Pengertian Epub Adalah

Pengertian Epub Beserta Fungsi dan Cara Membuka File Epub

Pengertian Epub

Epub merupakan buku digital yang memiliki format standar. Organisasi atau forum yang berhasl menghembangkan format buku ini adalah IDPF yang merupakan kepanjangan dari International Digital Publishing Forum. Epub merupakan satu diantara beberapa format buku digital yang bisa Anda buka di perangkat elektronik. Anda bisa membukanya di tablet, smartphone, laptop, atau bahkan hp biasa sekalipun. Epub atau (*.epub) adalah format buku yang cara kerjanya memanfaatkan HTML dan juga xHTML terbuka sehingga siapapun dan perangkat apapun bisa menggunakannya.

Perlu dipahami bahwa sebenarnya Epub tidak jauh berbeda dengan PDF maupun format buku yang lainnya. Format buku tersebut juga sama-sama mendukung video dan audio dan juga termasuk ringan alias tidak akan membuat perangkat Anda menjadi lemot. Akan tetapi, jika Anda memperhatikan lebih lanjut maka Anda akann menemukan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara buku dengan format Epub dan PDF.

Jika buku dengan format PDF di buka di perangkat yang berbeda, maka file tersebut akan tetap memiliki tampilan yang sama. Tampilannya tidak akan berubah sesuai dengan ukuran ketika pertama kali membuatnya. Jika format PDF tersebut pembuatannya menggunakan kertas A4 dan kemudian dibuka di perangkat elektronik yang menggunakan kertas remi, maka ketika Anda hendak membacanya harus Anda besarkan dulu layarnya.

Pengertian Epub adalah

Hal ini akan sangat mengganggu ketika Anda hendak membaca buku digital tersebut karena Anda harus memperbesar dan memperkecil layar yang tentunya akan membutuhkan waktu yang laam untuk menyelesaikannya. Lalu bagaimana dengan Epub? Epub merupakan format buku digital yang hadir dengan ciri yang menarik. Ukuran huruf dan juga paragram pada buku yang berformat Epub akan secara otomatis menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan membaca.

Jadi, Anda tidak perlu lagi memperbesar maupun memperkecil ukuran buku tersebut ketika membacanya. Jadi, Anda bisa dengan leluasa mendapatkan informasi yang Anda inginkan tanpa membutuhkan waktu lama karena terkendala dengan ukuran buku pada Epub. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa Epub hanya dikhususkan hanya untuk dibaca. Anda tidak bisa mencetaknya seperti halnya ketika menggunakan file PDF.

Kesimpulannya, kedua format buku ini sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, bagi Anda yang hanya ingin membaca buku digital karena menjadikannya sebagai alternatif dibandingkan membaca buku cetak, maka kami sarankan Anda menggunakan Epub. Sebaliknya, bagi Anda yang ingin mencetak buku digital tersebut maka gunakanlah buku yang berformat PDF.

Fungsi Epub

Pengertian Epub dan Fungsinya

Adapun fungsi dari format buku Epub adalah memfokuskan terhadap media baca dengan memanfaatkan perangkat elektronik yang dijadikan sebagai alteratif dibandingkan harus membaca buku cetak yang tebal dan berat. Dengan adanya Epub, maka Anda tinggal menyimpannya di perangkat elektronik dan tinggal membukanya ketika hendak membacanya.

Epub juga berfungsi untuk membuat pekerjaan Anda lebih efisien karena setiap hari tidak perlu membawa buku tebal ke tempat kerja atau ke sekolah.

Selain itu, Epub juga bermanfaat sebagai media yang menyediakan berbagai macam informasi secara lengkap serta menjadikannya sebagai format buku digital yang mudah untuk dipahami. Hal ini karena Epub juga telah support video dan audio seperti yang ada di PDF.

Bagi Anda yang hendak menggunakan Epub, maka sebelumnya Anda harus menginstall terlebih dahulu sebuah aplikasi yang bernama Sigit. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang dibuat secara khusus untuk membuat, merancang, dan membuka buku yang berformat Epub tersebut. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di toko aplikasi yang ada di smartphone Anda maupun mendownload di berbagai situs di internet yang memang sudah menyediakan aplikasi ini secara gratis.

Keunggulan yang Ada di Epub

Lalu apa saja kelebihan yang ada di Epub? Epub memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mempermudah pekerjaan Anda ketika membaca sebuah buku digital. Beberapa keunggulan yang ada di dalam Epub akan kami jelaskan seperti di bawah ini:

  • Epub menyediakan berbagai macam format yang bisa Anda buka dan manfaatkan secara gratis. Tidak ada fitur yang meminta Anda untuk membayar.
  • Epub bisa Anda buka pada perangkat elektronik mana pun tanpa harus khawatir perangkat tersebut tidak support dengan Epub. Namun sebelum Anda harus menginstall terlebih dahulu sebuah aplikasi yang memang digunakan untuk membuka format buku digital yang satu ini.
  • Epub merupakan sebuah format buku digital yang sudah support dengan audio dan video. Dengan adanya vidoe maupun juga audio tersebut maka Anda bisa lebih mudah di dalam memahami apa yang ada pada penjelasan buku tersebut.
  • Epub juga telah menyediakan sebuah fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengatur seberapa besar atau kecil ukuran teks. Jadi, Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan maupun kebutuhan Anda.
  • Epub juga telah mendukung RDM.
  • Memiliki tampilan yang dinamis karena buku dengan format Epub akan secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar yang ada pada smartphone maupun perangkat elektronik yang Anda gunakan untuk membukanya.

Apa Saja Perangkat yang Bisa Membuka Epub?

Pertanyaan seperti ini juga muncul dimana orang yang baru menggunakan Epub akan bertanya-tanya kira-kira perangkat apa saja yang bisa digunakan untuk membuka perangkat ini? Di bawah ini beberapa perangkat yang memang dibuat khusus agar bisa membuka format Epub.

  • Android, seperti ideal reader dan FBreader
  • Komputer, seperti Plugin Firefox, AZARDI, dan Calibre
  • Kobo eReader
  • Barners and Noble Book
  • ISO, seperti ireader
  • Blackberry Playbook

Cara Membuka File Epub

Pengertian Epub dan Cara Membukanya

  • Pertama Anda harus menyiapkan perangkat elektronik yang Anda gunakan
  • Kedua, install aplikasi pembuka Epub yang sesuai dengan perangkat Anda
  • Ketiga, buka aplikasi tersebut dan carilah mana file Epub yang hendak Anda buka
  • Keempat, file Epub sudah bisa dibuka

Demikian penjelasan dari kami mengenai pengertian Epub beserta fungsi, dan cara membuka Epub. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend