Pengertian Developer Beserta Perbedaan Developer dan Programmer, Yuk Disimak!

Dunia Teknologi Informasi saat ini sedang berada di puncak kejayaan, barang siapa yang usahanya tidak mulai masuk atau merambah lewat dunia IT maka dipastikan suatu saat bisnisnya akan tertinggal jauh oleh pesaing yang menggunakan teknologi untuk menjalankan usahanya. Dalam perkembangan dunia IT terutama dalam mengembangkan sebuah produk IT, banyak entitas yang harus bekerja sama dalam membangun project. Terutama project pembuatan sistem berbasis IT, disana terdapat banyak campur tangan dari berbagai macam elemen bidang pekerjaan.

pengertian developer adalah

Developer

Beberapa mengembangkan sebuah produk IT bidang pekerjaan yang terlibat di dalamnya antara lain seperti, Analisis Sistem, Developer, Programmer, Tester, Engineer, Desainer, dan lain sebagainya. Tetapi dalam pembahasan artikel kali ini yang akan dijelaskan hanya pengertian developer dan apa perbedaan developer dengan bidang IT lainya, karena masih banyak yang bingung tentang developer, terutama perbedaan antara developer dengan programmer. Supaya hal tersebut tidak membingungkan lagi, berikut di bawah ini adalah pengertian developer.

Pengertian Developer

Developer yang akan dijelaskan disini adalah developer bidang IT, bukan developer yang ada dalam istilah bisnis properti yah, jadi ini buat catatan saja. Developer adalah orang atau pekerjaan yang bertugas untuk merancang sebuah sistem dari arsitektur body, sampai dengan tampilanya. Selain itu developer juga bertugas mengimplementasikan sistem tersebut ke objek tertuju, kemudian jika suatu saat dibutuhkan developer juga bertugas untuk mengembangkan sistem yang telah dibuatnya.

Developer

Seorang developer berada dipuncak organisasi pembuatan sebuah project bisnis, misalnya dalam hal ini adalah pemilik startup. Seorang developer harus mengetahui apa saja yang di butuhkan ketika ingin membuat aplikasi. Juga harus mengetahui bagaimana alur, dan nilai kebermanfaatan dari aplikasi yang sudah dibuat. Selain itu, seorang developer juga harus terus mengetahui apa saja yang kurang dari aplikasi yang di buat. sehingga kedepanya aplikasi mengalami perubahan atau pengembangan lebih lanjut.

Perbedaan Developer dan Programmer

JIka membahas tentang developer di dunia IT, tidak akan lepas dari yang namanya programmer, padahal keduanya berbeda, baik dalam bidang penguasaan maupun jangkauan, developer juga berbeda. Lalu dimana letak perbedaan antara developer dengan programmer? Nah setelah membahas pengertian developer seperti di atas, berikut di bawah ini adalah perbedaan antara developer dengan programmer yang harus anda ketahui, supaya kedepanya anda tidak keliru untuk menyebut orang-orang di dunia IT.

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, bahwa developer adalah orang yang bertugas untuk memikirkan, merancang apa saja yang akan di buatkan fitur dalam sebuah aplikasi, selain itu seorang developer juga bisa mendesain tampilan dari sebuah aplikasi yang akan dibuat. Bahkan jika dibutuhkan seorang developer juga bertugas untuk mengembangkan aplikasi yang telah ada untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, dan juga untuk mengikuti perkembangan teknologi.

developer vs programmer

Programmer

Lalu apa bedanya dengan programmer, bukankah programmer juga bisa melakukan hal demikian? Jawabanya berbeda, Programmer adalah orang yang bertugas untuk menulis, atau merangkai sebuah kode yang disusun menjadi sebuah fungsi program aplikasi, seorang programmer hanya berpaku pada tugasnya saja, yaitu menulis kode program sesuai arahan dari sistem analis, jika program sudah berjalan maka disitu tugas seorang programmer sudah selesai. Jika masih ada kekurangan menurut seorang sistem analis, maka programmer wajib untuk memperbaiki kode program yang ada.

Masih bingung dimana perbedaanya? Contoh lain untuk menggambarkan perbedaan antara developer dengan programmer misalnya, ketika anda adalah seorang developer dan berencana untuk membangun sebuah bisnis startup maka yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan teman-teman anda yang memiliki ahli dalam bidang IT, beberapa teman anda yang harus di kumpulkan adalah mereka yang bisa menjadi, sistem analisis, desainer, programmer, tester, dan leader project. Sampai saat ini sudah sangat jelas dimana perbedaan antara developer dengan programmer.

pengertian developer

Programmer

Soerang developer minimal harus mengetahui konsep dasar dari sebuah aplikasi yang akan dibuat, bisa dibidang developer adalah seorang yang menjadi top manajemen, namun dalam sebutan lain yang lebih luas, developer adalah suatu perusahaan yang membuat sebuah aplikasi, tergantung siapa yang menyebutkan, tetapi intinya developer memiliki peranan penting dari terciptanya sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan kerja manusia, aplikasi tersebut juga harus berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

Dalam dunia IT sebenarnya tidak terpaku hanya pada developer dan programmer saja, karena masih banyak yang terlibat dalam pengembangan aplikasi, seperti sistem analisis yang bertugas merancang struktur sistem, desainer yang bertugas menerjemahkan rangcangan analisis ke dalam bentuk aplikasi, desainer dalam hal ini adalah seorang programmer front end. Kemudian rancangan antarmuka yang dibuat oleh programmer front end akan di lanjutkan oleg programmer back end supaya rancangan antarmuka yang telah dibuat memiliki fungsi dan bisa dipakai.

pengertian developer

Rancangan Aplikasi

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian developer yang disertai dengan perbedaan antara developer dengan programmer. Semoga dengan adanya artikel ini anda menjadi lebih tahu tentang dunia Teknologi Informasi, terkhusus tentang penjelasan mengenai developer. Diharapkan juga anda menjadi lebih tahu tentang perbedaan antara developer dengan programmer, sehingga kedepanya anda tidak salah paham dan salah menyebut. Karena bidang-bidang pekerjaan di dunia IT sangat banyak dan keseluruhanya penting dalam menentukan aplikasi yang sedang dibuat. Dari sistem analisis sampai dengan tester memiliki peranan penting, dan salah satunya tidak boleh menempati bidang pekerjaan yang tidak sesuai, karena bisa mengakitbakan kerancuan dalam pengembangan aplikasi.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend