Cara Membuka / Mengakses Whatsapp, Instagram, Facebook Dll yang Diblokir Pemerintah

Beberapa hari yang lalu, tepatnya kemarin banyak netizen komplain dan resah dengan tidak bisanya mereka mengakses beberapa sosial media, seperti Facebook, Instagram bahkan aplikasi chattingan yang paling sering mereka gunakan: Whatsapp.

Fenomena ini sampai-sampai menjadi salah satu trending topic (#instagramdown dan #whatsappdown) di Twitter, hal inilah yang membuat pemerintahan langsung angkat bicara bahwa mereka memang sengaja melakukannya.

Melalui Menkopolhukam, pemerintah memutuskan untuk membatasi akses warganya di sosial media termasuk Whatsapp untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyebaran hoax dan provokasi.

Namun tenang saja, kali ini Nesabamedia akan membagikan tutorial untuk cara mengakses / menggunakan Whatsapp (agar bisa kirim chat, upload dan download file / gambar seperti biasa) dan sosial media lainnya yang diblokir oleh pemerintah:

1. Pertama-tama buka aplikasi Playstore pada HP anda. Kemudia ketikkan 1.1.1.1 pada kolom pencarian. Pilih 1.1.1.1 : Faster & Safer Internet.

Akses WA diblokir 1

2. Setelah itu klik Install dan tunggu beberapa menit sampai aplikasi tersebut terinstall di HP Anda.

Akses WA diblokir 2

3. Silakan buka aplikasi 1.1.1.1 yang kurang lebih tampilannya seperti gambar dibawah ini. Klik tombol ON untuk mengaktifkan VPN pada HP anda.

Akses WA diblokir 3

4. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih saja OK.

Akses WA diblokir 4

5. Taddah, status sudah menjadi “Connected” dan sekarang anda dapat menggunakan kembali Whatsapp, Instagram atau Facebook seperti biasanya.

Akses WA diblokir 5

Keputusan pemerintah untuk memblokir beberapa sosial media, termasuk Whatsapp, Instagram atau Facebook memiliki tujuan yang baik, untuk meredam penyebaran hoax dan provokasi yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang membuat kondisi semakin memburuk.

Dampaknya, orang-orang yang biasa bergantung pada aplikasi-aplikasi tersebut (entah itu untuk menghubungi kerabat, berjualan dll) juga kena imbasnya. Oh ya, gunakan aplikasi VPN diatas sebijak mungkin dan jangan menggunakannya untuk hal-hal negatif. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend