Ketahui Lebih Jauh Mengenai Cara Kerja Handphone Beserta Perkembangannya

Pernahkah terlintas di pikiran Anda bagaimana cara kerja handphone? Kebutuhan manusia akan smarpthone memang sudah tidak bisa dinpungkiri lagi. Semua orang dari berbagai latar belakang pendidikan, lingkungan, agama, usia, dan lain sebagaimna setiap harinya selalu menggunakan smartphone. Mereka menggunakannya dengan tujuan yang bermacam-macam yang tidak sama antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Ada yang menggunakan handphone nutuk mencari informasi yang berhubungan dengan dunia kerja atau pendidikan. Ada juga pengguna handphone menggunakannya hanya sekedar hiburan, seperti menonton video, mendengarkan musik, maupun bermain game. Kecanggihan smartphone memang semakin ke sini semakin maju.

Namun, mungkin sedikit orang yang berpikiran mengenai bagaimana cara kerja handphone? Kenapa ia bisa dengan mudah terhubung ke orang lain yang kita tuju? Untuk menjawab hal tersebut, maka silahkan Anda simak penjelasan kami beriku ini yang akan menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana perkembangan dan cara kerja handphone atau smartphone.

Perkembangan Handphone

1. Tahun 1973

cara kerja handphone

Handphone dengan segala kecanggihan yang bisa Anda rasakan sekarang ini tentu sudah melalui berbagai tahapan atau proses yang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pertama kali handphone diperkenalkan pada sekitar 1973 yakni oleh Martin Cooper. Handphone tersebut ia gunakan untuk menghubungi perusahaan yang merupakan rivalnya yakni Bel Labs.

Handphone yang digunakan saat ini diberinama Motorola DynaTac atau Dynamic Adaptive Total Area Coverage. Bentuknya sangat besar dan akan membuat siapa saja tidak nyaman membawanya kemana-mana. Bahkan beratnya pun sampai 1 kg. Meski begitu, handphone tersebut tidak membutuhkan sambungan kabel.

2. 1980-an

DynaTAC 8000X - Perkembangan Handphone dan Cara Kerjanya

Di tahun ini Motorola juga mengeluarkan handphone mereka yang diberinama DynaTAC 8000X. Handphone ini adalah yang pertama yang dibuat dengan tujuan komersial. Meskipun berukuran lebih kecil dari seblumnya, namun bentuknya tetap saja tidak nyaman ketika dibawa kemana-mana. Beratnya masih sekitar 793 gram. Harga untuk mendapatkannya adalah 4000 Dollar Amerika.

3. 1990an

IBM Simon

Di era inilah atau tepatnya tahun 1992, handphone sudah mulai bisa digunakan untuk mengirim pesan. Pertama kali dimulai dengan ucapan Selamat Natal yang dikemukakan di Vodafone, Amerika Serikat. Dari sini juga perkembangan handphone semakin pesat. Hal ini terbukti dengan adanya IBM Simon yang konon menjadi smartphone pertama di dunia.

4. 2000an

Sharp J-SH04

Pada tahun ini mungkin bisa dikatakan sebagai tahunnya Nokia karena banyak sekali produk mereka yang laris manis di pasaran meskipun dijual dengan harga yang cukup mahal. Bahkan di era ini tecipta sebuah handphone yang dilengkapi kamera, yakni Sharp J-SH04 yang tepatnya dirilis di tahun 2000. Sejak saat itu perkembangan handphone sudah semakin maju dan inovasinya seolah-olah tidak bisa dibendung. Banyak lahir berbagai merk handphone canggih dengan kualitas yang baik.

Cara Kerja Handphone

Cara Kerja Handphone

Secara teori, handphone atau smartphone merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memancarkan sinyal radio. Gelombang radio inilah yang dinamakan sebagai gelombang elektromagnetik atau radiasi. Ketika handphone dalam kondisi hidup, secara kasap mata ia sedang memancarkan gelombang dengan maksud untuk mendapatkan menara BTS. Tujuannya agar ia bisa terkoneksi dengan menara BTS sesuai dengan provider yang mereka gunakan.

Hal tersebut juga sama ketika handphone berpindah tempat dimana ia juga akan berusaha mencari menara BTS terdekat. Bahkan, meskipun handphone Anda sedang dalam kondisi diam atau tidak sedang digunakan, ia akan tetap memancarkan gelombang agar supaya dapat terus terkoneksi dengan privider. Di sini berlaku komunikasi dua arah, yakni handphone dengan pemancar atau menara BTS.

Jika sinyal yang diberikan oleh BTS semakin kuat, maka membuat kerja smartphone menjadi ringan untuk mencari dan mempertahankan konektivitasnya. Begitu pula sebaliknya, jika ternyata gelombang yang berasal dari BTS tersebut lemah, maka akan membuat kerja smartphone semakain berat. Hal inilah yang membuat smartphone Anda akan cepat panas karena memang ia berusaha mendapatkan sinyal terbaik.

Jika dibiarkan, maka handphone Anda akan semakin panas dan membuat konsumsi baterai semakin cepat. Maka dari itu, jika menemukan smartphone yang panas karena mencari sinyal terbaik, ada dua hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda harus segera pindah ke tempat yang memang memiliki gelombang BTS yang kuat dan kemudain restart hp Anda. Kedua, Anda bisa mematikan smartphone Anda terlebih dahulu sampai kondisinya tidaa panas dan menunggu Anda pindah tempat.

Cara Kerja Handphone dan Perkembangannya

Cara Kerja Handphone

Selain itu, pada saat Anda menggunakan smartphone baik untuk menelpon, mengirim pesan suara, teks, maupun juga video, smartphone Anda akan secara otomatis mengirimkan gelombang yang kemudian akan langung terhubungan dengan gelombang yang berasal dari sinyal BTS. Kemudian dari sinilah sinyal tersebut akan diteruskan hingga mencapai operator atau switching office. Kemudian, operator akan menyalurkannya menuju BTS paling dekat lengkap dengan nomor tujuan.

Di saat inilah gelombang radio atau radisi akan memancar ke segala arah, termasuk juga ke kepala maupun anggota tubuh yang lainnya. Ditambah lagi, gelombang yang berasal dari menara BTS juga dapat memancar ke tubuh kita. Dengan kata lain, tubuh kita telah menerima dua gelombang radio.

Setelah Anda memahami tentang bagaimana cara kerja handphone, maka seharusnya Anda sudah tahu betul bahwasanya tubuh kita terkena radiasi atau gelombang radio dari dua sumber. Pertama dari pemancar yang sudah tertanam di dalam smartphone Anda. Kedua berasal dari menara BTS. Bahkan, tubuh kita juga berpotensi terkena paparan radiasi yang berasal dari smartphone lain yang memang jaraknya tidak jauh dari lokasi kita sekarang. Maka dari itu, penggunaan ponsel memang harus benar-benar diperhatikan agar radiasinya tidak sampai menimbulkan masalah kepada tubuh Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend