Pengertian Handphone Beserta Sejarah dan Fungsi Handphone yang Harus Anda Ketahui

Beberapa waktu lalu, alat komunikasi handphone hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja yang mampu membelinya, dikarenakan harganya yang cukup mahal.

Seiring dengan berjalannya waktu, Anda dengan mudah menemukan orang-orang yang memiliki handphone. Karena sekarang ini handphone sudah dilengkapi berbagai fasilitas selain untuk bertukar pesan, seperti internet, kamera digital, pemutar musik dan fasilitas canggih lainnya. Handphone bukan hanya sekedar alat komunikasi, melainkan menjadi gaya hidup yang dapat mendukung penampilan.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas lebih detail mengenai definisi atau pengertian handphone itu sendiri, bagaimana sejarah perkembangannya serta apa sebenarnya fungsi dari handphone. Berikut penjelasan lebih dalam mengenai handphone.

Pengertian Handphone

Handphone berasal dari dua frasa kata dalam bahasa Inggris. Hand yang memiliki arti tangan dan phone yang berarti suara. Definisi dari handphone atau sering disebut juga telepon genggam adalah suatu perangkat telekomunikasi elektronik dua arah yang dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu menggunakan kabel (nirkabel/wireless).

pengertian handphone adalah

Terdapat dua jenis jaringan telepon nirkabel di Indonesia, yaitu GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) merupakan badan yang mengatur telekomunikasi seluler di Indonesia.

Hampir setiap waktu manusia tidak bisa terlepas dari handphone. Apalagi sekarang handphone telah dilengkapi berbagai fitur canggih didalamnya. Bukan hanya sebagai alat komunikasi, melainkan telah berkembang menjadi alat dengan fungsi lain seperti media hiburan, media edukasi, media bisnis dan sebagainya.

Handphone sudah tidak lagi dikategorikan sebagai barang mewah. Hampir semua orang memiliki handphone. Dengan menggunakan handphone, pengguna dapat membuat dan menerima panggilan dari dan ke jaringan handphone lain ke seluruh penjuru dunia. Selain itu, dengan menggunakan handphone segala kepentingan dapat diselesaikan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, definisi handphone dipandang dari segi manfaat, yaitu suatu benda yang dapat mempermudah kegiatan manusia.

Sejarah Handphone

Sebelum adanya handphone, Anda dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh secara konvensional, yaitu dengan mengirim surat atau telegram. Hal ini dinilai kurang efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk saling bertukar informasi. Inilah yang menjadi tonggak utama diciptakan handphone di dunia. Walaupun demikian, hanya beberapa orang saja yang mengenal baik sejarah dari handphone tersebut.

Telepon genggam atau Handphone ditemukan pertama kali oleh Martin Cooper, seorang karyawan Motorola yang memiliki ide untuk membuat sebuah alat komunikasi yang mudah untuk dibawa (fleksibel). Cooper bersama tim menghadapi tantangan untuk memasukkan semua material elektronik kedalam alat yang berukuran kecil. Pada akhirnya, sebuah telepon genggam berhasil diselesaikan dengan bobot yang berat, yaitu 2 Kg. Alat tersebut dinamakan DynaTAC. Berikut ini merupakan uraian singkat sejarah perkembangan handphone :

Handie-Talkie SCR536

HT SCR536

Generasi 0 (1940)

Galvin Manufacturing Corporation (sekarang Motorola), pertama kali mengembangkan sebuah alat komunikasi di medan Perang Dunia II yang dinamakan Handie-Talkie SCR536. Teknologi yang digunakan disebut 0G dengan sistem radio VHF untuk menghubungkan telepon secara langsung pada PSTN landline. Handie-Talkie SCR536 memungkinkan penggunanya untuk melakukan komunikasi secara dua arah secara bergantian, baik itu berbicara maupun mendengar lawan bicara.

DynaTAC

DynaTAC

– Generasi I (1973)

Martin Cooper, seorang karyawan dari Motorola Corp menemukan telepon genggam pertama yang disebut DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage). Teknologi yang digunakan 1G masih bersifat analog dan dikenal dengan istilah AMPS (frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz). Handphone ini memiliki bobot 2,5 pon (1,1kg). Berukuran 10 inci (25cm), handphone ini memiliki kapasitas baterai yang hanya mampu bertahan kurang lebih 20 menit. Handphone ini didunia dijual kepada publik dengan harga yang jauh lebih mahal dari handphone masa kini, yakni US$4 ribu (sekitar Rp36 juta)

Nokia 1011

Nokia 1011

Generasi II (1990-an)

Handphone telah menggunakan chip digital. Teknologi yang digunakan 2G. Amerika menggunakan teknologi CDMA, sedangkan Eropa menggunakan teknologi GSM. Pada generasi ini, sinyal analog telah diubah menjadi sinyal digital. Penggunaan sinyal ini melengkapi fitur handphone seperti pesan suara, panggilan tunggu dan SMS. Beberapa seri yang terdapat pada generasi ini, yaitu Motorola International 3200, Nokia 1011, Motorola StarTAC, dan Nokia 9000 Communicator.

Samsung SPH-M100

Samsung SPH-M100

Generasi III (2000-an)

Generasi ini sudah menggunakan teknologi 3G yang memungkinkan pengguna memperoleh jangkauan yang lebih luas. Terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi 3G yaitu Enhanced Data Rates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Pada generasi ini, handphone mulai menggunakan sistem operasi untuk membuat fitur semakin lengkap. Sistem operasi yang digunakan yaitu, iOS, Android, Symbian dan Windows Mobile. Samsung SPH-M100, Ericsson T39, Blackberry, iPhone merupakan seri handphone yang terdapat di generasi III.

HTC Evo 4G

HTC Evo 4G

Generasi IV (2010-an)

Disebut juga dengan Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem telepon genggam atau handphone yang menawarkan pendekatan baru dan infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada seperti Wireless Broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lainnya. Beberapa keuntungan dari sistem 4G adalah memberikan pengguna kebebasan untuk menggunakan sistem kapan saja karena berdasarkan jaringan IP yang telah diberikan di seluruh handphone, berkecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas tinggi, jangkauan global dan fleksibilitas untuk berhubungan dengan perangkat yang berbeda. HTC Evo 4G merupakan handphone 4G pertama yang dirilis oleh HTC Corporation.

Fungsi Handphone

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pada dasarnya handphone memiliki fungsi untuk membuat dan menerima panggilan, handphone juga memiliki fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat atau Short Message Service. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi digital maka handphone juga mengalami pelebaran fungsi. Kini handphone dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti pemutar audio (mp3) dan video, kamera digital, bluetooth, game dan layanan internet (layanan GPRS, 3G).

fungsi handphone

handphone untuk berkomunikasi

Selain itu, handphone sekarang telah dilengkapi dengan sistem operasi seperti Android, iOS, Blackberry, dan Windows Mobile. Sistem operasi tersebut membuat handphone memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Dengan handphone Anda juga dapat menjelajahi dunia internet untuk mengakses informasi di seluruh penjuru dunia. Bahkan kini kebanyakan masyarakat menyebutnya dengan ponsel pintar (SmartPhone) karena dapat membantu pekerjaan manusia.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian handphone, sejarah beserta fungsinya. Penulis berharap Anda dapat memahami secara detail. Bukan hanya sekedar menggunakannya saja, tetapi juga mengetahui asal mula diciptakannya media tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend