3 Cara Cek Kapasitas Hardisk di Laptop dengan Mudah, Yuk Dicek!

Pada artikel ini saya akan membagikan informasi penting bagaimana Cara Melihat kapasitas Hardisk di Laptop atau Komputer.

Laptop atau komputer bukanlah hal yang asing lagi bagi sebagian besar manusia di dunia. Hampir setiap manusia memiliki laptop untuk kebutuhan sehari-harinya, baik itu sebagai alat untu mengerjakan tugas, bermain game, internetan, dan lain-lain.

Dalam kepemilikan sebuah komputer atau laptop, tentunya kita harus mengetahui seberapa kemampuan komputer atau laptop yang kita miliki. Tidak terkecuali dengan sebuah sistem kapasitasnya yang terdiri dari Memori (RAM), Processor, dan Hardisk.

Nah, kali ini saya akan hanya membahas tentang bagaimana cara cek kapasitas hardisk di laptop atau komputer.

Cara Cek Kapasitas Hardisk di Laptop

Mengetahui kapasitas hardisk komputer atau laptop sangatlah penting. Perlu diketahui Hardisk adalah media untuk penyimpanan data pada komputer secara permanen seperti sistem operasi, file, musik, video, gambar, dll.

Cara untuk cek dan mengetahui kapasitas hardisk kamu sangatlah penting. Dan untuk mengetahuinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Ingin tahu cara apa saja? Nah berikut ini ada 3 cara untuk mengetahui kapasitas hardisk laptop kamu. Baik itu dengan cara menggunakan software aplikasi tambahan ataupun tidak.

1. Cek Kapasitas Hardisk dari Disk Management

Disk Management adalah aplikasi dasar Windows yang ada di semua versi Windows, dari sebelum Windows 7, Windows 8 sampai Windows 10.

1. Pertama, tekan tombol Windows + R di keyboard laptop ataupun komputer kamu.

2. Kemudian ketikkan diskmgmt.msc lalu klik Ok atau tekan Enter. Lihat contoh pada gambar. cara cek kapasitas hardisk lewat disk management

3. Kemudian jendela Disk Management akan muncul dan kamu bisa lihat kapasitas hardisk kamu. Perhatikan di Disk 0, itu adalah hardisk kamu dan kamu bisa lihat kapasitasnya. Lihat contoh pada gambar. Cara Cek Kapasitas Hardisk di Laptop

4. Untuk lebih detail mengenai kapasitas hardisk kamu, kamu bisa klik kanan di Disk 0 kemudian pilih Lihat contoh pada gambar. pilih menu properties

5. Kemudian pilih Volumes, seperti contoh pada gambar. Cara Cek Kapasitas Hardisk di Laptop Windows

2. Cek Kapasitas Hardisk Dari Sistem Informasi

1. Pertama, tekan tombol Windows + R di keyboard laptop ataupun komputer kamu.

2. Kemudian ketikkan msinfo32 lalu klik Ok atau tekan Enter. Lihat contoh pada gambar. cara cek kapasitas hardis dari sistem informasi

3. Kemudian jendela Sistem Informasi akan muncul.

4. Kemudian klik Kategory Components lalu pilih sub kategori Storage, seperti contoh pada gambar. klik sub kategori storage

5. Di sub kategori Storage, kemudian klik Disk. Seperti contoh pada gambar. Cara Melihat Kapasitas Hardisk di Laptop

6. Dan disitu kamu akan melihat kapasitas dari hardisk kamu.

3. Cek Kapasitas Hardisk Dari Aplikasi Speccy

1. Pertama, jika kamu belum memiliki aplikasi Speccy, kamu harus mengunduh aplikasi Speccy terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduh aplikasi speccy disini.

2. Setelah kamu selesai mengunduh aplikasi Speccy, kamu bisa jalankan aplikasi tersebut.

3. Nah, jika aplikasi speccy tersebut sudah kamu jalankan, kemudian klik menu Storage untuk melihat kapasitas hardisk kamu. Seperti contoh pada gambar. cek kapasitas hardisk lewat Speccy

4. Maka setelahnya kamu bisa melihat kapasitas hardisk kamu. Seperti contoh pada gambar.

Cara Mengetahui Kapasitas Hardisk di Laptop

Penutup

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara cek kapasitas hardisk di laptop atau komputer. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mencek dan mengetahui kapasitas hardisk di laptop atau komputer kamu.

Dengan 3 cara diatas, saya harap bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi cara untuk mengecek kapasitas harddisk yang dipakai secara lengkap. Jika kamu rasa hardisk kamu sudah hampir penuh ada baiknya kamu meng-uninstal aplikasi atau software yang jarang kamu gunakan. Selamat Mencoba dan terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend