Pengertian Bootstrap Beserta Fungsi, Kekurangan, dan Kelebihan Bootstrap

Pengertian Boostrap

Apa yang Anda ketahui tentang bootstrap? Bootstrap merupakan sebuah library atau kumpulan dari berbagai fungsi yang terdapat di framework CSS dan dibuat secara khusus di bagian pengembangan pada front-end website. Bootsrap juga termasuk ke dalam salah satu dari framework HTML, Javascript, dan juga CSS yang sangat populer pada ranah web developer.

Saat ini hampir semua web developer sudah menggunakan bootstrap untuk hal pengembangan front-end agar supaya bisa lebih mudah dan lebih cepat. Alasannya karena mereka hanya harus menambahkan class tertentu. Contohnya seperti membuat grid, tombol, navigasi, dan lain sebagainya. Pada bootstrap juga sudah disediakan berbagai komponen dasar class interface yang bertujuan untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik.

Selain itu, website juga akan lebih ringan dan bersih dan berbagai masalah yang bisa membuatnya lemot atau lambat. Bootstrap juga akan memberikan kebebasan di dalam mengembangkan tampilan website. Cara yang dilakukan yakni dengan mengubah tampilan pada bootstrap dengan penambahan CSS dan juga class.

Salah satu website yang diketahui menggunakan bootstrap adalah Twitter. Siapa yang tidak mengenal aplikasi media sosial yang satu ini. Interface atau tampilan yang dimiliki oleh Twitter diketahui dibangun menggunakan bootstrap. Dikarenakan bootstrap berasal dari hasil pengembangann para developer twitter, maka tidak heran jika biasanya ia dinamakan twitter bootstrap.

Bootstrap juga menyediakan kumpulan kelas yang sudah siap untuk digunakan. Misalnya ketika Anda hendak membuat tombol tapi Anda tidak harus merancang dan juga mengetik syntax css. Dengan bootstrap, pembuatan atau penambahan tombol tersebut bisa Anda wujudkan dalam waktu yang singkat. Anda hanya perlu menambah class ‘btn’. Selanjutnya Anda bisa menambahkan class btn tambahan.

Fungsi dan Kegunaan Bootstrap

pengertian bootstrap adalah

Sudah tentu bootstrap memiliki kegunaan atau fungsi yang sudah tentu akan memudahkan pekerjaan Anda di dalam mengolah website. Beberapa fungsi yang dimiliki oleh bootstrap antara lain:

  • Bootstrap akan membantu di dalam membuat dan mendesain sebuah website yang cepat dan juga responsif. Maksudnya, tampilan suatu web yang dibuat dengan menggunakan bootstrap akan langsung menyesuaikan dengan ukuran layar pada browser. Jadi, bagi Anda yang membuka website tersebut, baik itu di smartphone atau komputer, maka tampilan website akan secara otomatis menyesuaikan dengan layar perangkat Anda tersebut.
  • Bootstrap juga akan membantu di dalam membuat dan mengembangkan sebuah website yang bersifat dinamis maupun statis. Anda tinggal menentukan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Bootstrap sudah menyediakan berbagai class interface yang berguna untuk membantu sebuah website agar ringan dan cepat ketika diakses.
  • Boostrap juga membantu di dalam melakukan pengaturan pada layout sebuah page di website. Hal ini karena bootstrap sudah dilengkapi dengan fitur bernama grid.
  • Anda juga bisa langsung menambahkan CSS maupun class sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mendesain website Anda sehingga memiliki tampilan yang lebih variatif.

Intilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang, khususnya mereka yang berkecimpung di dunia web developer mulai melirik bootstrap. Sudah banyak orang yang merasakan keuntungan atau manfaat menggunakan boostrap. Jadi, bagi Anda yang baru saja mempelajari cara membuat website, maka buatlah website Anda tersebut dengan bootstrap.

Kelebihan dan Kekurangan Bootstrap

Kelebihan dan Kekurangan Bootstrap

Tampilan Website yang Menggunakan Bootstrap

Sudah sewajarnya suatu sistem atau program memiliki kekurangan, termasuk juga bootstrap. Adapun beberapa hal yang termasuk ke dalam kelebihan dan juga kekurangan bootstrap akan kami jelaskan seperti di bawah ini:

1. Kelebihan Bootstrap

Di bawah ini beberapa kelebihan dan dimiliki oleh bootstrap, yaitu:

  • Bisa digunakan untuk membantu mempercepat ketika membuat front-end pada website.
  • Bootstrap memiliki tampilan yang modern sehingga bisa membuat website Anda memiliki tampilan yang menarik.
  • Bootstrap akan membuat tampilan website Anda lebih responsif. Jadi, ketika Anda menggunakan smartphone ataupun komputer untuk membuat websiter Anda, maka ia akan menyesuaiakan dengan ukuran layar.
  • Boostrap juga akan membuat website Anda lebih ringan ketika dibuka. Jadi mereka yang ingin mengakses website Anda tidak harus menunggu waktu yang lama. Hal ini karena sebelumnya proses pembuatan bootstrap sudah dilakukan secara rapi dan sistematis.
  • Dengan adanya bootstrap, maka Anda bisa memperoleh semua macam warna, operasi penggunaan, dan juga berbagai macam variabel yang Anda butuhkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi karena hasilnya sudah tentu tidak akan berlainan ketika Anda membukanya di perangkat yang berbeda.
  • Bootstrap diketahui lebih lengkap. Hal ini karena ia sudah mencakup CSS, HTML, dan juga Javascript.
  • Open source, maksudnya Anda tidak perlu harus mendapatkan lisensi dan bahkan Anda bisa mengembangkan website Anda sesuai dengan kebutuhan atau keperluan Anda.
  • Kerangka yang dimiliki oleh bootstrap menggunakan Less. Less merupakan sebuah teknologi dari CSS yang terkenal akan kemudahannya. Less menawarkan banyak fleksibilitas dan juga kekuatan.

2. Kekurangan Bootstrap

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh bootstrap yaitu seperti di bawah ini:

  • Dikarenakan menggunakan CSS3, maka bootstrap minim gambar.
  • Dikarenakan terlalu fokus pada coding, sehingga membuat kita kurang begitu kreatif untuk mendesain website sesuai dengna apa yang benar-benar diinginkan.
  • Bootstrap ternyata masih belum mampu untuk bisa menampilkan tampilan website yang sama di seluruh browser. Jadi hanya beberapa browser tertentu saja yang tampikan website dari boostrap sesuai dengan layar perangkat yang digunakan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa platform social media yang menggunakan Bootstrap salah satunya adalah Twitter. Ada beberapa alasan mengapa twitter menggunakan bootstrap, diantaranya:

  • Waktu pembuatan yang realtif cepat
  • Templatenya lebih rapi
  • Dengan bootstrap, maka template pada website menjadi lebih ringan
  • Membuat website responsif

Itulah sedikit penjelasan kami mengenai pengertian Boostrap beserta kegunaan, kelebihan dan kekurangan Boostrap yang perlu anda ketahui. Siapa tahu anda ingin membuat website profesional, maka Boostrap ini bisa anda pertimbangkan untuk menuntang tampilan dan fungsionalitas dari website yang akan anda buat.

Leave a Reply

Send this to a friend