Cara Mengatasi Booting Lama pada Windows 10 yang Terbukti Berhasil (Pengalaman Pribadi)

Beberapa hari yang lalu saya dipusingkan dengan proses booting yang sangat lama pada windows 10. Awalnya saya menggunakan sistem operasi windows 8.1, dan baru-baru ini saja yang menggunakan windows 10, padahal kenal windows 10 sudah dua tahun yang lalu.

Alasan utama saya upgrade ke windows 10 adalah karena saya baru saja upgrade RAM laptop saya dari 2 GB menjadi 8 GB (2 x 4 GB) dan windows saya dulu masih menggunakan windows 8.1 32 bit. Untuk hasil yang maksimal dan kapasitas RAM terbaca semua, saya harus menginstall sistem operasi 64 bit, dan saya putuskan untuk menginstall windows 10.

Proses instalasi sama sekali tidak ada masalah, dan beberapa menit kemudian, sistem operasi windows 10 profesional 64 bit tertanam pada si Lenovo tersayang (sebutan khusus laptop saya :D). Mulailah saya menginstall driver, antivirus dan beberapa program yang biasa saya butuhkan.

Masalah terjadi ketika saya menghidupkan laptop saya, yakni proses booting yang begitu lama, ya sangat lama sekali, kalau diadu dengan windows XP, saya rasa bakalan menang windows XP. Usai muncul logo windows, saya menunggu sampai beberapa menit, baru muncul login screennya. Lah ini kenapa ya? Program yang berjalan di startup juga sedikit, atau memang laptop saya yang lemot? Tentu saja tidak, sebelum upgrade RAM, ketika saya menggunakan windows 8.1, proses booting hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Berbagai cara sudah saya lakukan, salah satunya meminimalisir program yang berjalan di startup dan hasilnya nihil. Nah, terus bagaimana cara mengatasi booting lama di windows 10? Cara yang saya gunakan adalah dengan mematikan fitur Fast Startup yang langkah-langkahnya bisa anda simak dibawah ini:

1. Pertama-tama klik kanan terlebih dahulu ikon baterai yang terletak di samping kanan bawah, kemudian pilih Power Options.

klik kanan ikon baterai kemudian pilih Power Options

2. Pada jendela Power Options, pilih Choose what the power button does.

cara atasi booting lama di windows 10

3. Pada menu Shutdown settings, anda akan melihat tulisan Turn on fast startup (recommended) yang tercentang. Nah fitur inilah yang menjadi salah satu penyebab proses booting menjadi lama, maka dari itu anda perlu disable fitur ini. Untuk melakukannya, klik Change settings that are currently unavailable.

cara mempercepat booting di windows 10

4. Kemudian hilangkan centang pada Turn on fast startup (recommended), lalu pilih Save changes untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan.

pilih save changes untuk menyimpan perubahan

Untuk mencoba hasilnya, silakan shutdown PC/ laptop anda kemudian hidupkan kembali. Proses booting yang awalnya sangat lama akan menjadi cepat, hanya beberapa detik saja.

Semoga dengan cara diatas, permasalahan booting lama di windows 10 anda tidak kembali terjadi. Selamat mencoba!

Ada pertanyaan atau komentar?