Pengertian Komunikasi Beserta Fungsi, Tujuan, Unsur-Unsur dan Komponen Komunikasi

Pengertian Komunikasi

Apa yang dimaksud dan pengertian dari kata Komunikasi? Pengertian Komunikasi adalah sebuah kegiatan untuk menyampaikan suatu informasi, seperti sebuah ide, gagasan, dan pesan, dari satu orang ke orang lainnya. Dan biasanya kegiatan komunikasi tersebut selalu dilakukan dengan cara lisan atau verbal, yang mana nantinya akan dapat memudahkan kedua belah pihak tersebut dapat saling mengerti maksud satu sama lain.

Pengertian komunikasi lainnya secara harafiah dapat disimpulkan merupakan interaksi antara dua orang ataupun lebih untuk bisa menyampaikan sebuah informasi atau pesan. Secara umum juga komunikasi memiliki tujuan untuk dapat memberikan pengetahuan ke orang lain.

Suatu komunikasi yang terjalin dengan baik adalah suatu komunikasi yang bisa dimengerti dan diterima oleh orang lain. Komunikasi juga dapat dilakukan dengan cara lain selain cara verbal, yaitu komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa tubuh atau bisa dengan menggunakan gesture untuk sebuah tujuan yang tertentu.

Pada suatu bisnis ataupun organisasi, komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting karena komunikasi adalah sebuah bentuk koordinasi antara suatu anggota tim dengan anggota lainnya untuk bisa menyampaikan pesan dan idenya masing-masing.

Fungsi dan Tujuan Komunikasi

pengertian komunikasi beserta fungsi dan tujuan komunikasi

Komunikasi sebagai salah satu cara untuk dapat menyampaikan sebuah pendapat atau gagasan juga memiliki fungsi dan tujuannya tersediri. Untuk itu, kita juga perlu mengetahui apa sajakah fungsi dan tujuan dari komunikasi untuk dapat dengan mudah memahami apa yang dimaksud dari komunikasi. Dan berikut fungsi dan tujuan komunikasi :

Fungsi Komunikasi

Tahukah kamu bahwasanya komunikasi memiliki banyak sekali fungi yang bisa Anda rasakan sebagai manusia ? Fungsi-fungsi dari komunikasi tersebut bisa secara perorangan maupun secara organisasi. Dan berikut fungsi komunikasi secara umum :

1. Sebagai Media untuk Motivasi

Percayakan kamu bahwasanya komunikasi yang persuasif dan baik bisa meningkatkan tingkat motivasi yang ada di dalam diri seseorang ? Tentu saja bisa, mengapa ? Karena salah satu fungsi dari sebuah komunikasi yaitu sebagai media untuk motivasi.

Hal ini dibuktikan juga dengan apabila seseorang menyampaikan sebuah informasi dan orang yang sedang mendengarkan dapat pencerahan dari penyampaian tersebut, maka hal itu sudah dapat membangun motivasi pada diri seseorang.

2. Sebagai media untuk Komunikasi

Seperti yang telah Anda ketahui, dengan melakukan sebuah komunikasi maka kita bisa memberikan sebuah informasi yang sangat berguna untuk seseorang maupun kelempok. Yang mana akhirnya dengan informasi-informasi tersebut memiliki sebuah proses untuk mengambil keputusan yang dilakukan dengan cara yang baik.

3. Sebagai Media untuk Dapat Mengontrol Diri

Fungsi komunikasi yang lainnya yaitu sebagai media untuk dapat mengontrol atau mengendalikan diri. Hal ini dimaksudkan yaitu dengan melakukan komunikasi maka tingkah laku dari seseorang dapat dikendalikan dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan dan harus dipatuhi.

