Pengertian TIK Beserta Manfaat dan Sejarah Perkembangan TIK

Di era yang sudah sangat modern saat ini hampir di semua teknologi juga mengalami perkembangan secara terus – menerus. Salah satunya adalah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Beberapa atau bahkan sebagian masyarakat pastinya sudah pernah menggunakan dan merasa familiar dengan istilah yang satu ini, namun pada realitasnya masih banyak yang kurang paham mengenai definisi sebenarnya dari teknologi informasi dan komunikasi. Dalam dunia pendidikan pun sudah mulai lebih banyak diajarkan mengingat peran dan kedudukan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari.

Pada dasarnya istilah TIK atau teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua bagian yang saling melengkapi dan sama pentingnya bagi kehidupan yakni informasi dan komunikasi, sehingga diperlukan pemahaman dasar terhadap dua hal tersebut. Dan dalam artikel kali ini kami akan mengulas tuntas mengenai pengertian TIK atau teknologi informasi dan komunikasi beserta manfaat dan sejarah perkembangannya dari dulu hingga saat ini. Langsung saja, untuk ulasan lengkap mengenai pengertian TIK dapat anda simak dibawah ini :

Pengertian TIK

pengertian TIK dan manfaat TIK

Sudah sempat dijelaskan sebelumnya bahwa TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) terdiri dari dua aspek yakni teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi serta penggunaan sebagai alat bantu pengelolaan informasi. Contoh penggunaannya adalah seperti internet, radio dan lain – lain. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan proses dalam menunjang pengiriman atau penyaluran data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Contoh penggunaannya adalah dalam pesawat telepon, handphone dan masih banyak lagi.

Dengan melihat penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa TIK merupakan perpaduan dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi, sehingga dapat didefinisikan sebagai suatu hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi serta penggunaan media untuk pengiriman atau penyaluran informasi dari satu perangkat ke perangkat lain. Salah satu faktor kemunculan TIK yakni semakin berkembangnya teknologi komputerisasi sejak abad ke 20 hingga saat ini.

Sejarah dan Perkembangan TIK

Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell

Mengingat perkembangan yang terjadi sangatlah pesat maka cukup menarik juga untuk membahas sejarah dan perkembangan TIK. Terdapat beberapa tonggak atau faktor kemunculan hingga perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari dulu hingga sekarang. Mulai dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 yang merupakan awal dari terciptanya jaringan komunikasi dengan menggunakan kabel. Pada awalnya jaringan telepon ini hanya mencakup pada wilayah Amerika saja namun perlahan mulai berkembang hingga trans-atlantik dan akhirnya menjadi media komunikasi global (hampir mencakup seluruh dunia).

Dan memasuki abad ke 20 tepatnya antara tahun 1910 sampai 1920 mulai bermunculan teknologi jaringan komunikasi tanpa kabel yang terwujud dalam siaran radio AM pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini kemudian dikembangkan lagi menjadi komunikasi audio – visual dan diwujudkan dalam perangkat televisi yang ditemukan sekitar tahun 1940. Dan puncaknya pada tahun 1943 ditemukan komputer elektronik pertama yang semakin melengkapi penerapan teknologi informasi dan komunikasi di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri juga sudah mulai mengenal dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi bahkan sebelum kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dalam pengumuman proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggunakan perantara radio ke seluruh pelosok nusantara. Di Indonesia sendiri juga pernah mengenal istilah telematics atau telematika yang memiliki artian kurang lebih sama dengan TIK (teknologi informasi dan komunikasi).

Manfaat TIK

manfaat TIK

Dengan peran penting dan kehadirannya di hampir segala aktivitas kita tentu saja membuktikan bahwa TIK (teknologi informasi dan komunikasi) memiliki banyak manfaat. Dan kali ini penulis akan menjelaskan 5 manfaat besar TIK, yakni sebagai berikut :

1. Media untuk bertukar informasi

Dengan adanya TIK setiap orang dapat lebih mudah mengakses informasi bahkan dalam genggaman dengan menggunakan fasilitas internet dalam handphone maupun komputer. Para pengguna internet juga dapat saling bertukar informasi dan semakin memperdalam ilmu pengetahuannya masing – masing dimanapun dan kapan pun.

2. Sarana komunikasi

Sebagai makhluk sosial manusia pastinya memerlukan interaksi atau komunikasi satu sama lainnya. Sebelumnya untuk menjalin interaksi kita masih menggunakan media surat dan menggunakan jasa tukang pos namun saat ini dapat diatasi dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti menggunakan email, telepon atau bahkan dengan media sosial yang saat ini menjadi tren tersendiri.

3. Mempermudah pembelajaran

Jika pada zaman dulu media pembelajaran hanya berupa buku dan surat kabar dengan jangkauan terbatas namun saat ini sudah ada internet yang memberi kebebasan bagi para pengguna belajar segala hal. Berbagai macam situs sudah tersedia dan akan terus bertambah sebagai sarana saling bertukar ilmu pengetahuan. Terdapat pula fasilitas E-Book dan video yang berisi pembelajaran tertentu.

4. Hemat biaya

Mengingat peran pentingnya di masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi juga akan memberi dampak positif dari segi biaya yang dikeluarkan. Contohnya bagi anda yang ingin menjual sesuatu tidak perlu membangun kios ataupun toko karena dengan memanfaatkan internet anda dapat membuat marketplace secara online dengan hanya modal data internet saja.

5. Meningkatkan produktivitas suatu pekerjaan

Teknologi informasi dan komunikasi hampir selalu dipakai di segala bidang bahkan termasuk untuk menunjang berlangsungnya suatu pekerjaan atau bahkan meningkatkan produktivitas. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi tentunya menghadirkan produk – produk baru seperti chatting atau bahkan komputer yang saling terhubung dalam suatu jaringan.

Itulah pembahasan kali mengenai pengertian TIK beserta manfaat dan sejarah perkembangan TIK dari masa ke masa. Tanpa adanya TIK, mustahil kita dapat menikmati berbagai macam teknologi canggih saat ini. Keberadaan TIK sangat berperan penting untuk menunjang aktivitas manusia.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend