Pengertian Aplikasi Beserta Fungsi dan Contoh Aplikasi yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja aplikasi yang telah Anda install baik di Laptop atau smartphone Anda? Di era modern ini, aplikasi menjadi komponen terpenting di dalam perangkat tersebut.

Peranan aplikasi yang sering dijumpai di berbagai bidang kehidupan, seperti pendidikan, hiburan, bisnis dan lainnya. Apalagi cara yang digunakan untuk memperoleh aplikasi sangat mudah, membutuhkan biaya yang kecil bahkan ada yang gratis.

Dalam artikel kali ini, akan membahas dan menjelaskan secara lengkap mengenai definisi dari aplikasi, fungsi serta contoh aplikasi. Dengan memahami seluk-beluk dari aplikasi ini, kami berharap Anda dapat memanfaatkan fungsi aplikasi dengan baik. Bukan hanya sekedar menggunakannya saja. Langsung saja ke penjelasan dibawah ini.

Pengertian Aplikasi

Dewasa ini, telah banyak orang yang menggunakan aplikasi. Namun, masih sedikit orang yang memahami definisi dari aplikasi. Lantas, apakah definisi dari aplikasi? Kata Aplikasi diadopsi dari Bahasa Inggris “Application” yang berarti penggunaan, penerapan. Pengertian aplikasi adalah suatu penerapan perangkat lunak (software) yang dikembangkan untuk melakukan tugas tertentu.

Suatu aplikasi dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti C, C++, Java, PHP, Python dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, aplikasi dibangun untuk mengolah instruksi dari pengguna sebagai input dan mengeluarkan hasil yang diinginkan sebagai output.

pengertian aplikasi adalah

Sebagai contoh, pada aplikasi web browser Anda mengetikkan “Buku Digital” sebagai inputnya dan butuh beberapa detik saja informasi mengenai buku digital telah dihasilkan.  Dari contoh tersebut sudah dapat dibuktikan bahwa aplikasi memberikan kemudahan bagi banyak orang. Saat ini, banyak para pemrogram yang memamerkan aplikasi buatannya kepada publik.

Dalam pengembangannya, aplikasi dibedakan menjadi aplikasi desktop, aplikasi web dan aplikasi mobile. Aplikasi yang hanya dapat dijalankan di perangkat komputer/PC disebut aplikasi desktop. Aplikasi yang dijalankan jika ada koneksi internet. Sedangkan aplikasi mobile adalah aplikasi yang dapat dijalankan di perangkat mobile. Suatu aplikasi dapat berjalan di berbagai perangkat dioperasikan oleh OS (Operating System) yang terdapat dalam perangkat tersebut.

Beberapa ciri-ciri yang menandakan kualitas dari aplikasi, yaitu aplikasi dapat memenuhi kebutuhan user, merespon instruksi dengan cepat, dapat berjalan di berbagai platform, dan membutuhkan resource (prosesor, memori, media penyimpanan) yang rendah.

Fungsi Aplikasi

Pengertian Aplikasi dan Fungsi Aplikasi

Suatu aplikasi memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi banyak orang. Untuk itu, Anda harus mengetahui fungsi dari aplikasi di berbagai bidang kehidupan sebagai berikut :

1. Pendidikan

Aplikasi dapat digunakan sebagai bahan pengajaran. Misalnya saja, membuat penyajian materi dilengkapi animasi-animasi agar lebih menarik dengan menggunakan Microsoft Powerpoint. Dengan begitu, suasana pengajaran akan memberikan kenyamanan dan mencapai hasil lebih maksimal.

2. Kedokteran

Siapa sangka adanya aplikasi yang dikembangkan khusus untuk bidang kedokteran. Misalnya saja, adanya aplikasi untuk mendiagnosa penyakit, menawarkan perawatan rutin, bahkan sampai meracik obat. Dengan demikian, Anda dapat mengecek diri sendiri melalui aplikasi tersebut.

3. Bisnis

Didalam suatu bisnis, perlu menghitung besarnya keuntungan yang diperoleh. Jika keuntungan dihitung secara manual maka akan membutuhkan waktu yang lama. oleh karena itu diperlukannya aplikasi untuk menghitung besar keuntungan tersebut.

4. Ilmu Pengetahuan

Dengan adanya aplikasi ini akan membantu Anda untuk memperoleh informasi yang berkenaan dengan pengetahuan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan jika Anda ingin meneliti bagian dari ilmu pengetahuan tersebut. Hal itu membantu Anda untuk memperluas pengetahuan Anda.

5. Militer

Saat ini, banyak aplikasi yang dikembangkan dalam bidang pertahanan. Misalnya saja untuk melakukan pengontrolan pesawat tidak lagi dilakukan secara manual tetapi menggunakan aplikasi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Contoh Aplikasi

Pengertian Aplikasi dan Contohnya

Berbicara mengenali aplikasi, baik di komputer atau Handphone dapat dipasang sesuai keinginan dan kebutuhan dari pengguna. Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa contoh aplikasi :

  1. Adobe Reader, aplikasi yang berfungsi untuk membaca dokumen, seperti .doc, .docx, dan .pdf.
  2. CCleaner, aplikasi yang berfungsi untuk membersihkan junk file atau file sampah dari perangkat komputer, handphone sehingga dapat meningkatkan kinerja perangkat tersebut.
  3. Game, aplikasi yang digunakan sebagai media hiburan untuk bermain game.
  4. Google Chrome, Mozilla Firefox, aplikasi yang berfungsi untuk menjelajahi internet.
  5. Instagram, aplikasi yang digunakan untuk membagikan foto atau video kepada orang lain.
  6. Internet Download Manager, aplikasi yang digunakan untuk mempercepat proses download.
  7. Microsoft Access, Paradox, aplikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengolah data dalam jumlah yang besar.
  8. Microsoft Word, aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata, seperti mengetik dokumen, membaca dokumen dan mengedit dokumen.
  9. Microsoft Excel, aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dan tabel untuk dihitung.
  10. Microsoft Powerpoint, aplikasi yang digunakan untuk membuat dan menampilkan data yang bersifat presentatif.
  11. Notepad, Dahulu notepad berfungsi sebagai catatan kecil. Namun sekarang, notepad digunakan para pemrogram untuk menuliskan script dan menyimpannya dengan berbagai ekstensi.
  12. Smadav, Avast, aplikasi yang digunakan untuk melindungi perangkat Anda dari malware dan virus.
  13. Shareit, aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan transfer data ke perangkat lain.
  14. SPSS, aplikasi yang digunakan untuk mengolah data statistik.
  15. Adobe Photoshop, Corel Draw, aplikasi yang berfungsi untuk mengolah gambar.
  16. Sound Recorder, aplikasi yang digunakan untuk merekam suara.
  17. WhatsApp, aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain.
  18. Winrar, aplikasi yang digunakan untuk mengkompres ukuran file.
  19. Winamp, GOM Player, Windows Media Player, aplikasi yang digunakan memutar lagu atau video dengan berbagai format.

Itulah penjelasan mengenai pengertian aplikasi beserta fungsi dan beberapa contoh aplikasi yang sering digunakan banyak di berbagai perangkat, seperti Komputer/PC dan handphone. Dengan demikian, anda dapat memasang/menginstal aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

One Response

  1. Avatar p suadiman siagian

Leave a Reply

Send this to a friend