4. Sebagai Media untuk Mengungkapkan Perasaan

Dengan komunikasi segala perasaan yang terdapat pada diri seseorang untuk orang lain bisa diungkapkan. Perasaan tersebut dapat berupa kegembiraan, kekecewaan, kesenangan, kemarahan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Sejarah

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Segala kegiatan yang ada didunia ini dilakukan dengan adanya sebuah tujuan tertentu. Begitu juga dengan komunikasi. Komunikasi merupakan sebuah kegiatan yang memiliki berbagai tujuan, yaitu :

1. Supaya Pendapat yang Disampaikan Dapat Diterima

Sebuah komunikasi yang baik dan persuasif biasanya dilakukan untuk dapat menyampaikan sebuah pendapat maupun gagasan kepada orang lain. Nah, hal tersebut bertujuan supaya pendapat yang telah disampaikan tersebut dapat di terima oleh orang lain.

2. Supaya Lebih Mengenal Seseorang

Tujuan dari komunikasi selanjutnya yaitu supaya lebih mengenal orang lain. Tanpa Anda sadari, dengan Anda sering berinteraksi dan berkomunikasi kepada orang lain maka secara otomatis Anda dapat mengenali dan memahami orang tersebut. Dalam kegiatan berkomunikasi juga sangat dibutuhkan kemampuan untuk dapat membaca, mengartikan dan mendengar pesan orang lain dengan baik, dengan begitu komunikasi yang terjalin pun akan semakin lancar.

3. Dapat Menggerakkan Hati Orang Lain

Komunikasi yang memiliki cara persuasif bisa membangun sebuah kesamaan pada persepsi seseorang. Dan selanjutnya, kesamaan dari persepsi tersebut dapat digunakan untuk bisa menggerakkan hati orang lain untuk dapat melakukan sesuai keinginan kita.

4. Supaya Seorang Komunikator Bisa Dimengerti Komunikan

Nah, tujuan terakhir dari komunikasi yaitu untuk dapat memastikan informasi atau gagasan seseorang yang telah disampaikan dapat dimengerti oleh orang lain yang biasa disebut komunikasn. Karena dengan begitu orang yang menyampaikan informasi atau komunikator tersebut haru menyampaikan pesannya dengan cara yang sejelas mungkin ke seorang komunikan, agar ia dapat mengerti apa yang dimaksud oleh komunikator tersebut.

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

3 Utama Unsur Komunikasi

pengertian komunikasi dan fungsi komunikasi

Dalam suatu komunikasi haruslah memiliki syarat-syarat yang dapat dijelaskan di bawah ini :

  • Sumber, Sumber atau source merupakan seseorang yang akan mengambil inisiatif pertama kali untuk melakukan komunikasi.
  • Pesan, Pesan atau message adalah sebuah pendapat atau gagasan-gagasan yang akan disampaikan oleh beberapa sumber ke orang lain.
  • Tujuan, Tujuan atau Destination adalah supaya orang lain dapat melakukan sama dengan apa yang diharapkan pada pesan yang telah disebutkan tersebut.

Komponen Komunikasi

Komponen Komunikasi

Dalam terjadinya komunikasi, ada beberapa komponen yang terdapat di dalamnya. Komponen-komponen tersebutlah yang akan menyempurnakan dan berperan penting pada sebuah komunikasi :

  • Komunikator : Komunikator adalah seseorang yang menyampaikan informasi atau gagasan.
  • Encode : Encode adalah sebuah proses dalam mengirimkan informasi.
  • Pesan atau message : Pesan adalah informasi yang disampaikan oleh komunikator.
  • Decode : Decode adalah sebuah proses pada penerimaan sebuah informasi.
  • Komunikan : Komunikan adalah seseorang yang menerima sebuah informasi, dan ditafsirkan melalui penglihatan dan pendengaran.
  • Feedback : Feedback adalah tanggapan atau respon dari seseorang.

Baca Juga : Pengertian Bank

Demikianlah pembahasan mengenai komunikasi beserta dengan fungsi, tujuan, unsur dan komponen-komponennya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai penambah wawasan Anda.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend