10+ Penyebab Kenapa Wifi Lemot yang Wajib Diketahui + Cara Mengatasinya!

Kamu pengguna Wifi aktif ? Wifi memang menjadi hal yang sangat dibutuhkan pada saat ini. Keberadaan selalu dicari-cari oleh setiap orang ketika berada di suatu tempat, seperti café, restaurant, mall, warung kopi bahkan kampus.

Seolah-olah Wifi adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang, terlebih lagi pada generasi millenials. Karena dengan menggunakan WIfi, setiap orang dapat melakukan banyak hal di internet seperti nonton film secara streaming, download film, dan memutar youtube.

Aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang dapat memakan kuota sangat banyak. Sehingga membuat kuotamu cepat abis, maka dari itu dibuatlah Wifi agar kamu dapat menikmati aktivitas yang banyak memakan kuota tersebut dapat teratasi.

Penyebab Kenapa Wifi Lemot

Wifi yang cepat juga menjadi daya tarik untuk mengundang para pengunjung untuk lebih sering mengunjungi sebuah café. Karena dengan nongkrong di café yang memiliki kecepatan Wifi yang sangat cepat, para pengunjung yang ingin mendownload sesuatu atau mengerjakan tugas dapat merasa nyaman.

Tetapi bagaimana dengan tempat yang memiliki masalah Wifi lemot ? hal tersebut pasti membuat kamu sangat jengkel, bukan ? Ternyata Wifi lemot juga memiliki penyebab, jadi kamu jangan langsung menganggap bahwa Wifi tersebut telah habis masa aktif paketnya. Nah, dibawah ini saya akan membahas penyebab kenapa Wifi lemot :

1. Wifi Terlalu Banyak Pengguna

penyebab Wifi lemot

Image : segitiga.blogspot.com

Salah satu penyebab Wifi lemot yaitu karena terlalu banyak pengguna yang memakai Wifi. Karena Wifi bisa digunakan oleh siapapun selama orang tersebut berada dalam jangkauan router.

Apalagi kalau kamu memakai Wifi di tempat umum, yang semua orang bisa menggunakannya. Karena banyaknya pengguna yang memakai Wifi tersebut, kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk mengakses internet dengan lancar.

2. Lupa Mengaktifkan Jaringan Wifi

wifi ponsel

Image : RahariIT

Penyebab Wifi lemot yang kedua yaitu mungkin saja kamu lupa untuk mengaktifkan jaringan Wifi. Karena dari kebanyakan kasus dari penyebab Wifi lemot, mereka lupa untuk mengaktifkan jaringan Wifi di handphone maupun laptopnya.

Nah maka dari itu kamu periksa terlebih dahulu apakah perangkat yang menggunakan Wifi telah mengaktifkan haringan Wifi atau belum.

3. Kabel LAN Terputus

Kabel Lan

Image : Astron komputer

Sudah melakukan beberapa cara diatas tetapi koneksi internet pada Wifi lemot ? mungkin saja kabel LAN pada Wifi kamu terputus. Maka dari itu kamu harus cek terlebih dahulu kabel LAN yang ada pada router Wifi.

Jika penyebabnya bukan kabel LAN yang terputus, bisa saja kamu belum menyambungkan kabel LAN tersebut atau kamu salah menyambungkan kabel LAN untuk Wifi.

Baca Juga: Cara Mengganti Lokasi Download Folder Google Chrome

Jika kamu kurang paham atau tidak bisa menyambungkan kabel LAN tersebut maka sebaiknya kamu harus segera hubungi pihak provider pada Wifi untuk meminta bantuan. Karena jika router Wifi rusak dikarenakan kamu tidak mengerti cara menyambungkan kabel LAN dan membuat router tidak bekerja.

4. Koneksi Pada Wifi Bermasalah

internet bermasalah

Image : blogger mahasiswa informatika

Kamu sudah mengaktifkan jaringan Wifi tetapi koneksi internet tetap melambat ? mungkin saja itu semua dikarenakan koneksi pada Wifi sedang bermasalah. Maka dari itu kamu harus mengecek kecepatan internet terlebih dahulu. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya menyambungkan kabel Ethernet pada laptop kamu.

Dan cobalah untuk online menggunakan kabel Ethernet dan kamu dapat mengecek kecepatan koneksi internet tersebut secara online. jika kecepatan internet masih wajar dan cenderung normal mungkin kamu salah menaruh posisi pada router Wifi.

Sebaliknya jika kamu belum bisa terkoneksi dengan internet mungkin ada permasalahan pada provider penyedia Wifi. Untuk permasalahan pada provider, kamu dapat menelpon pihak providernya.

5. Peletakan Router Wifi yang Terlalu Jauh

penyebab Wifi lemot yang perlu kamu ketahui

Image : arah.com

Kapasitas jangkauan pada Router Wifi memiliki jarak yang tertentu. Maka dari itu jika kamu meletakkan router Wifi terlalu jauh akan besar kemungkinan kamu susah mendapatkan koneksi internet. Jadi, disarankan untuk kamu menaruh router Wifi di tempat yang strategis, jangan terlalu jauh.

Posisikan router Wifi berada di atas, jangan pernah menaruhrouter Wifi di tempat yang rendah. Kamu bisa meletakkan router Wifi di atas lemari.

6. Peletakkan Router Wifi Dekat Jendela

jendela

Image : klosetide

Jika kamu meletakkan router Wifi di posisi yang dekat dengan jendela itu bisa menyebabkan koneksi internet Wifi kamu menjadi lemot. Jadi, jangan sekali-sekali kamu meletakkan router Wifi di dekat jendela. Itu dikarenakan Wifi akan mengirimkan sinyak ke luar jendela.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Download uTorrent

Artinya sinyal internet tersebut akan terbagi-bagi. Maka dari itu letakkan router Wifi yang jauh dari jangkauan jendela, agar sinyal tidak terbagi dengan ruangan-ruangan yang berada di luar jendela.

7. Banyak Mendownload Dengan Kapasitas Yang Besar

download

Image : dreamstime

Penyebab lainnya yaitu dikarenakan kamu banyak mendownload dengan kapasitas download yang besar. Memang dengan adanya Wifi membuat kita terpacu untuk mendownload sebanyak-banyaknya, seperti mendownload film, lagu, game dan lain-lainnya.

Tetapi mendownload dengan kapasitas yang terlalu besar akan membuat koneksi internet kita menjadi melambat.

Mengapa bisa begitu ? itu dikarenakan Wifi akan mengalokasikan sinyal internet untuk menyelesaikan download di perangkat kamu. Jadi solusinya kamu dapat menunda download untuk bisa menikmati koneksi internet yang cepat.

8. Meletakkan Router Berdekatan Dengan Barang Elektronik Lainnya

penyebab Wifi lemot

Image : wineverse

Apakah kamu meletakkan router Wifi berdekatan dengan barang elektronik yang lainnya ? hal tersebut akan membuat koneksi internet kamu melambat atau lemot. Karena barang elektronik tersebut dapat menghasilkan gelombang elektro magnetik yang bisa  mengganggu sinyal internet.

Maka dari itu disarankan kamu untuk meletakkan router Wifi yang jauh dari barang-barang elektronik lainnya seperti, TV, handphone, speaker dan barang elektronik lainnya agar sinyal Wifi bisa bekerja lebih optimal.

9. Meletakkan Router Di Ruangan Yang Tertutup

router wifi

Image : Cnet

Meletakkan router Wifi di kamar sering menjadi pilihan masyarakat agar mendapatkan sinyal yang baik dan stabil. Tetapi perlu kamu ketahui meletakkan router Wifi ditempat yang terlalu tertutup dan gelap malah membuat koneksi internet menjadi terhambat.

Memang jika anda sedang di ruangan tertutup yang memiliki router Wifi akan membuat sinyal kamu menjadi kencang, tetapi jika kamu keluar dari ruangan tersebut akan membuat koneksi internet kamu menjadi lemot parah.

Maka dari itu, sebaiknya kamu letakkan router Wifi di tempat yang dekat yang dapat terjangkau tetapi tetap terbuka, dengan begitu koneksi menjadi stabil saat digunakan.

10. Peletakkan Router Wifi Di Lantai

penyebab Wifi lemot

Image : Liputan6

Seperti sebelumnya yang telah dibilang, bahwa meletakkan router Wifi di bagian yang paling rendah dapat menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Dan jika kamu menggunakan kabel Ethernet dan koneksi internet menjadi lancar, itu tandanya kamu salah menaruh posisi pada router Wifi-mu.

Baca Juga: 2 Cara Menyadap WhatsApp (WA) Pacar / Orang Lain

Itu dikarenakan router Wifi sama seperti ketika kita menggunakan antenna pada TV, yang mana jika router Wifi diletakkan di posisi yang rendah akan membuat sinyal kurang maksimal. Salah satu tempat yang tidak disarankan yaitu melerakkan router Wifi di lantai.

Itulah 10 penyebab Wifi lemot yang mungkin saja terjadi padamu. Jika kamu ingin memasang Wifi dirumahmu atau dikamarmu, sebaiknya rancang posisi dan tempat untuk penempatan router Wifi agar koneksi internetmu maksimal.

Leave a Reply

Send this to a friend