Pengertian Disket Beserta Sejarah, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Disket

Apa Anda tahu apa itu disket? Disket merupakan salah satu perangkat komputer yang juga dinamakan sebagai floppy disk. Disket merupakan salah satu media penyimpanan yang memang sekarang sudah tidak digunakan lagi karena sudah ada hardisk, baik itu hardisk internal maupun eksternal. Perlu dipahami bahwa disket adalah sebuah cakram magnetik yang memiliki kapasitas sangat kecil. Bayangkan saja kapasitasnya kurang lebih mencapai 1,44 MB.

Dengan kapasitas tersebut kira-kira sekarang hanya bisa digunakan untuk menyimpan satu sampai tiga dokumen berformat PDF. Hal inilah yang membuat disket sudah tidak digunakan kembali karena sekarang file-file yang kita memiliki atau yang ada di internet memiliki kapasitas yang sangat besar. Jika diperhatikan, disket memiliki bentuk yang lentur dan juga tipis dengan dilapisi sebuah persegi yang biasanya juga berbentuk persegi panjang.

Sejarah Disket

Pengertian Disket Adalah

Kali ini kami akan membahas mengenai sejarah disket atau floppy disk yang banyak orang belum mengetahuinya. Awal mula penggunaan disket adalah di tahun 1967 dimana ketika IBM atau Internasional Bussiness Machines mulai menugaskan bagian divisi penyimpanan agar supaya mereka mampu membuat sebuah sistem yang sangat sederhana yang nantinya bisa digunakan untuk meloading microcode agar bisa masuk ke dalam mainframe 370.

Kemudian pada tahu 1971, para teknisi IBM yang diketuai oleh Alan Shugart pada akhirnya telah berhasil membuat disket atau floppy disk pertama. Memang ketika pertama kali dibuat, mereka tidak menamainya sebagai disket maupun floppy disk namun lebih terkenal dengan istilah memory disk. Adapun kata Floppy sendiri berasal dari sebuah kata yang berarti fleksibel. Alasannya karena memang media penyimpanan yang satu ini bersifat fleksibel.

Setelah itu, pada tahun 1975, ada sebuah perusahaan bernama Borroughs Coorporation yang kemudian mulai mengembangkan sebuah prototipe disket ini yang memiliki ukuran sebesar 5 inci. Tujuan mereka mulai mengerjakna projek ini adalah keinginannya untuk menciptakan sebuah alat yang nantinya dapat digunakan sebagai pengganti dari disket yang berukuran 5 inci tersebut. Akan tetapi, pada akhirnya perusahaan ini sepertinya mengalami kesulitan sampai tidak lagi melanjutkan projek tersebut.

Pengertian Disket dan Cara Kerjanya

Satu tahun kemudian, disket sudah secara resmi berhasil dibuat oleh Alan Shugart dan para teknisinya yang sebenarnya merupakan permintaan dari sebuah perusahaan komputer yang bernama Laboratories. Mereka berkeinginan agar supaya media penyimpanan yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk komputer mereka. Semenjak itulah para produsen dari komputer yang lainnya juga mulai menerapkan ide yang satu ini.

Kemudian di tahun 1980, mulailah disket tersebut ditawarkan ke berbagai perusahaan dengan masing-masing dari sistem komputer menggunakan format yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Pada tahun 1981, Sony berhasil membuat dan memperkenalkan disket mereka yang hanya berukuran 3,5 inci. Kemudian di tahun 1984, Apple Comuter memutuskan untuk menggunakan disket garapan Sony tersebut untuk kemudian dipasang pada computer Macintosh yang setelah itu langsung dijadikan sebagai sebuah format standar di Negeri Paman Sam.

Fungsi Disket

Fungsi Disket

Disket merupakan sebuah media penyimpanan yang bersifat removeable. Artinya, media penyimpanan ini bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Floppy disk atau disket digunakan untuk memperoleh sebuah informasi mengenai data yang keluar maupun yang masuk di dalam sistem komputer. Jika Anda mempunyai disket dengan kapasitas yang tidak sama.

Maka disket yang pertama akan ditandai dengan kode A dan disket kedua ditandai dengan kode B. Disket  biasanya dinamakan sebagai drive disket yang digunakan untuk PC di seluruh dunia. Memiliki bentuk yang bulat, tipis, dan berupa potongan datar. Adapun untuk fungsinya sendiri tentu Anda sudah paham bahwa ia merupakan sebuah media penyimpanan komputer.

Namun disket hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang begitu kecil sehingga terkadang membutuhkan banyak disket dengan data yang berbeda-beda. Pada akhirnya, penggunaan disket mulai ditinggalkan dan pada akhirnya benar-benar ditinggalkan ketika sudah ada HDD atau hardisk drive.

Cara Kerja Disket

Pengertian Disket dan Cara Kerjanya

Cara kerja Disket Sector & Track Read & Write disk

Perlu Anda tahu bahwa disket membutuhkan beberapa tahapan ketika hendak menulis data sehingga nanti data tersebut benar-benar disimpan. Di bawah ini cara kerja disket yang akan kami jelaskan kepada Anda.

  • Program yang ada di komputer akan mulai meneruskan perintah yang diterima menuju perangkat keras atau hardware yang nantinya akan diberikan kepada disket agar bisa menulis data tersebut.
  • Perangkat keras dan juga kontroler yang ada di dalam disket akan mulai menyalakan motor untuk mulai memutar disket. Sekedar tambahan bahwa disk yang terdapat di dalam disket berbentuk piringan bundar yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam segmen kecil yang biasanya dinamakan sebagai sector.
  • Motor kedua dinamakan sebagai stepper motor dengan fungsi menempatkan heads agar berada di track selanjutnya. Proses seperti ini berlangsung ketika heads berada di track sebelumnya dan hendak menuju ke track selanjutnya. Sementara waktu perpindahan antara track yang satu ke track yang kedua dinamakan sebagai access time.
  • Head yang berasal dari read maupun write nantinya akan berhenti di track. Fungsi head dari read adalah untuk melakukan pengecekan apakah sudah memiliki data maupun tidak.
  • Sebelum data dituliskan di disket, terdapat sebuah erase coil yang berfungsi membersihkan sector. Ukuran yang dimiliki oleh head ke write cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan sector yang nantinya akan ditulis datanya tersebut.
  • Setelah itu, head dari write yang sudah diberikan energi mulai meletakkan data ke disket. Caranya adalah dengan memberikan magnet yang terdapat di dalam media recordings atau perekaman.
  • Disket kemudian berhenti berputar. Saat ini disket telah menunggu perintah lain yang akan diberikan komputer.

Itulah pengertian Disket beserta sejarah, fungsi dan cara kerja Disket yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend