Pengertian Buku Digital Beserta Fungsi dan Jenis-jenis Buku Digital yang Paling Umum

Perkembangan teknologi digital yang semakin cepat memberikan pengaruh yang besar terhadap hidup manusia. Hal itu dibuktikan dengan adanya penemuan “internet”. Teknologi internet dapat mempercepat pertukaran informasi ke seluruh penjuru dunia tanpa terhambat oleh jarak dan waktu. Tidak hanya itu, teknologi internet juga menyebabkan pola hidup manusia berubah. Manusia menjadi tidak bisa lepas dari perangkat elektronik. Dalam hal ini, teknologi memiliki peran yang dapat mengubah peradaban manusia.

Media informasi menjadi wilayah pertama yang terkena arus digitalisasi. Dahulu, buku-buku diterbitkan menggunakan kertas. Namun kini, buku tersebut telah banyak dikonversikan dalam bentuk digital, menjadi buku digital. Atau dikenal dengan istilah eBook. Terdapat beberapa format dalam buku digital, diantaranya JPEG, PDF, DOC, ePub dan lainnya. Dengan begitu, teknologi dapat mengubah pola pikir manusia menjadi lebih kreatif dan produktif untuk memanfaatkan teknologi.

Buku digital menjadikan informasi dapat disebarluaskan dengan cepat dibandingkan dengan buku konvensional. Selain itu dengan adanya buku digital mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan. Namun, tahukah Anda pengertian buku digital? Apa saja manfaat yang diperoleh dari buku digital? Dalam artikel kali ini, akan membahas secara lengkap mengenai buku digital. Dari pengertian buku digital, fungsi dan jenis-jenis buku digital.

Pengertian Buku Digital

pengertian buku digital adalah

Dewasa ini, buku digital sangat diminati banyak orang karena sifatnya yang praktis, mudah untuk dibawa kemana-mana, mudah untuk diakses dan lainnya. Namun Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari buku digital. Buku digital atau dikenal dengan istilah eBook merupakan jenis informasi yang berisi teks, gambar, audio atau video yang dimuat secara digital sehingga hanya dapat diakses menggunakan perangkat elektronik, seperti komputer, PC/Laptop, Handphone dan lainnya.

Pada umumnya, buku digital memiliki kesamaan dengan buku konvensional, yaitu memberikan informasi yang berupa teks atau gambar. Yang membedakan diantara keduanya adalah adanya fitur pencarian dalam buku digital sehingga Anda dapat menemukan kata-kata yang dibutuhkan dengan cepat. Buku digital juga memiliki alat khusus untuk membacanya, atau disebut eBook Reader.

Fungsi Buku Digital

fungsi buku digital

Terdapat beberapa versi mengenai fungsi diciptakannya buku digital. Namun, pada dasarnya eBook berfungsi sebagai media informasi secara digital. Anda dapat menemukan banyak informasi didalamnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa fungsi dari buku digital :

1. Sebagai Media Informasi

Dengan adanya buku digital, informasi dapat disebarluaskan dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan buku konvensional. Buku konvensional dapat diperoleh melalui perpustakaan atau toko buku, sedangkan buku digital dengan gampang diperoleh melalui internet. Bagi penulis buku tidak perlu repot untuk ke penerbitan, mereka dapat menyebarkannya sendiri dengan mudah melalui internet.

2. Sebagai Media Pembelajaran

Bagi seorang pengajar biasanya membutuhkan bahan ajar untuk mendukung kegiatan belajar di kelas. Namun untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru akan membuat bahan ajar semenarik mungkin agar siswa dengan mudah memahaminya. Dengan menggunakan buku digital, bahan ajar tersebut dapat disajikan dengan konten multimedia sehingga menjadi lebih menarik dan interaktif.

3. Sebagai Media Bisnis

Buku digital menjadi alternatif bagi penulis buku yang kesulitan dalam hal penerbitan. Karena pada dasarnya buku diterbitkan dengan menggunakan media kertas dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Maka dengan adanya buku digital ini penulis dapat mempublikasikan karyanya secara komersil melalui internet. Selain itu, karyanya juga akan dilindungi dengan hak cipta.

Jenis Buku Digital Berdasarkan Format

jenis jenis buku digital berdasarkan format

Terdapat berbagai format buku digital baik yang telah didukung oleh perusahaan seperti PDF oleh Adobe maupun format yang dapat didukung oleh perangkat dan pembaca buku digital (e-reader) tertentu.

Pada akhir 1990, suatu konsorsium dibentuk untuk mengembangkan format buku digital yang memungkinkan penulis dan penerbit untuk menggunakan satu format dokumen yang dapat dibaca oleh berbagai perangkat apapun dan dengan menggunakan platform e-book. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa format buku digital yang tersedia :

  1. AZW – Amazon World, suatu format eBook kepemilikan Amazon, yang menyerupai format MOBI dengan tingkat kompresi tinggi. Terkadang format ini menyertakan DRM (Digital Right Management). DRM merupakan ID (nama unik) yang dikhususkan untuk Kindle Amazon.
  2. EPUB – Electronic Publication, suatu format yang didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (IDPF) mengacu pada XHTML dan XML. Hal itu merupakan standar yang berkembang. Spesifikasi ePub ini dapat dijumpai dari situs IDPF , Adobe, Barnes & Noble, Apple yang semuanya memiliki DRM sendiri. Untuk versi terbaru yaitu ePub 3 tidak digunakan secara luas.
  3. MOBI – MobiPocket, format yang dapat digunakan oleh hampir semua PDA dan Smartphone. Dalam PC Windows, MobiPocket dapat melakukan konversi file .chm, .doc, .html, .acf, .pdf, .rtf dan .txt kedalam format ini.
  4. PDB – Palm Database File, format yang memuat beberapa format buku digital berbeda untuk ditujukan ke perangkat berbasis Sistem Operasi Palm yang disebut PalmDOC.
  5. PDF – Portable Document Format, diciptakan oleh Adobe dalam produk Acrobat yang digunakan dalam pertukaran dokumen. Format tersebut didukung oleh semua platform komputer dan perangkat Smartphone. Walaupun demikian, terdapat beberapa perangkat yang bermasalah menggunakan format ini karena ukuran layar yang tidak sesuai dengan format PDF.
  6. KF8 – Kindle Fire Format, format yang hampir sama dengan ePub yang disusun dalam PDB dengan DRM Amazon.
  7. PRC – Palm Resource File, format yang menyertakan beberapa format buku digital MobiPocket dengan menggunakan e-reader atau AportisDOC.
  8. TPZ – Topaz File Extension, format yang digunakan oleh Amazon Kindle. Format ini mengatur layout pada halaman bersama dengan versi OCR yang tidak kedap suara. Selain itu, format ini digunakan untuk membuat buku-buku tua dengan cepat karena proses konversi yang otomatis.
  9. HTML – HyperText Markup Language, format yang merupakan bagian dari WWW (World Wide Web). Banyak teks yang didistribusikan ke dalam format ini. CSS (Cascading Style Sheet) merupakan gaya yang digunakan pada HTML.
  10. XHTML – eXtensible HyperText Markup Language, format yang disusun dengan konstruksi dari HTML. Format data standar yang digunakan adalah ePub.
  11. XML – eXtensible Markup Language, format yang digunakan untuk pertukaran data.
  12. CHM – Compressed HTML, format yang digunakan untuk distribusi teks dalam website.
  13. JPEG – Joint Photographic Experts Group, format yang memiliki ukuran yang besar dibanding dengan informasi teks. Pada umumnya, format ini didominasi oleh gambar.

Itulah beberapa format buku digital yang dapat dijumpai dan diantaranya bersifat komersil. Saat ini sudah banyak perangkat elektronik yang menyediakan aplikasi untuk membaca berbagai format digital. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian buku digital, fungsi dari buku digital beserta jenis-jenis buku digital berdasarkan formatnya. Penulis berharap artikel diatas dapat memberikan manfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend