Cara Mengganti Suara Windows dengan Suara Rekaman Sendiri

Kita yang sehari – harinya bekerja atau belajar menggunakan laptop / komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan suara windows yang dikeluarkan. Misalnya, ketika suara ketika start windows, Shutdown, atau suara aplikasi yang lainnya. Pasti kita sudah hafal nada atau suara dari windows tersebut. Tapi, mungkin saja kita pernah merasa bosan dengan suara-suara default windows tersebut.

Tapi ternyata ada cara untuk mengatasi kebosanan kita dengan suara – suara tersebut. Kita bisa menggantinya dengan suara kita sendiri yang direkam atau dapat juga menggunakan lagu yang kita sukai. Jadi ketika kita membuka windows maka lagu atau suara pilihan kita menjadi suara yang menggantikan suara default windows tersebut.

Suara yang digunakan sebagai pengganti suara default windows, harus mempunyai format wav, jika suara kita belum wav harus mengkonfersinya dulu ke wav. Banyak konversi online yang disediakan oleh Google. Jika sudah mengkonversinya, lalu apa yang harus kita lakukan?

Cara Mengganti Suara Windows dengan Suara Rekaman Sendiri

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya mengganti suara windows dengan suara rekaman kita sendiri dengan sangat mudah. Kita tidak perlu mendownload aplikasi tambahan apapun di laptop / komputer kita. Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini ya.

1. Silahkan anda rekam suara anda atau suara apapun, tapi ingat durasi suara hanya 3 – 5 detik saja. Kemudian, silahkan anda simpan dengan format .wav . Jika format anda .mp3, silahkan anda ubah terlebih dahulu. Karen dengan format .wav ukuran suara menjadi lebih kecil.

2. Kemudian, silahkan anda buka file explorer pada direktori “C:\window\media” dan simpan hasil rekaman suara anda tadi disini. Seperti pada gambar dibawah ini.

file explorer

3. Kemudian, silahkan anda buka Control panel. Seperti pada gambar dibawah ini.

control panel

4. Kemudian, silahkan anda klik “Hardware and Sound”. Seperti pada gambar dibawah ini.

hardware anda sound

5. Kemudian, silahkan anda klik “Sound”. Seperti pada gambar dibawah ini.

sound

6. Kemudian, pada jendela yang muncul, silahkan anda klik “Sound” pada menu bar diatas. Seperti pada gambar dibawah ini.

sound

7. Kemudian, silahkan anda klik “Save As” untuk membuat sound scheme baru dan supaya sound scheme yang lama tidak terganggu. Seperti pada gambar dibawah ini.

save as

8. Kemudian, pada jendela baru yang muncul, silahkan anda ketikkan nama scheme yang anda inginkan. Kemudian, silahkan anda klik “Ok”. Seperti pada gambar dibawah ini.

scheme baru

9. Kemudian, silahkan anda pilih, suara apa yang ingin anda ganti. Misalnya, suara windows logon ingin kita ganti. Setelah anda pilih, silahkan anda klik “Browse”. Seperti pada gambar dibawah ini.

pilih suara

10. Kemudian, silahkan anda pilih suara rekaman anda tadi. Kemudian, silahkan klik “Open”. Seperti pada gambar dibawah ini.

open

11. Kemudian, silahkan anda klik “Apply”. Seperti pada gambar dibawah ini.

apply

12. Selesai. Sekarang suara pada windows yang anda edit sudah menjadi suara anda.

Nah, bagaimana? Caranya cukup mudah dan sangat sederhana kan? Sekarang kita bisa mengganti atau mengubah suara yang ada di windows dengan suara rekaman kita sendiri atau lagu yang kita sukai. Jadi, kita tidak akan sering merasa bosan, karena kita akan mendengar suara kita sendiri atau lagu favorit kita.

Itulah bagaimana Cara Mengganti Suara Windows dengan Suara Rekaman Sendiri dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana Cara Mengganti Suara Windows dengan Suara Rekaman Sendiri dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend