Pengertian GPS Beserta Manfaat dan Komponen-komponen Pembentuk GPS

Teknologi saat ini telah dikembangkan dengan fitur-fitur yang canggih. Teknologi telah dilengkapi berbagai sistem digunakan secara digital. Dengan adanya berbagai teknologi baru, gaya hidup manusia akan berubah seiring berkembangnya waktu. Dengan berkembangnya berbagai fitur teknologi baru, akan mempermudah aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Salah satu teknologi canggih yang saat ini banyak digunakan adalah sistem navigasi.

Sistem navigasi ini bisa digunakan untuk mengetahui posisi seseorang dimanapun keberadaannya. Dengan menggunakan sistem navigasi seseorang bisa dengan mudah untuk melakukan komunikasi atau mengetahui lokasi seseorang dengan cepat. Tanpa menggunakan berbagai aplikasi pendukung, hal ini bisa dilakukan dengan mudah hanya menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet. Dalam artikel ini, penulis akan menjelaskan mengenai pengertian GPS, manfaat GPS dan komponen-komponen pembentuk GPS.

Pengertian GPS

pengertian GPS adalah

Dengan memanfaatkan teknologi-teknologi semacam sistem navigasi, kita bisa mengetahui berbagai hal dan dapat menemukan tempat-tempat yang ingin kita kunjungi meskipun tidak pernah mengetahui dimana tempat tersebut. Salah satu teknologi yang menggunakan sistem navigasi yang saat ini semakin berkembang adalah GPS. GPS lebih dikenal dengan nama Global Positioning System.

GPS (Global Positioning System) merupakan sistem yang menggunakan bantuan satelit untuk mengetahui posisi atau letak suatu permukaan bumi. Semua hal bisa diketahui oleh sistem GPS. Dengan bantuan satelit untuk memantau posisi permukaan bumi, GPS bisa menjadi sistem yang bisa digunakan untuk mencari berbagai tempat dan lokasi yang tidak kita ketahui. GPS memiliki berbagai macam manfaat untuk berbagai bidang kehidupan.

Manfaat GPS

manfaat GPS

GPS sebagai navigasi jalan

Manfaat GPS dipetakan menjadi beberapa bidang sebagai berikut:

1. Pelacak Kendaraan

Kejahatan kriminal bisa dijumpai dimanapun dan kapanpun. Banyak kejahatan kriminal pencurian kendaraan yang terjadi saat ini. Maraknya tindak pencurian kendaraan menjadikan masalah yang meresahkan warga. Dengan permasalahan tersebut, GPS memiliki fungsi sebagai pelacak kendaraan.

Kendaraan bisa dipantau dengan menggunakan GPS. Dengan demikian, kita bisa mengetahui letak kendaraan kita, meskipun kendaraan tersebut dicuri. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan GPS untuk mengetahui keberadaan kendaraan kita dengan mudah. Tidak hanya kendaraan, dengan bantuan GPS, kita juga bisa melacak ponsel kita yang hilang / dicuri orang lain.

2. Memantau Gempa dan Bencana

Fungsi menakjubkan yang dimiliki oleh GPS adalah GPS bisa memprediksi kemungkinan adanya gempa. GPS ternyata bisa memantau tanah dalam permukaan bumi. Yang dipantau pada tanah adalah pergerakannya. Dengan mengetahui pergerakan tanah, pihak geologi atau yang memantau gempa bisa melakukan prediksi apakah ada kemungkinan gempa terjadi atau tidak pada suatu wilayah.

3. Sistem Informasi Geografis Wilayah

GPS juga bisa digunakan untuk melakukan pengukuran jarak pada wilayah tertentu. Dengan adanya GPS, kita bisa mendapatkan berbagai data yang berhubungan dengan geografis, sehingga ketika kita membutuhkan data tersebut untuk dijadikan penelitian bisa didapatkan dengan mudah. Informasi yang dihasilkan dari GPS pun sangat banyak sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan data penelitian.

4. Navigasi Jalan

GPS sangat membantu para pengguna jalan. Mengapa demikian? Dengan menggunakan GPS, para pengguna jalan, khususnya pengguna yang tidak mengetahui jalur atau arahan melalui jalan mana saja untuk bisa sampai pada tujuan tertentu.

Dengan menggunakan GPS, para pengguna jalan bisa menemukan lokasi yang mereka cari dengan mudah. GPS memberikan informasi arah jalan dengan mudah dan akurat. Dengan fungsi yang sedemikian menjadikan GPS salah satu alat pembantu yang sangat membantu pengguna jalan dalam melakukan perjalanan mereka. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya salah jalan. Salah satu aplikasi GPS yang paling sering digunakan karena memiliki keakuratan yang cukup tinggi adalah Google Maps.

5. Digunakan dalam Bidang Militer

Dalam bidang militer, GPS sangat memiliki manfaat besar. Karena GPS merupakan salah satu perangkat yang bisa digunakan untuk memantau kondisi dan letak musuh dalam perang. Dengan manfaat tersebut, GPS sangat diandalkan dalam medan perang karena fungsinya yang sangat strategis dan krusial.

Dengan mengetahui posisi musuh, para militer bisa mengantisipasi segala resiko yang akan terjadi dalam perang dan bisa menentukan strategi yang tepat dalam perang. Selain bisa memantau posisi atau letak musuh, GPS ternyata bisa digunakan untuk memantau pergerakan arah bom. Dengan fungsi yang sedemikian rupa, GPS menjadi salah satu alat yang sangat penting dalam bidang militer.

6. Petunjuk Arah di Lautan

Tersesat di daratan memang sudah menjadi hal yang biasa terjadi ketika mencari suatu tempat atau alamat tempat tertentu. Namun, berbeda halnya ketika anda tersesat saat di lautan. Tersesat di lautan memang terkesan menakutkan karena di atas lautan kita tidak bisa menentukan jalan dengan tepat karena semua arah bisa dilalui.

Namun, hal tersebut bisa menimbulkan resiko yang serius jika kita asal-asalan dalam menentukan arah saat di lautan. Ketika hal seperti itu terjadi, GPS menjadi penolong. Karena GPS bisa menentukan arah bahkan anda berada di lautan. Dengan begitu, GPS memiliki manfaat yang luar biasa yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Komponen-komponen Pembentuk GPS

komponen GPS

Satelit merupakan salah satu komponen utama pembentuk GPS

Dalam penyusunan sistem GPS, dibutuhkan komponen-komponen pendukung yang bisa digunakan untuk mendukung cara kerja yang dilakukan oleh GPS. Sama halnya dengan sistem lain yang memiliki komponen pendukung untuk menjalankan sistem, GPS pun memiliki komponen penyusun tersebut. Komponen penyusun GPS adalah sebagai berikut:

1. Satelit

Satelit merupakan komponen utama yang sangat penting dalam GPS. Dengan adanya satelit, semua posisi permukaan bumi bisa diketahui dengan jelas. Hal ini yang menyebabkan GPS bisa menampilkan gambaran lokasi dengan detail karena satelit berfungsi dengan baik untuk memantau posisi permukaan bumi. Satelit bisa memancarkan sinyal ke beberapa pengontrol supaya GPS bisa digunakan dengan maksimal sesuai fungsinya. Semua data yang didapatkan oleh satelit akan disimpan dan disampaikan ke receiver.

2. Pengontrol

Pengontrol memiliki fungsi yang sangat besar karena harus memantau kondisi satelit. Pengendalian satelit dilakukan oleh komponen pengontrol ini. Dengan dilakukan pengontrolan satelit secara berkala, kondisi terkini dari satelit bisa diketahui dengan cepat supaya ketika anda informasi apapun dari satelit bisa diterima oleh pengontrol.

3. Receiver

Receiver bertugas untuk mengolah data yang didapatkan dari satelit. Data dan informasi dari satelit akan diterjemahkan menjadi informasi letak, posisi atau koordinat suatu wilayah. Sehingga dengan hal seperti itu, GPS bisa diakses dengan menggunakan smartphone. Peran receiver sangat penting karena receiver lah yang memproses data dan informasi yang diterima dari satelit untuk bisa diakses oleh pengguna.

Sistem GPS sangat beragam manfaatnya dan memiliki komponen-komponen penting untuk bisa dijadikan visualisasi yang bisa diakses dengan menggunakan smartphone. Oleh karena itu, GPS sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan hingga kehidupan sehari-hari. Dengan adanya GPS, aktifitas yang kita jalankan akan semakin terbantu. Semoga artikel mengenai pengertian GPS diatas bermanfaat dan setelah membaca artikel ini, saya harap anda memanfaatkan sistem GPS dengan baik dan tidak menggunakannya untuk keperluan negatif.

Leave a Reply

Send this to a friend