Pengertian CSS Beserta Fungsi dan Cara Kerja CSS yang Perlu Anda Ketahui

Menanggapi kemajuan dan semakin berkembangnya era informasi pasti tidak akan ada habisnya. Salah satu bentuk kemajuan informasi di zaman yang sudah modern ini adalah semakin populernya penggunaan website. Ketika anda sedang browsing di internet pasti akan menemui berbagai macam template yang sangat bervariasi dari masing – masing halaman web yang dibuka, seakan – akan tidak ada habisnya inovasi serta variasi tampilan website.

Selain isi kontennya, terkadang bentuk tampilan pada website juga berpengaruh cukup besar dalam sistem SEO (Search Engine Optimization). Dua hal yang memegang peranan paling penting dari tampilan suatu website adalah HTML dan CSS. Hampir pada semua halam website pasti akan menjumpai dua elemen ini.

Untuk penggunaan HTML kami rasa tidak perlu diragukan lagi karena memang menjadi wadah dari website tersebut, namun masih banyak yang kurang familiar dengan adanya CSS. Hal ini tidak mengherankan karena CSS (Cascading Style Sheets) memiliki peran tersendiri yakni memperindah tampilan website. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian CSS, langsung saja anda dapat menyimak ulasannya dibawah ini :

Pengertian CSS

Pengertian CSS adalah

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah suatu website dibangun diatas sebuah HTML, dimana HTML ini adalah terdiri dari kode atau script yang dibuat oleh seorang programmer dengan tujuan tertentu. Sebuah HTML disini mempunyai kapabilitas yang terbatas dalam hal estetika atau keindahan suatu halaman web, dan disinilah letak peran penting CSS. Pada dasarnya CSS atau Cascading Style Sheet juga sama seperti HTML, PHP ataupun Javascript yakni suatu Bahasa pemrograman yang dibuat untuk menunjang fungsi website, namun masing – masing mereka memiliki porsi atau tugas yang berbeda.

Pada CSS (Cascading Style Sheets) Bahasa atau instruksi yang diberikan lebih ditujukan pada desain atau style dari halaman website yang anda buat. Dalam hal peletakan script juga bisa dengan 2 cara yakni dijadikan satu dengan halaman induk HTML (berekstensi .html) anda atau dibuatkan file khusus (berekstensi .css). Namun dalam dunia developer web lebih sering meletakkan file CSS secara terpisah untuk menghemat ukuran serta kosakata dari Bahasa CSS sendiri yang juga cukup luas.

Desain tampilan yang dimaksud dari CSS ini adalah meliputi banyak hal, mulai dari font (teks), background (latar belakang), margin halaman, spacing (jarak), button (tombol), tata – letak (sistem grid) dan masih banyak lagi. Demi menunjang tampilan website yang indah dan berkelas seorang programmer web harus memperhatikan semua aspek tersebut. Pada umumnya file CSS yang tersimpan dalam satu server hanya ada satu namun mencakup semua halaman agar lebih efektif dan biasanya juga diberi nama style.css.

Seiring berkembangnya waktu, CSS ini yang pada awalnya hanya digunakan untuk mendesain halaman berjenis HTML dan XHTML saja namun saat ini dapat digunakan pula untuk dokumen XML bahkan sampai dengan pemrograman Android. Kehadiran CSS pun semakin menjadi kebutuhan utama bagi para programmer web mengingat semakin banyak bermunculan website yang memiliki tampilan dinamis serta responsive di segala perangkat.

Fungsi CSS

fungsi CSS

Fungsi dari adanya file CSS dalam setiap website kami rasa cukup penting. Sebelumnya juga sudah sempat dibahas bahwa dengan adanya CSS anda dapat membedakan konten atau style dengan dokumen atau file website itu sendiri. Bisa dibilang salah satu tolak ukur dari kualitas halaman website yang dibuat adalah dari style yang digunakan, dan disini CSS berperan sangat vital.

Keuntungan lain dari penggunaan file CSS adalah seakan – akan dapat dibuat menjadi library style yang bisa digunakan lagi sewaktu – waktu, tergantung dari anda untuk mengkreasikannya agar bentuk tampilan antar website yang dibuat tidak sama. Selain itu dengan adanya CSS seorang programmer web juga diberi kebebasan untuk berinovasi serta berkreasi seindah mungkin karena tidak ada batasan – batasan dari penggunaan kode CSS itu sendiri.

Cara Kerja CSS

cara kerja CSS

Berbeda dari pembelajaran HTML, PHP atau Javascript yang memiliki rumus atau metode tersendiri pada CSS cara kerja penulisan kode bisa dibilang paling mudah. Seorang programmer hanya perlu menambah wawasan mengenai instruksi atau perintah untuk mendesain web secara menyeluruh. Pada CSS anda hanya perlu menulis stylenya saja yang terdiri atas selector id dan class. Contohnya jika anda berfokus pada background atau latar belakang anda dapat mengatur penggunaan image atau warna solid sebagai background, serta mensetting ukuran secara fixed atau sesuai ukuran asli dan lain sebagainya.

Jika penulisan kode CSS dijadikan satu dengan file HTML maka biasanya dapat ditulis di bagian Head, beda halnya dengan file Javascript yang diletakan pada Body di bagian terakhir. Sedangkan jika penulisan file CSS di halaman tersendiri maka tidak ada patokan khusus, namun perlu diperhatikan pada dokumen yang menggunakan CSS haruslah ada instruksi untuk pemanggilan file CSS beserta class – classnya.

Untuk mengetahui macam – macam kode atau script dari CSS anda dapat mencari di internet baik secara utuh maupun dalam bentuk tutorial satu – persatu. Tergantung dari anda sendiri lebih cocok menggunakan metode apa dalam pembelajaran.

Saat inipun sudah banyak dijumpai paket pembelajaran CSS lengkap seperti W3School dengan bahasan mengenai website secara menyeluruh serta Bootstrap yang saat ini juga cukup menjadi trending. Di dalam Bootstrap ini anda dapat menemukan script otomatis untuk Front End Website (desain / tampilan website) meliputi HTML, CSS dan Javascript khusus pengguna Bootstrap.

Itulah pengertian CSS beserta fungsi dan cara kerja CSS yang perlu anda ketahui. Dengan bantuan CSS, kita dapat membuat tampilan website yang kita buat menjadi lebih keren dan menarik. Selain itu, keberadaan CSS ini tidak membuat loading website anda menjadi berat. Semoga penjelasan mengenai CSS ini bermanfaat dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Send this to a friend