Download IObit Smart Defrag 6.3.5.189

Download IObit Smart Defrag Terbaru Developer: IObit Lab
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 15MB


Editor's Pick AwardIObit Smart Defrag sudah lama dikenal sebagai software yang berfungsi untuk melakukan defragmentasi hardisk. Dikatakan smart karena cara kerjanya yang berbeda dengan sejumlah software sejenis lainnya.

IObit tidak hanya menganalisa isi hardisk lalu melakukan defragmentasi begitu saja. Metode defragmentasi yang digunakannya juga didasarkan pada seberapa sering sebuah file diakses. Makin sering diakses, makin tinggi pula prioritasnya di dalam proses defragmentasi.

IObit Smart Defrag dapat digunakan pada sistem operasi Windows XP hingga Windows 10. Proses instalasinya mudah tapi didalamnya terselip tawaran untuk menginstall software IObit lainnya dan untuk mengikuti newsletter IObit. Jika anda tidak menginginkan keduanya, pastikan untuk mengawasi setiap layar yang muncul agar tidak salah klik.

Fitur IObit Smart Defrag

Fitur IObit Smart Defrag

IObit Smart Defrag memiliki layar utama yang didominasi oleh beberapa tombol besar yang merepresentasikan partisi hardisk, Windows apps, dan file serta folder yang ditambahkan oleh pengguna. Tampilan ini memungkinkan pengguna untuk langsung memilih area yang ingin didefrag.

Tersedia pula sejumlah metode defragmentasi yang bisa disesuaikan menurut kebutuhan. Pengguna dapat memilih metode defragmentasi yang paling cepat, memilih untuk melakukan defragmentasi dan optimasi sekaligus, defrag pada saat booting, atau hanya menganalisa hardisk untuk mengetahui seberapa jauh tingkat fragmentasi yang sudah terjadi. Kelebihan lain dari IObit Smart Defrag diantaranya adalah:

A. Auto Analyze

Auto Analyze

Pilihan lain yang mungkin ingin anda ubah adalah Auto Analyze. Fitur ini berfungsi untuk menganalisa kondisi hardisk yang dilakukan secara otomatis setelah komputer tidak digunakan lebih dari 5 menit. Waktu idle ini bisa dirubah jika dirasa terlalu singkat. Auto Analyze juga bisa diatur untuk berhenti secara otomatis ketika pemakaian resource melebihi kapasitas tertentu.

B. Defragmentasi

Jika anda sangat sering menambah dan menghapus file yang ada di dalam folder tertentu, anda bisa memilih untuk melakukan defragmentasi hanya pada folder tersebut untuk mempersingkat waktu.

Banyaknya file yang dihapus tentunya akan meninggalkan sektor-sektor kosong pada hardisk yang membuat file-file lainnya menjadi sedikit lambat ketika diakses. Dengan melakukan defragmentasi, sektor-sektor tersebut akan ditempati oleh sektor-sektor yang memuat data untuk mengoptimalkan kecepatan akses.

C. Scheduled Defrag

Scheduled Defrag

Defragmentasi juga bisa dijalankan secara otomatis dengan memanfaatkan fitur Scheduled Defrag. Pilihan yang tersedia adalah defragmentasi rutin setiap hari, minggu dan bulan pada waktu tertentu. Sedangkan untuk file-file yang tidak bisa didefrag pada saat Windows berjalan, solusinya adalah fitur Boot Time Defrag untuk melakukan defragmentasi secara otomatis setiap kali booting.

D. Auto Startup

Secara default IObit Smart Defrag akan dijalankan secara otomatis ketika Windows direstart atau saat komputer dinyalakan. Perilaku default ini bisa dirubah melalui jendela Settings jika anda ingin menjalankan IObit hanya pada saat benar-benar dibutuhkan.

Download IObit Smart Defrag

Sebagai penutup, IObit Smart Defrag menawarkan kemampuan defragmentasi yang lebih handal dan fleksibel daripada fitur defragmentasi milik Windows. Jika anda sering melakukan defragmentasi, di dalam jendela Settings IObit Smart Defrag tersedia pilihan untuk menggunakannya sebagai pengganti fitur defragmentasi bawaan Windows. Download IObit Smart Defrag terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Overall
5
  • Easy to Use
  • Functionality
  • Features
  • Quick To Setup

Summary

IObit Smart Defrag merupakan software yang cukup diandalkan dalam proses defragmentasi dengan dibekali beberapa fitur seperti Auto Analyze, Auto Defrag, Scheduled Defrag dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Send this to a friend