Pengertian Digitalisasi Beserta Manfaat dan Perkembangannya di Indonesia

Pengertian Digitalisasi

Apakah pengertian digitalisasi? Digitalisasi adalah sebuah istilah atau terminologi yang digunakan untuk menjelaskan sebuah proses peralihan media. Peralihan yang dimaksud adalah peralihan dari tercetak, video, maupun audio menjadi sebuah digital. Tujuan melakukan digitalisasi adalah agar bisa membuat sebuah arsip dokumen dalam bentuk digital.

Digitalisasi juga terkadang digunakan untuk membuat berbagai koleksi perpustakaan digital maupun fungsi fotokopi. Beberapa peralatan yang diperlukan untuk melakukan digitalisasi antara lain: komputer, operator, scanner, dan tentunya software yang sesuai untuk melakukan kegiatan ini. Dokumen tercetak yang dialihkan ke dalam bentuk digital tersebut nantinya memerlukan sebuah aplikasi yang bernama Adobe Acrobat atau juga Omnipage.

Sementara untuk dokumen audio yang akan dipindah atau dialihkan ke digital harus membutuhkan aplikasi yang bernama JetAudio atau CoolEdit maupun aplikasi lainnya yang memiliki fungsi yang sama. Adapun bagi Anda yang ingin mengubah sebuah dokumen video menjadi digital, maka yang dibutuhkan adalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengolah video.

Perkembangan Digitalisasi di Indonesia

pengertian digitalisasi adalah

Perlu dipahami bahwa perkembangan digitalisasi di Indonesia berlangsung cepat seolah-olah tidak pernah terhenti. Para developer atau pengembang selalu berusaha melakukan inovasi untuk menciptakan sebuah terobosan baru yang berbasis informasi dengan tujuan agar para pengguna bisa semakin terbantu di dalam kegiatan sehari-hari. Setiap sektor sekarang ini sudah tidak bisa lepas dari yang namanya digitalisasi.

Selain itu, digitalisasi juga tidak bisa lepas dari internet karena memang internet merupakan jantung atau organ penting dalam semua sektor digitalisasi. Berdasarkan keterangan yang dijelaskan oleh Kemkominfo bahwa para pengguna internet yang berasal dari Indonesia kurang lebih mencapai 82 juta. Dengan pencapaian tersebut, maka Indonesia menduduki peringkat kedelapan sebagai negara yang memiliki jumlah pengguna internet terbanyak.

Hal ini membawa dampak positif bagi para pelaku pasar di bidang teknologi. Mereka menjadikan Indonesai sebagai negara yang tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi para investor atau perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Salah satu contohnya adalah Tokopedia yang sudah lama menerapkan teknologi digitalisasi ini ke dalam berbagai aktivitas jual beli mereka atau yang lebih dikenal dengan e-commerce.

Pendapatan yang diraih bahkan mencapai angka yang fantastis, yakni 1 Triliun setiap bulan pada tahun 2016. Mereka memiliki jumlah produk yang sudah dibeli kurang lebi mencapai 30 juta produk. Dengan adanya Tokopedia, para pembeli maupun penjual bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli meskipun dengan jarak yang jauh. Kemudahan lain yang ditawarkan oleh Tokopedia adalah seperti memudahkan masyarakat jika hendak membeli pulsa listrik, telepon, sampai memudahkan mereka dalam membayar tagihan BPJS.

Meskipun begitu bukan berarti tidak ada aktivitas yang dapat memberikan dampak negatif. Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari kriminologi.id, bahwa Kepolisian Jawa Barat ternyata berhasil membongkar adanya perdagangan senjata api secara ilegal di situs tersebut. Kejadian ini terjadi pada tanggal 1 Maret 2018 yang mana jika penemuan ini tidak berhasil diungkap bisa menyebabkan banyaknya pembunuh bayaran.

perdagangan senjata api secara ilegal

Tidak adanya filtering atau penyaringan terhadap produk apa saja yang boleh dijual dan tidak merupakan kekurangan yang dimiliki oleh Tokopedia maupun toko aplikasi lainnya yang memiliki sistem kerja yang sama. Selain itu, perkembangan dunia digitalisasi sudah semakin merambah dan semakin bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. Salah satunya hadirnya aplikasi GO-JEK maupun juga GRAB yang menjadi aplikasi transportasi terkenal yang dikenal, khususnya di Indonesia.

Nadim Karim, pendiri dari GO-JEK memiliki kurang lebih 200 ribu partner, baik yang terdiri dari motor maupun juga mobil. Sementara itu, tidak kurang dari 45 ribu para merchant untuk Go-Food dan sekitar 3000 telah disediakan untuk penyedia layanan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan masyarakat dari aplikasi ini, diantaranya memberikan kemudahan masyarakat mengakses lokasi yang tidak bisa diakses angkutan umum. Selain itu, aplikasi ini telah membuka banyak lapangan pekerjaan yang tentunya membantu mengurangi kemiskinan.

Intinya, perkembangan digitalisasi di Indonesia memiliki unsur positif dan negatif. Yang terpenting adalah semua pihak harus saling membantu dalam meningkatkan dan menemukan berbagai solusi yang dibutuhkan untuk mengatasi hal-hal negatif yang ditimbulkan akibat digitalisasi tersebut. Dengan begitu, maka semua pihak bisa terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang bisa merugikan diri sendiri maupun juga orang lain.

Manfaat Digitalisasi

pengertian digitalisasi dan manfaatnya

Lalu apa saja manfaat digitalisasi? Seperti yang telah kami jelaskan bahwa tujuan dari adanya digitalisasi adalah membantu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari manusia. Digitalisasi akan memberikan keefektifan dan optimalisasi mengenai berbagai banyak hal yang malah sebelumnya membutuhkan waktu atau usaha lebih untuk bisa mendapatkannya.

Misalnya, digitalisasi di bidang transporasi yang mana dengan hadirnya aplikasi GO-JEK masayarakat bisa dengan mudah menemukan lokasi yang diinginkan yang terkadang tidak bisa dijangkau oleh angkutan umum. Selain itu, waktu untuk bisa mencapai tempat tersebut juga tidak lama bahkan lebih cepat dari perkiraan. Manfaat digitalisasi di bidang transportasi juga membuat kita lebih mudah mendapatkan makanan maupun minuman atau juga mengirimkan barang.

Sementara itu, manfaat digitalisasi di bidang perdaganan atau jual beli yaitu penjual maupun pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli dalam waktu yang singkat. Bahkan meskipun lokasi barang yang diinginkan di luar negeri, namun waktu dan komunikasi tetap berjalan lancar dan tanpa adanya gangguan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian digitalisasi beserta perkembangan dan manfaat digitalisasi. Semoga bermanfaat dan kita semua mampu memanfaatkan perkembangan digitalisasi dengan sebijak mungkin.

Leave a Reply

Send this to a friend