Pengertian Beserta Tugas dan Tanggung Jawab IT Support, Yuk Disimak!

Pernahkah anda membaca berita lowongan kerja atau mungkin dalam struktur organisasi perusahaan ada tulisan IT Support? Keberadaan nya memang saat ini hampir selalu ada, meskipun tidak memerlukan banyak SDM.

Hal ini dikarenakan hampir dalam setiap perusahaan sudah menerapkan teknologi modern dalam semua kegiatan. Bisa dalam bentuk pembuatan sistem aplikasi, penggunaan jaringan (network), dan masih banyak lagi selama masih berada dalam lingkup IT.

Sebagian orang pasti masih bertanya – tanya sebenarnya apa definisi dari IT support tersebut. Apakah pekerjaannya sama dengan staff IT atau bahkan teknisi IT, dan jika berbeda dimanakah letak perbedaan nya? Dalam artikel kali ini penulis akan lebih mengulas lengkap mengenai pengertian serta tugas dan tanggung jawab IT support.

Apa itu IT Support?

Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

IT support adalah suatu istilah atau sebutan bagi seorang teknisi pada sebuah perusahaan atau organisasi dan khusus menangani seputar instalasi, evaluasi dan peningkatan komputer, software serta pada sistem jaringan (network sistem).

Tentu saja mereka yang berkecimpung di profesi ini harus benar – benar memahami instalasi dan maintenance terhadap komputer, software serta network. Hal ini dikarenakan dalam perusahaan khususnya bagian kantor dalam setiap prosesnya pasti bergantung pada 3 hal itu. Oleh karena itu ketika ada kerusakan atau gangguan seorang IT support harus mampu dengan cepat mencari solusinya.

Untuk standar pendidikan dari IT support juga tidak terlalu dibatasi (selama masih dalam posisi staff biasa) mulai dari SMK sederajat (jika memang memiliki kemampuan yang diharapkan) sampai ke jenjang D3 dan S1.

Syarat ini juga berbeda – beda pada masing – masing perusahaan. Sama halnya dengan pendidikan dalam penerapan gaji pun juga beragam sesuai skill yang dimiliki dan pendidikan terakhir, namun pada umumnya seorang IT support mendapatkan gaji diatas UMR kota masing – masing.

Kenali Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

Mengingat lingkupnya yang cukup luas profesi IT support sebenarnya dapat dibagi lagi berdasarkan keahlian yang dibutuhkan dan tentu saja mempengaruhi jobdesk nya nanti. Yang paling umum ditemui adalah Help Desk Analyst, Komputer Sistem Analyst serta Network Support Specialist.

Perlu diingat juga bahwa terkadang orang memiliki anggapan yang salah bahwasanya IT support dan Staff IT, atau bahkan IT jaringan memiliki posisi dan job desk yang sama. Sebenarnya hanya masalah perspektif dan bagaimana orang memandang suatu profesi dengan orang lain wajar jika berbeda.

Seorang staff IT biasanya lebih cenderung kearah pembuatan dan maintenance unsur – unsur dalam software (programming). Sedangkan IT jaringan tentu saja lebih focus pada permasalahan jaringan internet, LAN atau sarana penghubung lainnya. Seorang IT support biasanya tidak dituntut untuk memahami secara keseluruhan pada satu bidang mengingat tanggung jawab nya yang besar (pengelolaan hardware dan software).

Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

Tugas dan Tanggung Jawab IT Support yang Perlu Diketahui

Dalam penjelasan sebelumnya sudah dijelaskan mengenai gambaran dari profesi IT support. Setelah mengetahui apa itu IT support maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai job desk atau tanggung jawab dari IT support itu sendiri. Informasi ini akan sangat penting terutama bagi anda yang tertarik ingin mencoba profesi yang satu ini.

  • Pertama adalah seorang IT support harus memastikan penggunaan komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya serta koneksi antar client dalam suatu jaringan dapat berjalan dengan baik. Jika ditemui gangguan maka segera harus dicari solusinya.
  • Anda juga harus memastikan penggunaan aplikasi – aplikasi pada user dapat berjalan normal. Pastikan juga aplikasi yang dijalankan selalu yang paling update sehingga semua fungsi sudah tersedia. Disarankan juga meminimalisir penggunaan aplikasi bajakan demi menunjang kinerja yang lebih baik pada perusahaan yang anda tempati.
  • Kembali ke penanganan jaringan, meskipun masing – masing user saling terhubung namun tetap data yang ada harus memiliki privasi yang jelas. Orang lain seharusnya tidak bisa merubah, mengambil atau menghapus data dalam suatu komputer tanpa seizin yang bersangkutan. Hal ini juga harus bisa ditangani oleh seorang IT support.
  • Dalam hal memberi keamanan serta melindungi data – data penting perusahaan anda juga harus selalu menyiapkan proteksi atau sistem backup untuk berjaga – jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Data yang di backup juga harus bisa direstore setiap saat ketika memang terjadi masalah.
  • Selain terhadap perangkat utama pada komputer anda juga harus memastikan kinerja dari perangkat pendukung yang lain seperti printer, scanner dan masih banyak lagi. Hal ini juga sama pentingnya dalam berjalannya suatu pekerjaan dalam perusahaan, terutama di lingkungan kantor.
  • Kehadiran virus, malware dan gangguan sejenisnya juga menjadi hal yang harus diwaspadai. Proses pertukaran data yang kurang aman serta terbukanya koneksi internet menjadi penyebab terbesar kemunculan gangguan – gangguan tersebut. Seorang IT support harus dapat mencegah hal itu terjadi, bisa dengan menggunakan antivirus resmi, atau prosedur keamanan lainnya.

Sebagai seorang IT support diperlukan juga pengetahuan yang luas mengenai aplikasi – aplikasi langganan pada suatu perusahaan seperti Ms Office lengkap, Auto Cad, Aplikasi Stok dan Penjualan dan masih banyak lagi sesuai lingkup dan bidang usahanya.

Selain terhadap software diperlukan pemaham juga mengenai perangkat keras baik untuk menunjang kinerja komputer maupun untuk jaringan. Contohnya seperti switch, router, power supply dan hub serta masih banyak lagi. Akan tetapi dalam hal ini juga perlu batasan karena ketika memasuki tahap perbaikan maka sudah bukan tanggung jawab IT support lagi. Tugasnya hanyalah menganalisa dan mengambil keputusan dari masalah yang terjadi.

Leave a Reply

Send this to a friend