Download Speccy 1.32.740

Download Speccy Terbaru Developer: Piriform
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 6.6MB


Download Speccy – Speccy memudahkan siapa saja, terutama teknisi komputer, untuk melihat spesifikasi sebuah komputer secara terperinci. Berbeda halnya dengan fitur bawaan Windows yang menampilkan informasi sistem dalam format laporan yang terkesan apa adanya, Speccy menyajikan informasi tersebut sedemikian rupa sehingga menjadi lebih nyaman dibaca dan mudah dicerna.

Speccy dikembangkan oleh developer software yang juga membuat CCleaner, yaitu Piriform. Di laman resminya tersedia versi profesional dan gratis namun perbedaan di antara keduanya tidak begitu jauh.

Dari segi fitur, perbedaannya terletak pada fitur auto update yang hanya bisa ditemui pada versi profesional, sedangkan selebihnya tidak lebih dari sekedar layanan purna jual berupa premium support.

Fitur dan Kegunaan Speccy

Download Speccy Terbaru

Tampilan Speccy

Tampilan Speccy hanya terdiri dari dua panel. Panel yang pertama menampilkan nama hardware, sedangkan panel kedua menyajikan informasi untuk masing-masing hardware. Latar belakangnya agak gelap dengan warna teks yang berbeda-beda untuk mempermudah pengguna dalam menelusuri informasi sistem yang berhasil dikumpulkan oleh Speccy.

Selain dari segi tampilan, faktor lain yang membuat Speccy lebih unggul daripada fitur System Information milik Windows adalah kedalaman informasinya yang juga mencakup suhu dan status kesehatan hardware. Dalam hal ini pengguna bisa melihat suhu CPU, motherboard dan hardisk. Secara default suhu dinyatakan dalam Celcius tapi bisa dirubah ke Fahrenheit jika dirasa perlu. Khusus untuk hardisk, tersedia pula informasi mengenai status kesehatannya.

Suhu hardware juga dapat ditampilkan di system tray. Fitur ini perlu diaktifkan terlebih dulu melalui menu Options dimana pengguna bisa memilih satu komponen hardware yang hendak ditampilkan suhunya. Setelah fitur ini diaktifkan akan muncul sebuah icon kecil dengan angka yang menunjukkan suhu hardware di area system tray.

Fitur lain yang sekiranya perlu diaktifkan adalah Display metrics in tray tooltip. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan suhu motherboard, CPU dan hardisk ketika panah mouse diarahkan dan diletakkan pada icon suhu yang ada di system tray. Solusi lain yang bisa ditempuh adalah dengan menginstall Core Temp untuk menampilkan suhu CPU dan mengatur Speccy untuk menampilkan suhu motherboard atau hardisk. Dengan demikian pengguna bisa melihat suhu dua komponen hardware sekaligus secara langsung di system tray.

Download Speccy Terbaru

Fitur yang terakhir adalah fitur untuk menyimpan informasi sistem yang berhasil dihimpun oleh Speccy. Informasi tersebut dapat langsung diprint atau disimpan dalam format .txt atau .xml.

Selain itu, tersedia pula opsi Publish Snapshot untuk mempublikasikan informasi secara online dalam bentuk halaman web yang bisa diakses oleh siapapun yang mengetahui URL-nya. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk membagikan spesifikasi sebuah komputer dengan pihak lain hanya dengan memberitahukan URL halaman web yang dibuat oleh Speccy.

Jika ditinjau dari informasi yang ditampilkan, software sejenis lainnya yang juga gratis seperti HWiINFO mampu menyajikan informasi yang lebih mendetail daripada Speccy. Akan tetapi, keunggulan Speccy yang sulit ditandingi adalah desain user interface yang membuat informasinya lebih mudah untuk ditelusuri.

Sending
User Review
5 (2 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend