langkah-langkahnya cara menyimpan video dari youtube:

Cara 1 – Tambahkan ss pada link video, beres.

1. Buka video yang ingin anda download melalui browser seperti Chrome atau Mozilla, jangan menggunakan aplikasi youtube ya. Kemudian tambahkan ss (seperti yang saya garis bawahi) pada link videonya.

cara menyimpan video dari youtube

Misalkan link videonya begini:

Maka jika ditambahkan ss menjadi (untuk pengguna laptop / PC):

Atau begini (untuk pengguna ponsel):

2. Anda akan dibawa ke halaman download. Secara otomatis, resolusi video yang dipilih adalah 720p, jika anda cocok dengan resolusi tersebut, langsung klik Download untuk mendownload videonya. Namun jika anda ingin resolusi yang lain, pilih ikon segitiga terbalik.

menyimpan video 1

3. Pilih resolusi yang anda inginkan, 720p atau 360p. Untuk pilihan resolusi yang lebih banyak pilih More.

cara menyimpan video dari youtube ke galeri

4. Berikut daftar resolusi yang bisa anda pilih. Pastikan anda tidak memilih resolusi yang ada tanda sound berwarna merah, karena itu menandakan bahwa resolusi tersebut tidak ada suaranya. Masak iya, kita melihat video yang tidak ada suaranya, hehehe.

menyimpan video 3

Cara 2 – Menyimpan Video Youtube dengan Y2mate

1. Buka video youtube yang ingin anda download melalui browser (Chrome atau Mozilla). Kemudian copy link videonya seperti pada gambar dibawah:

cara menyimpan video di youtube

2. Kunjungi situs Y2mate melalui link ini. Tampilan halaman web Y2mate kurang lebih seperti gambar dibawah. Tinggal paste-kan link video yang telah anda copy tadi, nanti video akan terconvert secara otomatis. Jika tidak, pilih Start untuk mengconvertnya.

y2mate 2

3. Scroll sedikit kebawah, dan silakan pilih resolusi video yang anda inginkan, entah itu 720p, 360p, 240p maupun 144p. Terakhir klik tombol Download untuk mendownload videonya.

y2mate 3

Melalui situs Y2mate ini, anda juga dapat melakukan konversi dari video youtube ke format lagu (.mp3 atau format lagu yang lain).

Cara 3 – Menyimpan Video Youtube dengan QDownloader

1. Sama seperti pada cara kedua, buka video yang anda inginkan melalui browser kemudian copy link videonya.

download youtube 1

2. Kunjungi situs QDownloader melalui link ini dan paste-kan link video yang telah anda copy tadi. Selanjutnya, klik tombol Download (seperti yang diberi tanda panah).

download youtube 3

3. Scroll sedikit kebawah dan pilih resolusi video yang anda inginkan, semakin besar resolusi semakin jernih videonya. Pastikan anda berada pada label Download Video with Sound, agar video yang anda download nanti ada suara / audionya. Jika sudah memilih resolusi video yang diinginkan, tinggal klik tombol Download untuk mendownload videonya.

cara menyimpan video dari youtube

Itulah tutorial cara menyimpan video dari youtube tanpa aplikasi apapun, dan saya yakin penjelasan saya diatas sudah cukup mudah dipahami, bahkan untuk orang awam pun.

Namun jika anda mengalami masalah atau masih bingung, jangan sungkan untuk menanyakannya melalui kotak komentar dibawah. Terima kasih dan sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Send this to a friend