3 Cara Menggunakan Google Maps dengan Mudah, Panduan Dasar untuk Pemula!

Google Maps? Tentu Anda pernah mendengar aplikasi ini atau bahkan telah menggunakannya. Tetapi, bagi sebagian orang awam tidak mengerti apa itu google Maps dan bagaimana cara kerjanya. Google Maps ialah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan gambaran lalu lintas yang real-time, peta jalanan, panorama 360° serta pilihan rute untuk perjalanan mobil, sepeda motor, transportasi umum atau bahkan berjalan kaki.

Google Maps sendiri dirilis pada tanggal 8 Februari 2005. Sudah cukup lama berdiri dan kecanggihan aplikasi ini tetap naik daun. Bagaimana tidak? Banyaknya taksi online yang turut menggunakan aplikasi maps ini untuk mengantar penumpang sesuai dengan alamatnya.

Tidak semua dari kita tahu dan hafal seluruh jalanan yang ada di bumi ini. Oleh karenanya, Maps sangat membantu orang awam untuk menemukan suatu tempat agar tidak tersesat. Untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara menggunakan google maps pada smartphone Anda. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menggunakan Google Maps

Berikut ini cara menggunakan Google Maps dengan beberapa fitur seperti berikut ini.

a. Petunjuk jalan

Berikut cara menggunakan google maps sebagai penunjuk jalan agar Anda sampai tujuan dan tidak tersesat.

1. Buka aplikasi Maps, lalu aktifkan location pada smartphone Anda.

cara menggunakan google maps untuk petunjuk jalan

2. Kemudian, pilih menu driving dan tulis lokasi yang akan Anda tuju pada tempat yang telah disediakan. Perhatikan gambar dibawah ini.

Screenshot_20180909_161754

3. Misalnya, Anda ingin pergi ke sun plaza medan. Nanti akan muncul beberapa lokasi pada mesin pencarian. Pilihlah lokasi yang paling tepat dengan tempat yang akan dituju.

cara menggunakan Google Maps

4. Selanjutnya, pilih Directions untuk melihat jalur yang akan Anda lalui.

Screenshot_20180909_113122

5. Kemudian, pilih Start untuk memulai navigasi.

Screenshot_20180909_113128

6. Selanjutnya, Anda bisa mengatur navigasi ini bersuara atau tidak. Usahakan suara agar tetap aktif agar Anda tidak melulu melihat handphone di jalan sehingga tidak membahayakan diri. Bisa juga menggunakan headset untuk mendengar perintah navigasi tersebut. Karena fitur suara ini sangat berguna untuk memandu perjalanan Anda, seperti akan belok kiri dalam 200 m lagi, atau belok kanan.

cara menggunakan Google Maps

b. Melacak restaurant terdekat

Fitur ini juga sangat berguna ketika tubuh Anda perlu diisi oleh makanan tetapi Anda tidak tahu betul lokasi restoran yang terdekat dari lokasi Anda saat itu. Perhatikan cara di bawah ini.

1. Pilih menu Explore, lalu pada bagian Search Nearby, pilih Restaurants.

Screenshot_20180909_restaurants

2. Kemudian akan muncul beberapa restoran di Medan. Anda bisa mem-filter berdasarkan restoran yang ratingnya bagus, restoran yang sedang buka, atau bisa juga berdasarkan jarak terdekatnya.

cara menggunakan Google Maps

c. Melacak pom bensin terdekat

Fitur ini juga sangat berguna ketika kendaraan Anda sedang kehabisan minyak, dan Anda tidak tahu betul di mana lokasi pom bensin terdekat saat itu. Anda juga bisa mencari pom bensin terdekat di Maps, sehingga bisa memprediksi apakah kendaraan tersebut bisa sampai dengan minyak yang sekarat atau tidak. Perhatikan cara di bawah ini.

1. Pilih menu Explore, lalu pada bagian Search Nearby, pilih Gas Stations.

Screenshot_20180909_gas

2. Kemudian akan muncul beberapa SPBU di Medan. Anda bisa memfilter berdasarkan SPBU yang sedang buka atau SPBU terdekat dari posisi Anda saat itu.

cara menggunakan Google Maps

Sekian penjelasan tentang cara menggunakan google maps pada smartphone Anda. Mungkin itu hanya beberapa fitur urgent yang sering digunakan oleh setiap orang. Dari aplikasi Maps tersebut, Anda juga bisa melihat lokasi ATM, grosir ataupun apotek terdekat. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang tersesat dalam menemukan alamat tujuan. Terima kasih dan selamat mencoba tutorial di atas!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend