10+ Aplikasi GPS Terbaik di HP Android yang Paling Direkomendasikan

Selama beberapa tahun ini, kita telah merasakan betapa mudahnya melakukan perjalanan ke tempat yang bahkan belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Kemudahan ini merupakan berkat dari adanya aplikasi GPS yang dapat dengan cepatnya memberikan petunjuk atau rute ke suatu lokasi dengan begitu akurat dan detail. Dan tidak dapat kita pungkiri bahwa aplikasi ini mendorong banyak orang untuk lebih berani berpetualang dan tidak takut saat di perjalanan.

Aplikasi GPS

Mungkin sebagian besar dari kita lebih banyak menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan. Tetapi sebenarnya, ada banyak sekali lhoh aplikasi GPS yang beredar saat ini. Penasaran? Yuk simak rangkuman berikut ini.

1. Google MapsScreenshot_2018-09-21-03-55-09-1

Google Maps merupakan aplikasi penunjuk jalan yang paling populer saat ini. Bahkan, di beberapa ponsel, Google Maps sudah menjadi aplikasi bawaan. Aplikasi Google Maps memiliki fitur penunjuk jalan yang detail, sehingga kita dapat mengeksplorasi tempat-tempat terpencil sekalipun.

Tidak hanya itu, Google Maps dapat merekomendasikan jalan tercepat yang dapat kita lalui dan memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan. Pengendara motor juga tidak perlu repot-repot untuk selalu mengecek layar saat berkendara, karena Google Maps mendukung penunjuk jalan berupa suara yang akan memandu kita sampai ke lokasi tujuan.

2. GPS Map Camera

Screenshot_2018-09-21-03-55-22-1

Dengan menggunakan GPS Map Camera, Anda dimungkinkan untuk mengambil gambar dan menyertakan gambar tersebut dengan informasi lokasi dimana gambar tersebut diambil, seperti alamat lengkap dan bagaimana cuaca sekitar. Untuk mendapatkan informasi tersebut, aplikasi ini melakukannya dengan menyinkronkan diri dengan Google Map saat pengambilan foto.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Browser Terbaik & Gratis untuk HP Android

Dalam mengambil gambar pun, ada beberapa setting yang disediakan untuk mendukung kualitas gambar, seperti warna, fokus, ukuran gambar, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan detail lokasi yang Anda tuju.

3. Waze

aplikasi gps terbaik dan gratis

Pada dasarnya, Waze hampir sama dengan aplikasi GPS lainnya yang berbasis lalu lintas. Namun menariknya, aplikasi ini memberikan fitur supaya kita berbagi informasi mengenai lalu lintas kepada pengendara lainnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui berita terkini mengenai jalan yang akan Anda lalui demi menghemat waktu dan biaya bensin.

Informasi yang didapatkan dapat berupa peringatan bahaya, razia polisi, penutupan jalan, adanya kecelakaan, dan masih banyak lagi. Sehingga Anda tidak perlu untuk putar balik dan dapat menghemat waktu perjalanan. Selain mendapatkan informasi, Anda juga dapat berbagi informasi mengenai kondisi lalu lintas yang Anda lalui kepada pengendara lain.

4. GPS Maps-Route Finder

Screenshot_2018-09-21-03-55-48-1

Apabila Anda sedang mencari aplikasi penunjuk jalan yang simple dan ringan, maka GPS Maps-Route Finder dapat menjadi salah satu alternatif. Aplikasi ini hanya berukuran 3,2 MB sehingga tidak akan membebani ponsel Anda.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengetahui riwayat lokasi sebelumnya dengan tanggal dan waktu, serta mengecek alamat lokasi dimana Anda berada sekarang. Kalau Anda lupa dimana Anda berada, Anda dapat berbagi lokasi sehingga teman akan lebih mudah melihat posisi Anda saat ini. Aplikasi ini juga akan membantu Anda menemukan rute tujuan dan menyarankan jalur terpendek yang tersedia.

5. ActiveGPS – GPS booster

Screenshot_2018-09-21-03-55-59-1

Dengan aplikasi ActiveGPS – GPS booster, Anda dapat membuat perangkat Anda mengaktifkan GPS setiap saat dengan memulai background service. Dan jangan khawatir akan borosnya daya baterai, karena aplikasi ini memberi tiga pilihan mode, yaitu fast, normal, dan slow, dimana mode ini akan mempengaruhi seberapa besar daya yang digunakan untuk menjalankan GPS.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Hacker Terbaik untuk Keperluan Hacking!

ActiveGPS – GPS booster dilengkapi dengan fitur wake lock yang akan memerintahkan perangkat untuk tetap bekerja ketika layar mati. Selain itu aplikasi ini juga akan menampilkan notifikasi berupa ikon di status bar ponsel yang menandakan bahwa aplikasi sedang berjalan.

6. GPS-Trace

aplikasi gps terbaik untuk HP Android

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang mayoritas berbasis lalu lintas untuk kepentingan umum, aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk kepentingan pribadi, yaitu untuk mengawasi atau melakukan track terhadap orang-orang tertentu.

Aplikasi ini memberikan informasi lokasi seseorang yang menggunakan GPS tracking hardware secara real time. Namun tenang saja, GPS-Trace mendukung lebih dari 700 tipe GPS HW, termasuk personal trackers dan automatic vehicle locators. Setiap akun dapat diijinkan untuk melakukan track lokasi terhadap 5 unit.

7. Maps & GPS Navigation

Screenshot_2018-09-21-03-56-22-1

Salah satu aplikasi peta yang cukup lengkap. Di sini Anda tidak hanya bisa menemukan suatu lokasi di suatu kota saja, tetapi juga akan sangat bermanfaat bagi Anda yang suka berkelana di alam. Maps & GPS Navigation akan membantu Anda untuk menemukan rute tercepat, baik Anda yang menggunakan mobil, motor, atau hanya berjalan kaki.

Ada pula GPS suara yang akan membantu Anda dalam berkendara dan memandu Anda sampai lokasi tujuan. Aplikasi ini dapat memberikan gambaran mengenai rute yang akan dilalui, seperti tampilan jalan, kondisi lalu lintas, peta berjalan, tampilan satelit, dan lain sebagainya.

8. GPS Locker

aplikasi gps terbaik

Sesuai dengan namanya, GPS Locker merupakan aplikasi GPS yang dirancang untuk mencegah adanya kehilangan kunci sinyal GPS ketika pengguna sedang berpindah ke aplikasi lain atau ketika layar ponsel mati.

Aplikasi ini justru akan membantu untuk mendapatkan kunci sinyal GPS yang lebih cepat. Beberapa fitur yang sudah tersedia diantaranya GPS Locker automatis yang akan bekerja sendiri ketika aplikasi dihidupkan, dapat reset A-GPS data secara manual maupun otomatis, dapat mengunci layar ketika aplikasi dijalankan, dan lain sebagainya.

9. GPS Coordinate

Screenshot_2018-09-21-03-56-47-1

GPS Coordinate merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk mengubah alamat suatu lokasi menjadi koordinat. Selain men-convert alamat, di sini ada beberapa fitur yang dapat Anda nikmati, yaitu coordinate finder untuk mencari lokasi dengan bermodalkan koornidat lokasi tersebut, berbagi koordinat Anda kepada orang lain untuk memudahkan orang tersebut menemukan lokasi Anda, dan menyimpan koordinat suatu lokasi supaya lebih mudah diakses jika dibutuhkan di kemudian hari. Ada beberapa tipe peta yang dapat Anda pilih, yaitu normal, satellite, terrain, dan hybrid.

10. Fake GPS Location

aplikasi gps terbaik

Berbeda dengan aplikasi GPS sebelumnya yang umumnya digunakan untuk mencari lokasi, aplikasi ini jauh berbeda dan sangat menarik. Sesuai dengan namanya, Fake GPS Location merupakan aplikasi yang dirancang untuk memanipulasi alamat Anda saat ini.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Root untuk HP Android, Cocok Sekali untuk Rooting!

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menyeting alamat dengan alamat lain di seluruh tempat di dunia hanya dengan dua kali klik saja. Setelah Anda berhasil, semua aplikasi di ponsel Anda akan percaya bahwa Anda berada di lokasi tersebut.

Nah, mungkin sekian  deskripsi mengenai 10 aplikasi GPS yang dapat Anda gunakan. Semoga list di atas dapat membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend