3 Cara Menggunakan VPN di Android untuk Mengakses Situs yang Diblokir Pemerintah

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah bentuk akses pribadi terhadap internet yang dapat memanipulasi koneksi sehingga kita dapat mengirim dan menerima data seakan-akan berada pada lokasi lain. Adapun kegunaan VPN yang umum digunakan adalah untuk membuka situs yang telah diblokir, Internet Positif, Mercusuar, dan sebagainya.

Kegunaan lain dari VPN adalah untuk dapat menikmati koneksi cepat dari server luar negeri, untuk bisa mengakses pekerjaan kantor di rumah, keamanan dalam penggunaan Wi-Fi umum, menonton TV Online luar negeri, men-download game luar negeri, dan lain-lain.

Dalam penggunaan VPN biasanya yang menjadi fokus utama adalah lokasi dan kecepatan akses internet. Tidak hanya berlaku bagi pengguna PC/laptop, Anda juga bisa memanfaatkan VPN di Android Anda. Berikut ini beberapa cara menggunakan VPN di Android dengan bantuan aplikasi, diantaranya VPN Master, SuperVPN, dan Secure VPN.

Cara Menggunakan VPN

Nah, disini saya akan menerapkan beberapa aplikasi VPN untuk membuka website tumblr.com. Sekedar informasi, situs Tumblr beberapa waktu lalu resmi ditutup oleh pemerintah Indonesia, akibatnya kita yang menggunakan server yang berlokasi di Indonesia tidak bisa mengakses halaman ini. Adapun tampilan saat membuka situs Tumblr sebelum pemasangan VPN adalah seperti gambar di bawah ini.

cara menggunakan vpn

Untuk membuka situs Tumblr dari Android, saya akan melampirkan tahap-tahap melakukan koneksi dengan beberapa aplikasi VPN berikut ini. (Cara ini berlaku dalam penggunaan VPN secara umum. Membuka situs Tumblr hanya merupakan contoh kasus yang saya gunakan untuk menggunakan VPN).

1. Menggunakan VPN Master-Free·unblock·proxy

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan VPN Master.

1. Pertama-tama, pastikan Anda telah menginstal aplikasi VPN Master pada Android Anda. Anda bisa mencarinya di Playstore dengan nama VPN Proxy Master-Free security.

vpn master on gpaly 2. Setelah terpasang pada Androis Anda, buka aplikasi VPN Master tersebut. Jika muncul persetujuan seperti gambar di bawah ini, klik tombol I AGREE.

cara menggunakan vpn

3. Selanjutnya, klik tombol GO untuk memulai pencarian server dan koneksi. Tunggu beberapa saat.

click go to connect server

4. Anda berhasil terkoneksi. Adapun bendera Singapura tersebut menandakan bahwa Anda terkoneksi ke server yang berada di Singapura. Biasanya Android yang terpasang VPN yang sedang berjalan (dalam status connecting) akan meunculkan ikon kunci pada status bar. Anda dapat melihatnya pada gambar di sebelah kiri ikon Wi-Fi.

waut and connected

5. Anda akan mendapati tampilan seperti di bawah ini, tidak berselang lama setelah tahap sebelumnya. Untuk mengganti lokasi koneksi VPN Anda, klik gambar bendera seperti yang ditunjuk pada panah.

change your server's location

6. Kemudian, Anda bisa memilih server yang Anda inginkan. VPN menyediakan 3 versi yaitu, World Cup (karena saat ini sedang booming Piala Dunia. Jika Anda ingin menonton bola dengan mendapati koneksi yang lebih cepat maka Anda bisa gunakan pilihan ini.), Faster Server (berisi pilihan server yang mendukung kecepetan akses), dan Free (server gratis).

choose location based country

7. Untuk menguji koneksi VPN Master, disini saya akan membuka situs Tumblr melalui Chrome. Halaman Tumblr sekarang bisa saya akses.

 

open browser and access blocked site

8. Berikut ini tampilan running VPN Master pada notification bar.

vpn master in status bar

2. Menggunakan SuperVPN Free VPN Client

Berikut ini langkah-langkah menggunakan SuperVPN.

1. Instal SuperVPN pada Android Anda terlebih dahulu.

cara menggunakan vpn

2. Buka aplikasi SuperVPN Anda.

opening supervpn3. Setelah itu, klik tombol Continue pada halaman seperti gambar berikut ini.

click continue

4. Klik Set Now pada pop-up yang muncul untuk mengatur Disable battery optimization.

cara menggunakan vpn di android

5. Klik Connect seperti yang ditunjuk panah pada gambar di bawah ini untuk menghubungkan ke server yang telah disediakan oleh SuperVPN.

click connect

6. Setelah mengklik perintah Connect, klik OK untuk Connection request pada pop-up seperti gambar berikut ini. Setelah ini, Anda telah berhasil terkoneksi dengan server SuperVPN.

click OK to connection request

7. Jika VPN telah aktif pada Android Anda akan muncul ikon kunci di status bar dan ikon aplikasi SuperVPN seperti yang ditunjuk pada gambar di bawah ini. Tampilan di bawah ini adalah pengujian dengan membuka situs Tumblr yang telah diblokir. Akhirnya, kita berhasil mengaksesnya dengan mendapati koneksi dari SuperVPN.

test access tumblr in chrome

8. Berikut ini adalah tampilan notification bar yang menyatakan bahwa Android Anda telah terkoneksi dengan server SuperVPN.

see notification of connecting vpn in status bar

3. Menggunakan Secure VPN by Signal Lab

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Secure VPN.

1. Pastikan aplikasi Secure VPN telah terinstal di Android Anda. Di bawah ini adalah tampilan Secure VPN pada Google Play Store.

secure vpn on googleplay2. Buka aplikasi Secure VPN. Kemudian, klik tombol Accept untuk menyetujui Term of Service.

accepting term of service

4. Lalu, tunggu sebentar aplikasi Secure VPN untuk menyiapkan koneksi.

preparing connection

5. Lalu, Anda akan menjumpai halaman seperti pada gambar di bawah ini. Klik tombol CONNECT untuk menghubungan Android ke server yang telah disediakan aplikasi Secure VPN secara otomatis. Anda juga dapat memilih secara manual lokasi server yang Anda inginkan dengan menekan tombol lampu seperti yang ditunjuk oleh tanda panah.

click connect's button

6. Berikut ini tampilan jika Anda mengklik tombol lampu untuk memilih lokasi server yang Anda inginkan.

choose country of server which you want to use

7. Tampilan seperti di bawah ini akan muncul jika Anda langsung mengklik tombol CONNECT pada langkah ke-5. Aplikasi akan otomatis memilihkan pilihan server tercepat dan terdekat untuk Anda dengan fitur auto select.

Pada halaman ini, Android Anda telah berhasil dikoneksikan ke server oleh Secure VPN.

you have connected

8. Anda bisa langsung berselancar dengan browser Anda. Di bawah ini adalah contoh tampilan notification bar dari Secure VPN yang menyatakan bahwa Anda telah terkoneksi ke server VPN.

connected of secure vpn on notification bar

Sekian paparan mengenai langkah-langkah cara menggunakan VPN di android Anda. Cara-cara tersebut bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan VPN Anda. Adapun masing-masing aplikasi di atas bisa Anda gunakan, tergantung keinginan Anda. Silakan beri tanggapan Anda di kolom komentar di bawah. Terima kasih.

2 Comments

  1. Iwin

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend