Kenali Pengertian IBM Beserta Sejarah IBM dan Produk-Produk yang Diciptakan oleh IBM

Jika mendengar kata IBM, sudah pasti yang terbayang di benak Anda adalah seperangkat komputer dan isinya. Mungkin Anda juga sudah mengetahui bahwa IBM adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dalam kurun waktu satu abad lebih.

Namun tahukah Anda bagaimana IBM terbentuk? Sudah tahukah anda bahwa ternyata perusahaan ini merupakan gabungan dari beberapa perusahan dan produk pertamanya bukanlah komputer? Dalam artikel di bawah ini, akan disajikan secara lengkap pengertian IBM beserta sejarah dan produk-produk IBM untuk menambah wawasan Anda.

Pengertian IBM

 

pengertian ibm adalah

IBM sendiri merupakan singkatan dari International Business Machines Corporation, yang merupakan perusahaan berplat Amerika Serikat yang berkutat di bidang produksi dan penjualan perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. IBM sendiri telah didirikan semenjak tanggal 16 Juni 1911, dengan kantor pusat di Armonk, New York, Amerika Serikat. IBM sendiri sebetulnya merupakan gabungan dari 4 perusahaan besar, yaitu :

  • The Tabulating Machine Company
  • The International Time Recording Company
  • The Computing Scale Corporation
  • The Bundy Manufacturing Company

Perusahaan yang satu ini bisa dibilang adalah perusahaan teknologi informasi paling besar di dunia, yang telah memiliki konsultan serta teknisi di lebih dai 170 negara yang ada di dunia, juga dilengkapi dengan laboratorium pengembangan di cabang ilmu komputer dan teknologi seluruh dunia. Beberapa produk IBM yang paling laku di pasaran antara lain Mainframe (tahun 1960-an), IBM PC, RA/6000 dan AS/400 (1980-an) dan juga PowerPC CPU (produk kerjasama dengan Motorola tahun 1990-an).

Sejarah Terbentuknya IBM

sejarah ibm

Charles Ranlett Flint, founder perusahaan IBM

Secara garis besar, IBM sendiri telah melewati tiga masa, yaitu berturut-turut masa tabulasi, masa komputasi, dan masa sistem pintar. Masa tabulasi sendiri berlangsung di tahun 1800-an saat pertama kali IBM mulai beroperasi hingga tahun 1929. Setelahnya, beralih ke masa komputasi pada tahun 1953 saat mulai mengenalkan sistem komputer pertama, dan kini memasuki masa sistem pintar dengan mengembangkan superkomputer yang kira-kira mampu menyamai otak manusia. Untuk lebih detailnya mengenai sejarah IBM, Anda dapat memperhatikannya dalam timeline berikut:

  • 1885 : Julius E. Pitrap menemukan timbangan berbasis komputer.
  • 1888 : Alexander Dey menemukan dial recorder.
  • 1889 : Herman Hollerith menemukan Mesin Tabulasi Elektrik, juga Williard Bundy menemukan alat pengukur waktu kerja karyawan.
  • 1911 : Charles Ranlett Flint menghimpun keempat penemu sebelumnya untuk mendirikan perusahan Computing-Tabulating-Recording. Teknologi yang pertama kali dikembangkan sama sekali tak berhubungan dengan komputer, melainkan mesin pemotong keju dan mesin tabulasi dengan kartu berlubang.
  • 1914 : Flint kemudian merekrut Thomas J. Watson untuk memimpin perusahaan. Selama empat tahun dipimpin oleh Watson, perusahaan ini berhasil meraup pendapatan lebih dari dua kali lipat sebelumnya yang jumlahnya mencapai US$ 9 juta.
  • 1924 : C-T-R berubah namanya menjadi IBM.
  • 1953 : Beralih ke masa komputasi, mulai memperkenalkan komputer pertama yang setahun setelahnya dipasarkan kepada publik.
  • 1957 : Dikembangkan sebuah bahasa program ilmiah FORTRAN (Formula Translation) oleh IBM.
  • 1964 : Komputer yang diproduksi IBM berhasil membantu NASA melakukan rekan jejak astronot Mercury.
  • 1965 : Markas IBM pindah dari New York City ke Armonk.
  • 1981: IBM mengeluarkan produk PC (Personal Computer), setelah Apple juga mengeluarkan PC pertamanya pada tahun 1977.
  • 2002 : IBM membeli bagian konsultasi dari PwC (PricewaterhouseCoopers), sebuah kantor jasa professional terbesar di dunia.
  • 2003 : Proyek penulisan nilai perusahaan menggunakan Jam yang diikuti 50.000 karyawan dan hasilnya dianalisa menggunakan eClassifier. Menghasilkan 3 nilai yang dianut perusahaan, yakni “Berdedikasi untuk setiap kesuksesan klien”, “Inovasi yang Terpenting – Untuk Perusahaan dan untuk Dunia”, serta “Kepercayaan dan Tanggung Jawab Pribadi dalam Semua Hubungan”.
  • 2005 : IBM menjual bisnis PC kepada Lenovo, dan pada tahun ini juga membeli Micromuse.
  • 2011 : IBM termasuk salah satu perusahaan penerima paten terbanyak dari pemerintah Amerika Serikat.

Produk-Produk IBM

produk-produk IBM

Komputer mainframe buatan IBM

1. Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Service

Beberapa contoh perangkat keras yang telah diproduksi IBM antara lain mesin server dari mulai Sistem P, Sistem I, hingga Sistem X, lalu ada pula teknologi penyimpanan (storage), dan juga mesin pencetak. Sementara itu, untuk perangkat lunak, terdapat DB2 yang digunakan untuk mengelola data, WebSphere berupa aplikasi dan middleware, Tivoli yang berfungsi mengelola sistem dan jaringan, Rational untuk pembuatan aplikasi, dan Lotus untuk kolaborasi. IBM juga menyediakan produk jasa berupa pelayanan service, termasuk kelangsungan dan perubahan bisnis, sistem aplikasi, service komputer dan perangkat lunak.

2. Mainframe Computer

Salah satu produk unggulan IBM adalah komputer mainframe. Komputer mainframe memiliki wujud fisik berupa sebuah komputer besar yang diperuntukkan kegunaannya sebagai pemroses data dan aplikasi yang besar. Komputer mainframe banyak digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang membutuhkan banyak data, seperti misalnya riset penelitian, keperluan militer, transaksi finansial, dan juga sensus.

Dalam waktu bersamaan, sebuah komputer mainframe dapat menangani ratusan pengguna, karena itulah harganya cukup mahal dan cukup menghabiskan daya listrik dalam jumlah tidak sedikit. Walau begitu, keunggulannya telah teruji dari segi pengolahan data dan ketangguhannya mengoperasikan berbagai macam aplikasi. Dari IBM sendiri, komputer mainframe mulai populer pada awal tahun 1970-an, saat produknya telah memiliki interface yang memudahkan pengguna.

Demikianlah ulasan mengenai salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, dari mulai pengertian IBM beserta sejarah, hingga contoh produknya yang mungkin juga Anda gunakan hingga saat ini. Satu yang pasti, IBM memang tak dapat dipandang sebelah mata, terutama dari kemampuannya berinovasi dan terus eksis hingga saat ini.

Leave a Reply

Send this to a friend