cara melihat versi windows yang digunakan

2 Cara Mudah Melihat Versi Windows yang Digunakan di Laptop / PC

Dua cara melihat versi windows yang digunakan di laptop / pc dengan mudah. Lengkap dengan version dan buildnya.

Kebanyakan orang seringkali mengabaikan versi windows yang mereka gunakan. Tapi bagi beberapa orang, mengetahui versi windows yang digunakan sangatlah penting.

Mungkin kalau anda menginstalll sendiri windowsnya, anda pasti tahu versi windows berapa yang anda gunakan, tapi bagaimana dengan mereka yang tidak tahu versi windows apa yang mereka gunakan dikarenakan bukan mereka yang menginstall windowsnya, bisa jadi laptop/ komputer mereka di installkan oleh orang lain.

Tentunya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melihat versi berapa sih windows yang kita gunakan. Tapi, dalam tutorial kali ini, saya hanya menggunakan 2 cara saja, yaitu melalui windows itu sendiri dan melalui bantuan software bernama Speccy.

Cara Melihat Versi Windows yang Digunakan

A. Melalui Settings

1. Pada layar desktop, klik kanan ikon Windows seperti yang ditunjuk tanda panah.

cara melihat versi windows yang digunakan

2. Kemudian anda pilih System.

cara melihat versi windows yang digunakan

3. Informasi mengenai versi Windows yang anda gunakan terpampang seperti gambar dibawah. Cara membacanya begini, jadi laptop saya menggunakan Windows 10 Pro 64-bit versi 20H2 build 19042.746.  Yang perlu anda perhatikan yang tulisan biru saja, sisanya sebagai informasi pelengkap.

cara melihat versi windows di laptop / pc

B. Menggunakan Speccy

1. Silakan download aplikasinya disini.

2. Install seperti biasa, kemudian buka aplikasinya.

3. Anda akan melihat tampilan seperti yang tampak pada gambar berikut ini. Hampir semua informasi mengenai komputer/ laptop anda akan terlihat dengan jelas, termasuk versi windows yang anda gunakan.

cara melihat versi windows yang digunakan dengan speccy

4. Silakan pilih Operating System untuk mengetahui lebih detail mengenai sistem operasi yang anda gunakan.

Menggunakan Speccy 2

Selain digunakan untuk melihat versi windows berapa yang digunakan, aplikasi Speccy tersebut juga dapat digunakan untuk melihat spesifikasi komputer/ laptop anda dengan detail dan lengkap.

Mengetahui versi Windows yang digunakan cukup penting bagi pengguna, karena ketika menginstall aplikasi, anda pasti akan menemui requirement dari aplikasi tersebut minimal menggunakan versi Windows berapa. Karena ada beberapa aplikasi yang hanya bisa dijalankan di satu versi Windows saja, dan tidak dapat digunakan di versi Windows yang lain.

Okey, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, semoga apa yang saya bagikan selalu bermanfaat plus membantu. 🙂

Muchammad-Zakaria-Nesabamedia

Founder dan Chief Editor di Nesabamedia.com. Lebih suka nonton film ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

One Response

  1. Diana

Leave a Reply

Send this to a friend