5 Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Ampuh, Dijamin Berhasil!

USB not recognized atau USB tidak dikenali adalah salah satu masalah yang dapat muncul saat komputer berhubungan dengan perangkat USB. Bisa jadi saat Anda ingin mengakses penyimpanan yang ada pada smartphone Anda atau mengakses memori yang membutuhkan sambungan lewat USB.

Tiap perangkat komputer biasanya menyediakan port atau celah atau lubang untuk melakukan transfer data. Nah, hubungan port dengan kabel USB adakalanya tidak berjalan lancar. Beberapa masalah yang mungkin timbul seperti sambungan tidak dikenali, data tidak terbaca, data tidak dapat diakses, dan lain-lain.

Cara Mengatasi USB Not Recognized

Disini saya menggunakan sistem operasi Windows 10 untuk menerapkan cara-cara dalam mengatasi USB not recognized. Berikut ini beberapa cara mengatasi USB not recognized.

1. Mencabut kabel power supply pada komputer

Cara ini merupakan salah satu solusi untuk merestart kembali perangkat keras atau hardware komputer Anda, yaitu motherboard. Perlu diketahui bahwa motherboard merupakan pusat dari semua koneksi hardware yang ada. Mencabut kabel power supply adalah cara mematikan komputer Anda, tidak direstart.

1. Setelah dicabut, Anda diamkan komputer Anda kira-kira 1 menit.

2. Hubungkan kembali kabel power supply dan hidupkan komputer Anda.

3. Saat komputer telah siap beroperasi, coba hubungkan USB Anda pada port yang tersedia.

2. Coba port USB lain

Langkah ini terbilang cukup sederhana. Jika port yang Anda gunakan menyebabkan USB not recognized, Anda dapat mencabut USB Anda dan menghubungkannya ke port lain yang tersedia pada perangkat komputer Anda.

3. Uninstall driver

Berikut ini langkah-langkah uninstall driver USB.

1. Buka File Explorer pada PC/laptop Anda. Klik kanan pada This PC lalu klik opsi Manage.

right click at directory - cara mengatasi USB not recognized

2. Setelah itu, akan terbuka jendela Computer Management. Pilih Device Manager seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar di bawah ini, lalu pilih Universal Serial Bus controllers.

select device manager

3. Selanjutnya, akan muncul 3 pilihan USB, yang banyaknya berdasarkan jumlah port pada perangkat yang Anda gunakan. Biasanya, USB yang tidak dikenali memiliki tanda warning atau berlabel Unknown Device. Klik kanan pada USB tersebut, lalu pilih Uninstall device.

unistall driver - cara mengatasi USB not recognized

4. Setelah itu, klik tombol Uninstall.

click uninstall button

5. Cabut USB, lalu cobalah kembali untuk menghubungkannya ke port USB. Jika terdeteksi, perangkat dapat langsung membuka dan membaca direktori yang dihubungkan oleh USB Anda seperti gambar di bawah ini.

eject and insert usb in port

4. Update driver

Hampir mirip dengan cara sebelumnya, update driver digunakan untuk memperbarui USB device. Berikut ini langkah-langkah melakukan update driver untuk USB Anda.

1. Lakukan seperti cara sebelumnya di atas untuk membuka jendela Computer Management. Pilih Device Manager dan klik opsi Universal Serial Bus controllers untuk menampilkan USB yang tersedia. Double-click pada USB Anda yang tidak dikenali.

select usb - cara mengatasi USB not recognized

2. Setelah itu, terdapat tampilan USB Device Properties seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah ini. Pada tab Driver, klik tombol Update Driver untuk meng-update driver untuk perangkat USB yang tidak dikenali.

click update driver

3. Selanjutnya, pilih opsi Browser my computer for driver software untuk menjelajahi perangkat driver yang terdapat pada komputer Anda.click browse device

4. Pada tampilan berikutnya, pilih opsi Let me pick from a list of available drivers on my computer. Opsi ini akan menampilkan semua driver yang sesuai dan memiliki kesamaan dengan perangkat USB Anda.

select let me pick - cara mengatasi USB not recognized

5. Kemudian, pilih perangkat USB yang tidak dikenali pada kolom Model, lalu klik tombol Next untuk melanjutkan.

select usb and click next

6. Nah, selanjutnya sistem akan menginstal driver untuk perangkat USB Anda. Jika telah ter-update, tampilan akan seperti gambar di bawah ini. Klik tombol Close untuk menutup jendela Update Drivers.

updating and close

Setelah langkah di atas, coba cek kembali ke halaman Device Manager untuk memastikan USB Anda telah dikenali. Atau Anda bisa beralih ke direktori untuk mengecek apakah data yang disalurkan oleh USB tersebut telah dapat terbaca komputer Anda atau belum.

5. Restart PC/Laptop

Melakukan restart komputer merupakan cara untuk menyegarkan kembali operasi yang terjadi pada perangkat Anda agar kembali ke proses awal. Kemungkinan USB Anda dapat dikenali dengan cara ini. Berikut ini cara melakukan restart komputer.

1. Klik menu Windows, lalu pilih opsi Restart.

click windows and select restart

2. Tunggu beberapa saat hingga komputer Anda siap menjalankan operasi. Setelah itu, hubungkan USB yang sebelumnya tidak dikenali.

3. Anda dapat mengecek apakah USB telah dapat dikenali atau belum.

Demikianlah cara-cara di atas yang dapat Anda gunkan untuk mengatasi masalah USB not recognized. Beri tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba tutorial cara mengatasi USB not recognized diatas dan semoga berhasil. Terima kasih.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend