• Our Partners:

cara melihat spesifikasi laptop atau komputer

3 Cara Melihat Spesifikasi Laptop & PC Baik CPU, RAM, VGA Dll

Mengetahui spesifikasi sebuah komputer maupun laptop sangatlah penting. Ketika anda ingin menginstall sebuah aplikasi atau game, terlebih dahulu anda harus benar-benar memastikan bahwa komputer atau laptop yang anda miliki mempunyai spesifikasi yang memenuhi untuk menginstall aplikasi atau game tersebut.

Jika kita memaksakan untuk menginstall aplikasi berat tetapi tidak di dukung dengan spesifikasi yang memadai, hal tersebut akan berdampak pada menurunnya kinerja komputer anda.

Untuk melihat spesifikasi pada komputer maupun laptop, anda bisa mengeceknya menggunakan DirectX Diagnostic Tools atau dengan bantuan software seperti Speccy. Langsung saja, berikut tutorial cara melihat spesifikasi laptop dan PC secara detail, mulai dari prosesor (CPU), RAM, HDD, VGA dan lain sebagainya.

A. Cara Melihat Spesifikasi Laptop & PC dengan DxDiag

  1. Pertama-tama tekan tombol Windows + R pada keyboard. Kemudian anda ketikkan dxdiag lalu tekan tombol Enter.cara melihat spesifikasi laptop windows 10
  2. Pada tampilan utama yakni pada menu System akan ditampilkan informasi yang anda cari seperti Processor, RAM (Memory) atau tipe laptop.Melihat Spesifikasi Laptop 2
  3. Sedangkan jika anda ingin mengetahui informasi mengenai VGA, tinggal pindah ke menu Display. Yang saya garis bawahi itu merupakan nama atau tipe VGA yang digunakan.cara melihat spesifikasi laptop dengan dxdiag
  4. Jika laptop anda memiliki dual-VGA, maka anda bisa juga mengecek VGA yang kedua pada menu Render.Melihat Spesifikasi Laptop 4

B. Cara Melihat Spesifikasi Laptop & PC dengan Speccy

  1. Download Speccy melalui link ini. Kemudian install seperti biasa.
  2. Jika sudah, tinggal buka aplikasi Speccy pada laptop anda. Disini anda dapat melihat semua informasi mengenai hardware pada laptop anda, jauh lebih lengkap ketimbang anda menggunakan DxDiag. Bahkan masing-masing hardware juga mempunyai rinciannya sendiri.cara melihat spesifikasi laptop windows dengan speccy
  3. Misal jika anda ingin lebih tahu mengenai informasi CPU yang anda gunakan, maka cukup klik CPU dan informasi yang anda butuhkan akan ditampilkan seperti jumlah core, thread, teknologi yang digunakan dan lain sebagainya.aplikasi cek spek komputer

C. Cara Melihat Spesifikasi Laptop & PC dengan CPU-Z

  1. Download CPU-Z melalui link ini. Kemudian install seperti biasa.
  2. Jika sudah, buka aplikasi CPU-Z pada laptop anda. Hampir sama dengan Speccy, CPU-Z juga akan menampilkan informasi mengenai spesifikasi laptop dan PC anda secara lengkap. Mungkin bisa dibilang, CPU-Z lebih condong ke informasi CPU seperti nama processor, teknologi yang digunakan, socket yang didukung, kecepatan core dan lain sebagainya,Melihat Spesifikasi Laptop 7
  3. Namun jika ingin mengecek informasi mengenai Memory atau Graphic / VGA juga bisa kok. Tinggal klik saja pada menu yang diinginkan, maka informasi yang anda perlukan akan ditampilkan.Melihat Spesifikasi Laptop 8

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Setelah anda memahami bagaimana cara mengetahui spesifikasi sebuah laptop. Disini, saya akan memberikan tips tambahan bagi anda, barangkali ingin membeli laptop maka anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Ukuran laptop

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli laptop adalah ukuran laptop. Pertimbangkan terlebih dahulu ukuran laptop yang ingin Anda beli. Ukuran layar yang Anda pilih, pastinya juga akan mempengaruhi ukuran laptop Anda. Pilihlah laptop yang sesuai dengan Anda.

Jika Anda membutuhkan portablitas tinggi, Anda bisa memilih laptop dengan ukuran yang kecil. Sehingga, Anda bisa mobile, Anda bisa berpindah โ€“ pindah dengan mudah karena ukurannya yang kecil. Biasanya laptop mobile memiliki ukuran layar sebesar 12,5 inchi sampai 13,3 inchi saja. Laptop seperti ini memiliki berat antara 1 kg sampai 1,5 kg saja. Namun dengan begitu, jarang sekali laptop dengan ukuran yang seperti itu memiliki spesifikasi tingkat dewa. Anda tidak akan menemukan laptop seperti itu dengan processor Intel Core i7.

Tapi, jika Anda membutuhkan laptop dengan kekuatan tenaga yang powerful, baik untuk urusan gaming atau desain, Anda sebaiknya memilih laptop dengan ukuran yang besar. Karena laptop dengan body yang cukup tebal memiliki komponen yang sangat bertenaga. Biasanya laptop tersebut memiliki ukuran layar 14 inchi sampai 17,3 inchi. Beratnya juga bisa sampai 2 kg.

2. Jenis dan Ukuran Media Penyimpanan

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah jenis dan ukuran media penyimpanan laptop. Dulu harddisk menjadi media penyimpanan yang paling banyak dipilih, kenapa? Karena harddisk memiliki kapasitas yang super besar tapi harganya tidak terlalu mahal.

Berbeda dengan SSD. Media penyimpanan yang menggunakan SSD biasanya berukuran kecil, namun kecepatannya sungguh kencang, tapi harganya jauh lebih mahal pastinya. Harga SSD yang berukuran 128 GB saja bisa dua kali lipat dari harga harddisk.

Walaupun SSD mahal, untuk zaman sekarang SSD lebih banyak dipilih. Kenapa? Karena SSD memberikan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada harddisk. Jika Anda membutuhkan laptop untuk menyimpan banyak data, Anda lebih baik memilih laptop yang menggunakan harddisk saja. Tapi, jika Anda membutuhkan kecepatan, seperti untuk edit video, main game, atau desain, lebih baik Anda memilih SSD. Perlu Anda ingat, harga laptop yang menggunakan SSD lebih mahal daripada menggunakan harddisk ya. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhanmu.

3. Daya tahan baterai

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan daya tahan baterai. Biasanya laptop yang dijual mempunyai daya tahan baterai 6-8 jam. Namun, harus diakui ketahanan baterai laptop sulit untuk diukur karena tergantung dari pemakaian laptop itu sendiri, aplikasi yang berjalan, serta jenis prosesor yang digunakan. Maka dari itu, Anda harus membaca terlebih dahulu berbagai ulasan dari laptop yang ingin Anda beli.

Pastikan Anda dapat merawat baterai laptop sebaik mungkin agar performanya tidak turun. Jangan lakukan charge secara terus menerus, jangan menunggu sampai baterai benar โ€“ benar habis atau 0%, beberapa hal tersebut bisa Anda lakukan untuk menjaga performa dari baterai laptop baru Anda.

4. Konektivitas yang lengkap

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah konektivitas laptop yang lengkap. Di era seperti sekarang ini, WiFi sudah menjadi kebutuhan yang paling utama. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mencari laptop dengan konektivitas yang lengkap. Selain harus ada koneksi WiFi, sebaiknya Anda memilih laptop dengan 3 buah port USB. Dan port pendukung lainnya seperti HDMI/VGA dan LAN.

5. Kapasitas RAM yang cukup

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum membeli laptop baru adalah kapasitas RAM. RAM adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dari laptop.

Kapasitas RAM antar laptop sangat berbeda, misalnya RAM laptop biasa dan RAM laptop gaming. Jika Anda ingin membeli laptop untuk bermain game, maka RAM yang Anda butuhkan juga lebih besar. Setidaknya RAM yang digunakan untuk bermain game adalah 8 GB, semakin besar RAM yang terpasang, maka laptop dapat memainkan game berat sekalipun.

Tapi, jika Anda membeli laptop hanya untuk keperluan menyimpan data, Anda bisa menggunakan RAM yang kecil saja. Karena semakin besar RAM, maka harga laptop pun akan semakin mahal.

Semoga cara melihat spesifikasi laptop dan komputer yang telah dijelaskan diatas bermanfaat. Jadi ketika membeli perangkat komputer, misal laptop, pastikan laptop tersebut memiliki spesifikasi yang bagus dan sesuai dengan yang anda butuhkan.

31 Comments

  1. Novear butla
  2. Rul
  3. Idanw
  4. Zilhan
  5. Isha
  6. rizal syahputra
  7. ines
  8. Arydevi
  9. aldi rahmasenju
  10. anang
  11. Fadhly
  12. Yusuf
  13. diktea iqbal
  14. petrus
  15. Marissa

Leave a Reply

Send this to a friend