• Our Partners:

Apa Itu NET Framework? Mengenal Pengertian NET Framework

Sewaktu-waktu, saat sedang menjalankan prosedur instalasi sebuah software, barangkali anda pernah diminta untuk menginstall NET Framework terlebih dahulu. Biasanya, ada keterangan mengenai versi NET Framework yang harus diinstall.

Di dalam sistem operasi Windows yang anda gunakan, mungkin sudah ada NET Framework. Jika software yang anda install didukung oleh versi NET Framework tersebut, maka instalasi bisa dilanjutkan hingga selesai.

Tapi, jika software yang dimaksud menuntut versi NET Framework yang lebih tinggi, maka NET Framework yang diminta harus anda install sehingga nantinya akan ada beberapa versi NET Framework di dalam Windows.

Mengenal Apa Itu NET Framework

Mengenal Apa Itu Net Framework

NET Framework adalah platform yang disediakan Microsoft untuk mengembangkan dan menjalankan berbagai software berbasis .NET di dalam sistem operasi Windows.

Bagi developer, NET Framework yang memuat ribuan kode memungkinkan mereka untuk mengembangkan software tanpa harus menulis seluruh kode dari nol. Developer bisa membuat software dengan menggunakan bahasa pemrograman pilihan masing-masing, misalnya C#, dan memanfaatkan platform .NET agar software bisa dijalankan di sistem operasi yang didalamnya terinstall NET Framework.

Bagi pengguna, NET Framework berfungsi untuk menyediakan runtime, yaitu Common Language Runtime (CLR), yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan software yang dikembangkan dengan menggunakan platform buatan Microsoft tersebut.

Tak jarang, ada lebih dari satu versi NET Framework di dalam sebuah sistem operasi Windows, tapi kehadiran semua versi tersebut tidak berpengaruh terhadap kecepatan sistem. Yang terkena dampaknya adalah kapasitas hard disk. Makin banyak versi yang terinstall, makin besar kapasitas hard disk yang tersita. Celah keamanan juga makin lebar, tapi masalah ini bisa diatasi dengan update Windows secara rutin.

Mengenal Apa Itu Net Framework

Anda mungkin merasa tidak pernah menginstall NET Framework, tapi ketika anda cek ternyata ada beberapa versi NET Framework yang sudah terinstall. Mengapa situasi ini bisa terjadi? Pada dasarnya, NET Framework masuk ke dalam sistem operasi melalui dua cara:

  • NET Framework sudah menjadi bagian dari sistem operasi yang anda install.
  • NET Framework diinstall oleh sejumlah software pihak ketiga. Biasanya muncul permintaan untuk mengkonfirmasi pengunduhan dan instalasi NET Framework, tapi banyak pengguna yang kurang cermat dalam menginstall software (misalnya, menekan tombol “Next” tanpa membaca keterangan yang tercantum).

Sebenarnya, anda tidak perlu menginstall beberapa versi NET Framework karena platform ini dilengkapi dengan fitur backward compatibility. Artinya, NET Framework versi baru juga bisa digunakan untuk menjalankan software yang dulunya dikembangkan dengan NET Framework versi lama.

Tetapi, ada sejumlah developer yang memasukkan perintah untuk mengecek NET Framework versi spesifik untuk memastikan bahwa versi tersebut sudah terinstall. Inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian software tetap menuntut NET Framework versi lama sekalipun NET Framework versi baru sudah terinstall.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend