Cara Shutdown / Mematikan Windows Menggunakan Perintah Suara (Lewat Cortana)

Kita mungkin terbiasa mematikan laptop / komputer dengan menekan keyboard atau menekan mouse. Itu adalah cara yang jadul atau cara yang sudah sangat biasa. Jika kita menggunakan cara yang seperti biasa, jika kita terburu – buru ingin pergi kita akan kesulitan pastinya, belum lagi laptop / komputer kita yang lola atau lelet membuat kita jengkel atau sebel.

Namun, ternyata di zaman yang teknologi dan kreatifitasnya yang semakin tinggi. Ada cara lain untuk mematikan laptop / komputer kita tanpa menekan sesuatu apapun di laptop / keyboard kita. Windows mengeluarkan fitur Cortana. Apa itu Cortana? Cortana adalah sebagai pembatu kita di windows, untuk membantu kita menjalankan laptop / komputer kita hanya menggunakan suara.

Namun, Cortana masih bisa dijalankan di Windows 10 saja. Nah, dengan menggunakan cortana kita bisa sesuka hati menyuruhnya untuk melakukan apapun, termasuk mematikan / shutdown pada laptop / komputer ktia. Bagaimana caranya?

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya shutdown / mematikan windows menggunakan perintah suara dengan sangat mudah. Kita tidak perlu aplikasi tambahan apapun. Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini ya.

Cara Shutdown / Mematikan Windows Menggunakan Perintah Suara (Lewat Cortana)

1. Pastikan Cortana anda sudah aktif. Jika belum, segera aktifkan. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara shutdown / mematikan Windows menggunakan perintah suara

2. Kemudian silahkan anda tekan “Logo Windows + R” untuk memunculkan kotak dialog Run. Seperti pada gambar dibawah ini.

keyboard

3. Jika sudah muncul, silahkan anda ketikkan perintah berikut ini:

C:\Users\<username anda>\AppData\RoamingMicrosoft\Windows\Start Menu\Programs

Seperti pada gambar dibawah ini.

run

4. Maka, anda akan dibawa ke halaman folder yang berisi shortcut menu yang dikenali oleh Cortana sebagai aplikasi yang akan ia buka. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara shutdown / mematikan Windows menggunakan perintah suara

5. Kemudian, silahkan anda klik kanan, kemudian klik “New”, kemudian klik “Shortcut”. Seperti pada gambar dibawah ini.

shortcut

6. Kemudian, akan muncul jendela baru untuk membuat shortcut menu tambahan agar Cortana mengenali perintah shutdown. Silahkan anda ketikkan “shutdown.exe -s”. Kemudian, silahkan anda klik “Next”. Seperti pada gambar dibawah ini.

shutdown

7. Kemudian, akan muncul jendela baru lagi. Silahkan anda ketikkan “Shutdown”. Kemudian, silahkan anda klik “Finish”. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara shutdown / mematikan Windows menggunakan perintah suara

8. Selesai. Sekarang anda sudah bisa mematikan / shutdown laptop / komputer anda hanya menggunakan suara anda. Untuk menjalankan perintahnya, silahkan anda ucapkan “Hey, Cortana! Open Shutdown”. Maka laptop / komputer anda akan otomatis shutdown.

Apakah Hanya Shutdown Saja yang Bisa Menggunakan Perintah Suara?

Tentu tidak dong. Anda juga bisa membuatnya untuk Restart dan Log Off. Bagaimana caranya? Caranya sama saja,hanya perintahnya saja yang berbeda.

Untuk Restart, silahkan ketikkan perintah berikut ini:
shutdown.exe -r

Untuk Log off, silahkan ketikkan perintah berikut ini:
shutdown.exe -L

Kemudian, pada langkah selanjutnya, silahkan anda ketikkan sesuai dengan fungsinya masing – masing : “Restart” untuk perintah Restart, dan “Log Off” untuk perintah Log Off.

Nah, bagaimana? Cara diatas cukup mudah dan sedehana untuk dilakukan kan? Sekarang kita tidak perlu menekan tombol keyboard apapun untuk shutdown, restart dan log off. Kita hanya mengeluarkan perintah suara dan laptop / komputer kita akan mati dengan sendirinya. Pekerjaan kita menjadi sangat mudah bukan? Dan laptop / komputer kita akan terlihat keren dan wow pastinya! hehehe

Itulah bagaimana cara shutdown / mematikan Windows menggunakan perintah suara (Lewat Cortana) dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara shutdown / mematikan Windows menggunakan perintah suara (Lewat Cortana) dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih 🙂

3 Comments

Leave a Reply

Send this to a friend