Kenali Pengertian Analog dan Digital Beserta Perbedaannya Juga

Teknologi merupakan salah satu hal yang menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan ini, terutama dalam aspek gaya hidup manusia. Dalam perkembangan teknologi kita mengenal yang namanya perkembangan, dan dalam perkembangan teknologi, para pakar membagi perkembangan teknologi menjadi dua, yang pertama adalah analog dan yang kedua adalah digital. Analog muncul terlebih dahulu dalam perkembangan teknologi, sedangkan digital adalah buat dari inovasi teknologi yang dilakukan oleh para pemikir.

pengertian analog dan digital

Analog dan Digital

Pengertian Analog dan Digital

Hampir semua jenis teknologi dari berbagai perangkat yang kita gunakan pasti akan berhubungan dengan yang namanya Analog dan Digital. Karena teknologi yang sudah menggunakan konsel digital bermula dari penggunaan teknologi analog. Konsep Analog dan Digital sangat berhubungan dengan dunia Jaringan, Karena dahulu jaringan internet masih menggunakan konsep sinyal, yaitu sinyal analog dan dikembangkan lagi menjadi sinyal digital. Lalu apa yang dimaksud dengan Analog dan Digital, berikut dibawah ini adalah pengertian analog dan digital.

1. Pengertian Analog

Analog adalah sebutan dari sebuah sinyal yang mempunyai bentuk gelombang dengan cara kerja yang berkelanjutan, Sinyal analog membawa informasi data dengan mengubah karakteristik gelombang. Parameter yang digunakan oleh sinyal analog menggunakan dua paramter, yaitu amplitude dan frekuensi. Umumnya gelombang yang ada pada sinyal analog berbentuk gelombang sinus yang memiliki tigas variabel dasar, yaitu amplitude, frekuensi dan phase.

pengertian analog dan digital

Analog Electron

Setelah mengetahui pengertian analog, muncul lagi yang namanya amplitude, frekuensi dan phase, lalu apa itu amplitude, frekuensi dan phase? amplitude adalah ukuran dari tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog. Sedangkan frekuensi adalah banyaknya jumlah gelombang yang muncul dari sebuah sinyal analog dan Phase adalah besaran sudut dari sebuah sinyal analoh pada waktu-waktu tertentu. Lalu bagaimana cara kerja dari sebuah sinyal analog?

Cara kerja dari sebuah sinyal analog adalah dengan menyebarkan sinyal melalui gelombang elektromagnetik atau gelombang radio yang dilakukan secara terus menerus. Proses penyebaran sinyal analog sangat dipengaruhi dengan berbagai macam faktor pengganggu. Pengiriman sinyal analog sangat berurutan yang dilakukan secara terus menerus atau dalam bahasa lain disebut dengan variable. Jadi intinya adalah sinyal analog merupakan sebuah bentuk komunikasi elektromagnetik yang sangat menggantungkan nasibnya pada gelombang elektromagnetik.

2. Pengertian Digital

Digital adalah hasil dari pengembangan temuan dari analog, sebelum adanya digital kita sudah terlebih dahulu mengenal analog. Bisa dibilang digital adalah bentuk modern dari analog, dengan demikian digital memiliki bentuk yang lebih maju. Digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan secara mendadak atau tiba-tiba, dengan perubahan yang memiliki besaran 0 dan 1. Anda tidak salah lihat, memang benar besaran yang ada dan perubahan yang ada pada sebuah sinyal digital memang hanya 0 dan 1, tetapi dua perubahan tersebut dapat mengubah hal yang besar.

pengertian analog adalah

Digital Electron

Transmisi yang dilakukan oleh sinyal digital memiliki jangkauan yang relatif dekat tetapi dengan menggunakan sinyal digital tidak mudah untuk terpengaruh oleh derau. Sinyal yang memiliki dua perubahan ini biasanya disebut dengan bit, bit merupakan sebuah istilah untuk menyebut digital, besaran bit yaitu hanya 0 dan 1. bit merupakan satuan terkecil dari rangkaian perhitungan yang ada pada sinyal digital.

Perbedaan Analog dan Digital

pengertian digital adalah

Analog dan Digital

Meskipun sama-sama sebuah sinyal analog dan digital tetap saja memiliki perbedaan. Bukan hanya berbeda pada namanya saja, tetapi kedua sinyal ini juga memiliki perbedaan pada penerapanya, walaupun saat ini sinyal yang paling banyak digunakan atau diterapkan adalah sinyal digital, bukan berarti sinyal analog sudah tidak digunakan lagi. Tetap masih banyak teknologi yang menggunakan konsep analog, walaupun lebih banyak digital. Setelah memahami tentang pengertian analog dan digital, berikut di bawah ini adalah perbedaan Analog dan Digital.

  1. Digital Lebih cepat, Perlu kita ketahui bahwa sistem digital memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat dibandingkan dengan analog. Sehingga pengiriman informasi yang dilakukan oleh sistem berbentuk digital akan lebih cepat sampai ke tujuan dari pada pengiriman informasi yang dilakukan oleh sistem yang menggunakan konsep analog.
  2. Analog lebih sensitif, Jika menggunakan sistem analog akan lebih rentan terhadap berbagai macam gangguan sehingga sedikit saja hambatan yang dilalui oleh analog akan menyebabkan terganggunya transaksi informasi, sedangakan jika menggunakan sistem digital, hal seperti itu tidak akan mejadi hambatan, karena sistem digital diklaim dan terbukti lebih kebal dari berbagai macam gangguan, sehingga penggunaan sistem digital lebih aman.
  3. Digital lebih fleksibel, dengan menggunakan sistem digital pengguna atau perangkat yang diterapkan akan lebih memiliki tingkat fleksibilitas tinggi, sehingga memiliki fungsionalitas yang lebih banyak daripada menggunakan sistem analog. Sehingga banyak pengembang yang lebih memilih sistem digital daripada analog.
  4. Digital Easy save, Penggunaan sistem digital akan memudahkan proses penyimpanan informasi yang lebih ringkas dari pada penggunaan sistem analog. Karena penyimpanan informasi itu dilakukan oleh sebuah rangkaian pengalihan khusus yang dapat melakukan penyesuaian dengan informasi tersebut. Sehingga masa peyimpanan itu dapat dilakukan selama waktu yang diperlukan.

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian analog dan digital, dalam pembahasan di atas juga mengangkat perbedaan dari sistem analog dan sistem digital. Diharapkan dengan adanya artikel yang membahas analog dan digital, pembaca lebih mengetahui dan memahami apa perbedaan dari analog dan digital. Karena penerapan dari sistem analog dan sistem digital sangat luas, termasuk penerapan dari konsep sinyal baik sinyal digital maupun sinyal analog. Mengapa sinyal? karena sinyal merupakan hal yang saat ini menjadi salah satu yang paling dekat dengan manusia.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply