Pengertian Manajemen Beserta Sejarah, Tujuan, Unsur dan Macam-Macam Manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian atau definisi dari Manajemen adalah suatu proses yang mana bertujuan untuk mengatur suatu hal yang dilakukan oleh beberapa orang atau suatu organisasi dengan maksud untuk dapat menggapai tujuan dari organisasi tersebut secara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang ada atau yang dimiliki.

Pengertian Manajemen juga dapat diartikan secara etimologi, yaitu kata Manajemen adalah kata yang diambil dari bahasa Perancis kuno yaitu menagement, kata tersebut berarti seni dalam mengatur dan melaksanakan. Maka dari itu, manajemen juga dapat diartikan sebagai upaya pengkoordinasian, perencanaan, pengorganisasian dan juga pengontrolan dari sumber daya yang bertujuan untuk dapat mencapai sasaran dengan efektif dan juga efisien.

Efisien tersebut yang berarti untuk bisa melaksanakan sebuah pekerjaan dengan bagus dan juga terorganisir, dan kata efektif yang berarti untuk bisa mencapai tujuan yang sesuai dengan perencanaan yang telah direncanakan sebelumnya.

Sejarah Manajemen

Pengertian Manajemen adalah

Pada sejarah manajemen, perkembangan manajemen telah terbagi kedalam 4 masa. Yang pertama yaitu pada masa pencatatan pertama, pada abad ke-19. pada abad ke-20, dan pada abad ke-21. Untuk itu, apabila Anda yang ingin mendalami ilmu manajemen, maka Anda harus mengetahui sejarah dari Manajemen tersebut. Untuk mengetahuinya, Anda dapat lihat di bawah ini :

1. Pada Masa Pencatatan Pertama

Pada masa pencatatan pertama ini, teori dari manajemen sebelumnya hanya masih berupa konsep abstrak, dan semakin bertambahnya waktu sudah mulai disalin ke bentuk tulisan. Tulisan tersebut akhirnya telah dijarikan sebuah referensi pada manajemen modern.

Seperti ada beberapa teks militer kuno yang sudah dikutip untuk dijadikan peajaran dari manajemen sipil. Salah satu contohnya yaitu The Art of War,  Jendral Cina Sun Tzu pada abad ke-6 SM, pada tulisan tersebut menyarankan kita semua untuk menyadari dan kemudian bertindak dari kekuatan dan kelemahan sebuah organisasi baik itu adalah seorang musuh maupun seorang manajer.

Adapun tulisan-tulisan lainnya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan manajemen, yaitu dari Filsuf Legalis Cina Shen Buhai. Tulisan tersebut diyakini telah berhasil menunjukkan contoh dari pramodern langka teori abstrak administrasi.

Banyak buku yang membahas tentang manajemen seperti PLato yang telah membuat sebuah buku yang isinya menggambarkan spesialisasi pekerjaan pada 350 SM, dan juga Al-Farabi menulis beberapa dari sifat kepemimpinan pada Masehi 900. Tidak hanya itu masih banyak contoh lainnya seperti dari pengarang dari Italia yaitu Niccolò Machiavelli (c. 1515) yang menuliskan The Prince dan juga Chanakya yang menulis India Arthashastra pada sekitar 300 SM.

Ada juga seorang filsuf moral bernama Adam Smith pada tahun 1776 dari Skotlandia yang menulis buku yang berjudul The Wealth of Nations dan berisikan tentang keefesiensian pengelolaan kerja melalui pembagian kerja. Smith juga menerangkan bagaimana sebuah perubahan proses dapat meningkatkan produktivitas dalam pembuatan sejumlah pin.

Contohnya apabila satu individu dapat mengerjakan dan menghasilkan 200 pin per harinya, maka Smith memiliki analisa dari langkah yang terlibat dalam pembuatan dan, dengan 10 spesialis , produksi dapat meningkat menjadi 48.000 pin per harinya. Nah, pada masa inilah yang disebut-sebut sebagai masa dari pemikiran awal manajemen.

Baca Juga : Pengertian Sistem

2. Pada Masa Abad ke-19

Seorang ekonom klasik yang bernama John Stuart Mil (1806-1873) dan Adam Smith ada tahun (1723-1790) telah memberikan sebuah latar belakang yang teoritis untuk berbagai macam permasalahan seperti produksi, masalah harga, serta sumber daya alokasi.

Dan pada waktu yang sama pula, beberapa inovator yang bernama James Watt, Eli Whitney dan Matthew B0ulton telah mengembangkan unsur produksi teknis seperti contoh prosedur kontrol kualitas, pertukaran bagian, standarisasi, kerja perencanaan dan biaya akuntansi.

Banyak sekali aspek manajemen yang ada pada sektor yang berbasis budak pada pra-1861 dari ekonomi Amerika Serikat. Salah satu contohnya yaitu melalui manajemen gaji pada sebuah kelompok yang pada saat pertama kali muncul telah populer pada akhir abad ke-19.

3. Pada Masa Abad ke-20

Pada abad ke-20, disebut jufa sebagai era manajemen ilmiah. Hal itu dikarenakan sudah banyak sekali tokoh yang memperkenalkan dan mengemukakan manajemen melalui segi ilmiahnya. Ada beberapa contoh tokoh seperti Frederick Winslow Taylor, ia adalah The Principles of Scientific Management pada tahun 1911 dan Henry R. Towne dengan Sains Manajemen di tahun 1890.

Pada masa ini juga telah ditandai dengan adanya teori administratif, yaitu sebuah teori yang menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan oleh para manajer dan bagaimana caranya untuk membentuk sebuah praktik manajemen yang baik.

Salah satu industriawan di Prancis yang bernama Henri Fayol telah mengemukakan gagasannya tentang 5 fungsi utama dari manajemen, yaitu merancang, mengorganisasi, memerintaah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Gagasan tersebut akhirnya dijadikan sebuah bahan ajar manajemen hingga sampai saat ini.

Sebelum memasuki abad ke-21 tepatnya pada akhir abad ke-20, manajemen bisnis juga sudah terbagi menjadi 6 cabang yang terpisah, yaitu sebagai berikut :

  • Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Informasi
  • Manajemen Operasi dan Manajemen Produksi

3. Pada Masa Abad ke-21

Era modern manajemen adalah sebutan bagi abad ke-21. Pada era modern manajemen ini juga ditandai dengan adanya konsep manajemen kualitas total di akhir abad ke-20, pada saat ini diperkenalkan oleh seorang ahli manajemen yang bernama W. Edwards Deming dan Joseph Juran.

Deming juga sering disebut sebagai Bapak Kontrol Kualitaspada saat itu, yang mana ia telah mengemukakan bahwasanya mayoritas dari permasalahan di dalam hal kualitas bukan berasal dari kesalahan para pekerja, tetapi terdapat pada sistemnya. Beliau juga menekankan betapa pentingnya peningkatan kualitas dengan menyusun teori 5 langkah reaksi berantai. Dan apabila kualitas tersebut dapat ditingkatkan, maka :

  • Produktifitas akan meningkat
  • Biayanya akan berkurang karena biaya perbaikan telah berkurang dan kesalahan yang terjadi sedikit.
  • Meningkatnya pangsa pasar, karena terjadi peningkatan kualitas dan penurunan harga.
  • Bertambahnya jumlah pekerjaan yang ada.
  • Meningkatnya keuntungan yang membuat perusahaan dapat bertahan.

Baca Juga : Pengertian Koperasi

Tujuan Manajemen

Apa itu Manajemen? Tujuan Manajemen adalah

Manajemen juga memiliki beberapa tujuan, yaitu :

  • Selalu terus melakukan sebuah inovasi pada suatu kegiatan, karena dengan begitu kita dapat hidup dengan lebih teratur.
  • Selalu mengontrol kembali kelemahan, kekuatan, peluang serta ancaman peluang yang ada.
  • Selalu mereformasi sebuah strategi yang telah dirumuskan supaya sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Meninjau, mengevaluasi kinerja, dan mengkaji ulang kondisi serta juga melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi apabila terdapat adanya penyimpangan pada pelaksanaan strategi.
  • Melakukan dan meninjau kembali strategi yang telah dipilih dengan cara efektif dan efisien.

Unsur Manajemen

Manajemen memiliki 6 unsur, apa sajakah itu ? Berikut 6 unsur Manajemen :

1. Sumber Daya Manusia

Unsur dari manajemen yang paling utama yaitu sumber daya manusia. Karena manusia yang akan membuat perencanaan dan manusia pulalah yang akan melakukan sebuah proses untuk dapat menggapai tujuan tersebut. Apabila tidak adanya sumber daya manusia, maka proses kerja tidak akan ada, karena dasarnya manusia adalah makhluk pekerja.

2. Uang (Money)

Tidak dipungkiri lagi bahwasanya uang adalah hal yang penting juga dari sebuah manajemen. Dimana dengan uang, perusahaan dapat melakukan pembelian bahan material atau bahan baku. Karena dengan membeli bahan baku dengan pembayaran tunai harganya akan jauh lebih murah, begitu juga denan quantity atau jumlahnya. Semakin banyak jumlah yang akan dipesan maka perusahaan akan mendapatkan harga discunt khusus dari sebuah vendor.

3. Bahan Baku (Materials)

Unsur terpenting lainnya dari sebuah manajemen yaitu bahan baku atau material. Bahan baku sangat berperan penting pada proses produksi pada suatu perusahaan. Tanpa adanya bahan baku, maka sebuah perusahaan manufaktur tidak akan bisa mengolah sesuatu yang nantinya untuk dijual.

Sangat dibutuhkan juga yaitu tenaga ahli, dimana tenaga ahli tersebut dapat mengolah bahan baku menjadi barang jadi ataupun barang setengah jadi. Maka dari itu, SDM dan bahan baku (material) tidak dapat dipisahkan lagi, karena mereka sangat berkaitan erat.

4. Peralatan Mesin (Machine)

Apabila ingin mengolah sebuah bahan bakumaka sangat dibutuhkan seperangkat mesin dan peralatan kerjanya. Dengan menggunakan mesin maka waktu yang terpakai ketika melakukan proses produksi akan semakin cepat dan efisien.

Terlebih lagi apabila perusahaan menggunakan mesin maka tingkat skesalahan manusia atau human error akan sedikit. Tetapi juga sangat dibutuhkan sumber daya yang ahli dan bahan baku yang kualitasnya terjamin untuk dapat menghasilkan hasil yang lebih maksimal.

5. Metode (Methods)

Untuk menerapkan sebuah manajemen maka sangat dibutuhkan sebuah metode atau biasa disebut dengan SOP (standard opartional prosedure) yang baik. Setiap bagian yang terdapat dalam sebuah perusahaan memiliki job desk atau tugas pokoknya masing-masing, dan hal itu sangat berkaitan erat ketika akan menjalankan kegiatan pada sebuah perusahaan.

6. Pasar (Market)

Pasar atau konsumen adalah elemen terpenting pada sebuah manajemen. Tanpa adanya permintaan maka suatu proses produksi juga akan berhenti dan seluruh aktivitas pada sebuah perusahaan akan berhenti atau vakum.

Maka dari itu, untuk dapat menguasai segmentasi pasar, pihak manajemen juga harus mempunyai sebentuk stratei pemasaran yang baik dan dapat bersaingsecara sehat dengan kompetitor marketnya yang sejenis.

Baca Juga : Pengertian Politik

Macam-Macam Manajemen

Macam-Macam Manajemen

Ada beberapa macam manajemen, yaitu :

1. Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah ilmu dari manajemen yang mempelajari mengenai bagaimana cara mengatur sebuah hubungan dan peranan pada tenaga kerja atau sumber daya yang dimiliki oleh individu dengan cara efisien dan efektif serta juga dapat digunakan secara lebih maksimal untuk dapat menggapai tujuan. Sebuah tim manajemen SDM juga mempunyai kewajiban untuk dapat mengelola seluruh SDM supaya dapat bekerja dengan kualitas yang produktif dan juga baik.

2. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dalah sebuah kegiatan pemeriksaan, perencanaan, pengelolaan, penganggaran, pengendalian, pencarian, serta penyimpananan dana yang dimiliki sebuah perusahaan.

3. Manajemen Strategi

Manajemen strategi adalah sebuah ilmu penyusunanm mengimplementasikan, penerapan dan pengevaluasian sebuah keputusan dari lintas fungsional yang akan memungkinkan sebuah organisasi dapat menggapai tujuannya.

4. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah sebuah proses dari penetapan tujuan pemasaran dari sebuah organisasi dengan mempertimbangkan sumber daya yang telah tersedia dan juga pada peluang pasar.

5. Manajemen Informasi

Manajemen Informasi adalah sebuah manajemen yang melakukan pengelolaan sebuah data yang didalamnya terdapat proses mencari, menyusun, klarifikasi dan juga memperlihatkan seluruh data yang berkaitan langsung dengan kegiatan sebuah perusahaan.

6. Manajemen Operasi dan Produksi

Manajemen operasi adalah manajemen yang hanya memfokuskan diri pada sebuah proses produksi dan dapat memastikan untuk memelihara dan mengembangkan kegiatan proses produksi tersebut berlangsung dengan efektif dan efisien.

Baca Juga : Pengertian Artikel

Sedangkan Manajemen Produksi yaitu sebuah ilmu manajemen yang bertugas untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan untuk dapat menggapai tujuannya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian manajemen, tujuan, unsur-unsur serta macam-macam manajemen. Semoga dengan artikel diatas Anda dapat lebih mengerti tentang apa yang dimaksud dengan Manajemen dan komponen-komponen didalamnya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend