3 Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Sangat Mudah, Sudah Tahu?

Biasanya ketika kita menonton film di laptop akan membuat kita kurang puas saat melihatnya. Apakah kamu merasakan hal yang sama ? jika iya, itu dikarenakan layar laptop yang hanya memiliki ukuran layar 14 inch terlalu kecil untuk kita menonton film. Nah, maka dari itu kita perlu layar yang lebih besar untuk kita bisa nyaman saat menonton film.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menyambungkan laptop ke televisi. Ukuran televisi sangat ideal untuk kita menonton film, terlebih lagi pada saat sekarang ini banyak televisi yang memiliki layar yang lebar untuk memanjakan penggunanya saat menonton.

Selain untuk menonton film, kamu juga dapat melakukan presentasi dengan cara menyambungkan laptop ke televisi. Televise tersebut dapat berfungsi sebagai pengganti layar proyektor, apalagi jika televisi tersebut memiliki layar yang sangat lebar. Maka audiens akan semakin jelas ketika melihatnya.

3 Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Nah, tapi kamu tau tidak cara menyambungkan laptop ke televisi ? jika tidak, maka kamu dapat melakukan 3 cara menyambungkan laptop ke TV dibawah ini :

1. Menyambungkan Laptop ke Televisi Menggunakan Kabel VGA

vga

Image : tokopedia

Salah satu cara untuk menghubungkan lapto pke televisi yaitu dengan menggunakan kabel VGA. Kabel VGA ini dapat kamu gunakan pada televisi yang sudah tua seperti pada televisi yang sudah tua yang tidak memiliki port HDMI. Seperti pada televise yang masih menggunakan tabung.

Kamu harus membeli kabel VGA sendiri jika kamu ingin menyambungkan laptop kamu ke televisi. Kekurangan dari menggunakan kabel VGA ini hanua bisa menyalurkan dambar dari laptop ke televisi tanpa adanya audio.

Biasanya jika kamu menggunakan kabel VGA untuk menyambungkannya ke televisi, maka gambar akan langsung tampil otomatis di layar Televisi. Tetapi jika tampil, maka kamu harus melakukan setting secara manual.

Baca Juga: Cara Membalas SMS Otomatis di Android dengan Mudah

Nah, untuk melakukan setting secara manual agar dapat menampilkan gambar pada televisi, kamu harus melakukan langkah-langkah berikut :

  • Pertama kamu harus menyalakan laptop dan televisi yang akan kamu sambungkan.
  • Yang kedua kamu harus sambungkan kabel VGA dari laptop tersebut ke televisi melalui port VGA yang ada di bagian belakang televisi.
  • Dan gambar pun akan tampil di layar televisi.

Jika gambar tak kunjung tampil, maka kamu harus melakukan setting secara manual dengan cara :

  • Masuk ke menu Control Panel.
  • Lalu klik Display.
  • Selanjutnya klik lagi Adjust Resolution.
  • Dan yang terakhir kamu harus memastikan memilih TV pada Display Drop Down Box.

Perlu diingatkan kembali, menggunakan kabel VGA hanya menampilkan gambar saja, jika kamu ingin menyambungkan suaranya juga kamu harus menggunakan kabel audio sebagai tambahannya.

2. Menyambungkan Laptop ke Televisi Menggunakan Kabel HDMI

hdmi

Image : simply nuc

Fitur HDMI saat sekarang ini telah hadir di sebagian besar televisi LCD maupun LED. Tetapi, sedikit orang yang mengetahuitentang manfaat dan fungsi dari port HDMI yang tersematkan di Televisi ini. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui apa fungsi dari fitur HDMI ini, fitur tersebut memungkinkan kamu untuk menghubungkan laptop ke televisi. Port HDMI biasanya terletak di samping dan di belakang dari televisi. Dengan bantuan fitur HDMI pada televisi di jaman sekarang ini memudahkan kita untuk menyambungkanlaptop ke televisi tanpa ribet.

Cara menyambungkannya juga cukup mudah, kamu dapat memasang kabel HDMI tersebut dari bagian belakang dan kemudian disambungkan ke port HDMI yang ada di samping laptop. Dan disarankan untuk kamu menggunakan kabel yang panjang dan sesuai dengan panjang jarak Televisi ke laptop kamu.

Baca Juga: 3 Cara Unreg Kartu Smartfren yang Telah Diregistrasi

Manfaat lainnya dengan kamu menguhubungkan laptop ke televisi menggunakan HDMI yaitu, kualitas gambar yang dihasilkan yang paling terbaik yakni berkualitas HD. Dan cara ini juga merupakan cara yang paling mudah. Dengan HDMI juga dapat menangani file di laptop kamu dalam bentuk video maupun audio. Jika kamu masih bingung bagaimana cara untuk menyambungkan laptop ke televisi, kamu dapat menggunakan langkah-langkah seperti di bawah ini :

  • Pertama kamu harus memastikan bahwa Windows yang ada di laptop kamu sudah up to date.
  • Yang kedua, kamu harus menyalakan laptop dan televise yang akan kamu sambungkan.
  • Setelah itu kamu harus menyambungkan kabel HDMI yang dari laptop kamu ke port HDMI yang ada di bagian belakang televisi kamu.
  • Dan yang terakhir, kamu harus memilih input HDMI yang benar pada televisi kamu. Dan biasanya kamu harus melakukan dengan mengklik tombol AV.

Sebagai catatan, jika laptop kamu tidak langsung menghadirkan tampilan layar pada televise secara otomatis, maka kamu harus melakukan setting secara manual. Caranya cukup mudah kok yaitu dengan cara :

  • Pertama kamu harus masuk ke menu Control Panel.
  • Lalu kamu harus memasuki menu Display.
  • Selanjutnya kamu klik kembali menu Adjust Resolution.
  • Dan yang terakhir, kamu harus memilih TV pada Display drop down box.

Itulah cara yang umum untuk kamu menyambungkan laptop ke televisi menggunakan kabel HDMI.

3. Menyambungkan Laptop ke Televisi Tanpa Menggunakan Kabel

chromecast

Image : PCmag.com

Kamu pasti bingung bagaimana menyambungkan laptop ke televisi tanpa menggunakan kabel, iya kan ? tetapi hal ini memang terbukti ada. Kamu dapat mengandalkan Chromecast. Karena dengan menggunakan Chromecast, kamu bisa menyambungkan laptop ke televisi secara wireless.

Chromecast ini merupakan alat yang diluncurkan Google yang berguna untuk menonton video melalui televisi. Cara yang diusung yaitu tanpa menggunakan kabel, terbukti cara ini cukup praktis dan efisien.

Karena kamu hanya memerlukan laptop dengan system operasi Windows atau Mc untuk dapat menjadi remote control pada televisi kamu. Selain dapat digunakan melalui laptop, kamu juga dapat menayangkan video menggunakan Chromecast dengan bantuan smartphone, tablet, ipad yang pastinya sudah berbasis Android maupun IOS.

Lalu, bagaimana caranya menggunakan Chromecast tersebut ? begini caranya :

  • Kabel pada Chromecast dilengkapi dengan kabel ekstensi HDMI yang terbilang pendek. Kabel tersebut nantinya akan kamu gunakan sesuai dengan lokasi port HDMI pada televisi kamu. Kamu dapat menghubungkan kabel pada Chromecast tersebut ke port HDMI televisi. Dan kemudian kamu dapat menghubungkan ujung lainnya ke port USB yang ada di televise kamu.
  • Selanjutnya kamu harus menyalakan televisi. Apabila televisi tidak mendeteksi adanya Chromecast yang telah terpasang, maka kamu harus mencoba pindahkan ke input yang lebih tepat. Dan gunakan remote control televisi kamu untuk memilih input HDMI yang sesuai dengan Chromecast.
  • Setelah itu kamu dapat mendownload aplikasi Chromecast di PlayStore ataupun App Store. Dan kamu harus menginstallnya. Jika kamu menggunakan laptop, maka kamu dapat mengunjungi halaman dan masuk ke google.com/chromecast/setup.
  • Setelah berhasil masuk maka kamu harus segera mengklik Set-Up untuk dapat menghubungkan ke jaringan WIfi kamu.
  • Pilih Negara tempat kamu berada saat ini.
  • Selanjutnya klik Next.
  • Setelah itu kamu dapat menunggu beberapa menit sampai aplikasi yang ada di perangkat kamu berhasil terhubung ke Chromecast.
  • Dan terakhir kamu harus verifikasi kode yang sama di televisi dan gadget yang kamu gunakan sebagai remote control. Dan kamu dapat mengubah namanya sesuka hati kamu.

Gimana ? Gampang, bukan ? Kamu dapat melakukan ketiga cara di atas jika kamu ingin menyambungkan laptop ke televisi. Semoga artikel cara menyambungkan laptop ke TV ini bermanfaat dan selamat mencoba !

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend