10 Dampak Positif dan Negatif Handphone yang Perlu Anda Ketahui

Dampak positif dan negatif handphone perlu anda pahami sebagai pengguna gadget satu ini. Handphone atau smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat di era serba digital ini.

Tak hanya sebagai media komunikasi dengan keluarga dan seru-seruan dengan teman, handphone juga dibutuhkan untuk mendukung mobilitas pekerjaan anda. Tanpa handphone akan susah bagi anda menjalankan rutinitas setiap hari.

Handphone pada awalnya sendiri diciptakan sebagai alat komunikasi portable untuk menambah mobilitas masyarakat yang menuju era modern.

Dampak Positif dan Negatif Handphone

Pada awal kemunculannya, handphone merupakan barang mewah yang tidak dimiliki oleh semua orang. Namun, jaman sekarang anak kecil saja sudah memiliki handphone atau smartphone dengan berbagai fitur. Berikut dampak positif dan negatif handphone yang perlu anda pahami.

A. Dampak Positif Handphone

1. Sebagai Media Komunikasi yang Lebih Luas

Dampak Positif Handphone Sebagai Media Komunikasi

Semua handphone atau smartphone jaman sekarang pastinya dilengkapi dengan fitur akses internet. Untuk mendapatkan akses internet, handphone anda harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau kuota internet yang dibeli dengan pulsa. Akses internet pada handphone mempermudah anda untuk berkomunikasi dengan siapapun dengan cepat.

Menjalin hubungan dengan saudara jauh dan teman-teman dari jaman sekolah pun menjadi lebih mudah. Tak sedikit orang menemukan orang tua, saudara, hingga teman lama melalui akses internet di handphone mereka.

2. Sebagai Media Akses Informasi Tak Terbatas

dampak positif dan negatif handphone

Memiliki handphone dengan akses internet membuat anda memiliki akses pada informasi tak terbatas. Ketika anda sedang tersesat di jalan, anda tinggal membuka handphone dan mengakses Google Map. Mencari kerja pun tak perlu keliling kota panas-panas sepanjang hari, sekarang semua orang bisa mencari pekerjaan dan melamar melalui smartphone mereka.

Masih banyak lagi informasi yang bisa anda akses dengan cepat menggunakan handphone anda. Mulai dari informasi tentang pendidikan, gaya hidup, produk-produk tertentu, dan berbagai cara atau tutorial dalam melakukan banyak hal.

3. Membuat Semua Hal Lebih Praktis dan Cepat

Dampak Positif Handphone Membuat Semua Hal Menjadi Praktis

Keberadaan handphone atau smartphone menghasilkan berbagai penemuan lain yang semakin mempermudah hidup manusia. Smartphone memiliki berbagai aplikasi yang bisa di unduh gratis melalui Playstore dan aplikasi sejenisnya.

Sekarang, semua orang bisa mencari kendaran dengan mudah dan cepat melalui berbagai aplikasi online. Memesan makanan dan mengirim barang pun juga bisa dilakukan dengan mudah sambil bersantai di rumah.

4. Mempermudah Promosi dan Marketing Bisnis

Mempermudah Promosi dan Marketing Bisnis

Salah satu pihak besar yang merasakan dampak positif handphone adalah pemilik bisnis. Dari pengusaha perusahaan makro hingga mikro, semua dapat memanfaatkan keberadaan handphone sebagai media promosi dan marketing yang lebih praktis dan cepat.

Banyak usaha kecil rumahan memanfaatkan internet dengan membuka toko berbasis online. Promosi biasanya disebarkan melalui sosial media yang bisa diakses oleh siapapun melalui handphone masing-masing.

5. Merangkum Banyak Fitur yang Membuat Hidup Praktis

Merangkum Banyak Fitur yang Membuat Hidup Praktis

Handphone atau smartphone memiliki kapasitas yang cukup besar dengan berbagai fitur. Kehidupan modern mengarah ke gaya hidup yang lebih minimalis. Kehidupan anda mulai terasa lebih praktis dan efisien dengan memiliki semua kebutuhan anda dalam genggaman.

Mulai dari jam, kalender, kamera, dan berbagai aplikasi yang mendukung rutinitas anda, semuanya sudah terangkum dalam handphone. Uang elektronik pun mulai marak digunakan oleh masyarakat modern. Bayangkan masa depan dimana anda bisa keluar rumah hanya dengan membawah handphone.

B. Dampak Negatif Handphone

1. Membuat Orang Ketergantungan dan Tidak Fokus

Dampak Negatif Handphone Membuat Ketergantungan dan Tidak Fokus

Handphone merupakan gadget portable yang bisa anda bawa kemana saja. Hal ini membuat anda memiliki akses internet setiap saat. Dewasa ini, banyak orang yang mengalami ketergantungan terhadap handphone mereka.

Ketika seseorang telah ketergantungan handphone, mereka akan menjadi susah fokus dalam melakukan rutinitas. Mulai dari tidak fokus berbicara dengan orang yang sedang ada dihadapan mereka, hingga tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan karena selalu memiliki kecenderungan memeriksa handphone mereka.

2. Membuat Orang Lebih Konsumtif

Membuat Orang Lebih Konsumtif

Tak harus keluar rumah dan pergi ke pusat perbelanjaan, sekarang anda juga bisa membeli barang secara online. Bisnis toko online dan e-commerce merupakan bisnis yang terus berkembang setiap tahunnya dengan pesat.

Kecenderungan selalu membuka handphone dan melihat promo maupun informasi tentang barang terbaru, membuat orang memiliki akses lebih cepat untuk membeli barang tersebut. Tak hanya barang, makanan sekarang juga bisa dipesan melalui handphone ketika sedang santai di rumah.

3. Potensi Tindakan Kriminal

Potensi Tindakan Kriminal

Handphone juga bisa menjadi sumber modus tindakan kriminal. Tak sedikit kasus tentang orang yang tertipu dan kehilangan uang mereka melalui telepon dari orang asing.

Penipuan biasanya menggunakan modus informasi tentang orang terdekat yang sedang ada masalah di kantor polisi. Ada juga yang mengklaim bahwa penerima telepon mendapatkan hadiah dan harus mengirim sejumlah uang sebagai pajak pemenang. Oleh karena itu, anda harus lebih peka ketika menerima telepon dari nomor-nomor asing.

4. Mempengaruhi Kesehatan Tubuh

Dampak Negatif Handphone Berpengaruh pada Kesehatan

Ketergantungan terhadap handphone juga dapat memberikan dampak negatif pada tubuh anda. Mulai dari penglihatan anda hingga pergelangan tangan anda yang lebih mudah terasa lelah. Anda juga sebaiknya menghentikan kebiasaan menaruh handphone dekat kepala ketika sedang tidur atau menggunakan earbuds sampai terlelap. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan otak jika terus-menerus dilakukan.

5. Membuat Orang Menjadi Apatis dengan Lingkungan Sekitar

Membuat Orang Menjadi Apatis dengan Lingkungan Sekitar

Handphone memang selalu menyelamatkan siapapun dari situasi canggung. Namun, handphone juga memiliki dampak negatif yaitu membuat orang menjadi apatis dengan lingkungan sekitarnya. Misalnya ketika sedang berkumpul dengan saudara dan keluarga, anda mungkin akan lebih asik berbicara dengan teman melalui handphone ketimbang menghabiskan waktu dengan keluarga anda.

Itu tadi berbagai dampak positif dan negatif handphone yang perlu anda pahami. Pastikan anda menggunakan handphone anda dengan bijak.

Leave a Reply

Send this to a friend