Begini Cara Memainkan Game Klasik Windows XP di Windows 10

Kini, telah banyak permainan atau game yang telah beredar. Perkembangan teknologi membuat kualitas game yang dibuat semakin meningkat, mulai dari audio, visual, dan faktor lainnya. Namun, dengan semakin banyaknya permainan yang ada terkadang membuat kita ingin bernostalgia dengan game klasik pada Windows XP. Sudah bisa ditebak rentang usia Anda jika tiba-tiba rindu untuk memainkan game klasik yang sempat populer pada masanya.

Kabarnya lagi, game-game klasik keluaran Windows XP tersebut ternyata tetap terbenak di kepala anak kelahiran 80 atau 90an. Walaupun sebenarnya jika dibandingkan dengan game pada zaman sekarang akan terlihat sangat ketinggalan zaman, tapi game klasik tersebut malah membuat pemainnya kecanduan.

Namun, selang beberapa tahun sejak kemunculan Windows 7 dan seterusnya, game-game klasik tersebut sudah mulai menghilang dari peredaran. Apalagi ditambah dengan keluaran-keluaran smartphone canggih yang menyediakan sangat banyak permainan, game klasik WIndows XP ini yang mulanya sempat meledak kini bahkan sudah tidak terdengar lagi.

Nah, artikel ini akan membawa Anda ke era di mana game klasik masih menjadi primadona para gamer. Simak penjelasan cara memainkan game klasik Windows XP di Windows 10 berikut ini.

Cara Memainkan Game Klasik Windows XP di Windows 10

Sistem Operasi Windows yang terus meluncurkan versi-versi terbarunya membuat kebanyakan orang tergiur untuk terus mengupdatenya menjadi Windows 10. Bahkan tidak jarang lagi jika keluaran PC atau laptop terbaru kini sudah terinstall sistem operasi Windows 10.

Seiring waktu, Fitur-fitur pun mulai bertambah dan berkurang secara bersamaan. Tentu saja hal ini untuk mengoptimalkan kinerja maupun antarmuka terhadap pengguna. Salah satu hal yang kini telah menghilang yaitu game klasik Windows XP.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara agar Anda dapat memainkan game klasik Windows XP di Windows 10. Yuk simak langkah-langkah cara memainkan game klasik Windows XP di Windows 10 berikut ini.

1. Download permainan game klasik Windows XP dari link berikut ini.

2. Setelah itu silakan ekstrak file ZIP yang telah di-download tersebut dengan cara klik kanan pada file ZIP tersebut > lalu pilih extract files atau extract here.

cara memainkan game klasik Windows XP di Windows 10 - ekstrak permainan

3. Maka akan muncul file-file dengan type aplikasi di mana file tersebut merupakan installer dari game-game klasik Windows XP. Terdapat 5 game yaitu freecell, msheart, sol, spider, dan winmine.

Langkah 3 - game klasik

4. Anda sudah dapat memainkannya langsung dengan cara klik dua kali pada game tersebut. Misalnya Anda ingin main game freecell, maka langsung saja klik dua kali atau double click pada freecell.

cara memainkan game klasik Windows XP di Windows 10

5. Selesai. Maka game akan langsung terbuka dan siap untuk dimainkan.

Langkah 5 - cara memainkan game klasik Windows XP di Windows 10

Dengan cara di atas Anda dapat memainkan game-game klasik Windows XP di Windows 10. Anda juga dapat mendownload game-game klasik keluaran Windows XP lainnya di situs-situs terpercaya lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir terkait size game tersebut karena file dari game tersebut berukuran sangatlah kecil, berbeda dengan kebanyakan game zaman sekarang tentunya.

Untuk memulai memainkannya, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk menginstallnya lagi. Hal ini disebabkan oleh adanya file dengan nama cards.dll dengan type application extention. Di mana file tersebut merupakan library yang membantu mengurangi duplikasi kode yang ada. Oleh sebab itu, jika Anda menghapus file ini maka game tidak dapat dimainkan.

Nah, sudah mulai mengenang masa di mana game klasik Windows XP ini sempat booming bukan? Semoga artikel cara memainkan game klasik Windows XP di Windows 10 ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda untuk mengobati rasa rindu untuk bermain game klasik Windows XP kembali. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru. Selamat bernostalgia dan kecanduan lagi ya!

Leave a Reply

Send this to a friend