Pengertian Komputer Mainframe Beserta Fungsi dan Ciri-Ciri Komputer Mainframe

Pengertian Komputer Mainframe

Mainframe di dalam bahasa Inggris memiliki pengertian sebuah teknologi informasi kelas tinggi yang terdiri dari beberapa komputer dengan kemampuannya dalam melaksanakan berbagai macam tugas yang berkenaan dengan komputasi rumit untuk jangka waktu yang relatif singkat. Penggunaan mainframe biasanya lebih sering untuk komputer yang terhubung melalui sebuah terminal.

Perlu dipahami bahwasanya komputer mainframe lebih terkonsentrasi pada pusat data, dimana ia akan dijadikan sebagai sumber dari berbagai energi komputasi. Namun, seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin maju membuat PC atau Personal Computer sudah mulai berusaha mendekati fungsi yang dimiliki oleh komputer mainframe.

Komputer mainframe juga digunakan untuk perkiraan yang bersifat sederhana dimana ia melibatkan sebuah data dalam jumlah yang besar, seperti bisnis untuk ansuransi maupun juga aplikasi yang digunakan sebagai polling untuk Pemilu maupun juga Pilpres. Untuk itulah, komputer mainframe didesain agar supaya mampu menjalankan tugas dalam cakupan yang lebih luas.

Pengertian Superkomputer

Ketika membahas mengenai komputer mainframe, tentu kita tidak bisa mengabaikan pembahasan seputar superkomputer. Jika berbicara mengenai superkomputer, maka ia sebenarnya merupakan sebuah komputer kelas dunia yang menjadi pemimpin di dunia dalam urusan proses dan juga kecepatannya di masa awal diperkenalkan. Superkomputer mulai diperkenalkan sekitar tahun 1960 yang mana ia diciptakan oleh seseorang yang bernama Saymour Cray di Control Data Corporation atau CDC.

Crey waktu itu telah dinobatkan sebagai pemimpin komputer selama kurang lebih 25 tahun, yakni mulai tahun 1965 sampai dengan 1990. Di saat itu juga mulai banyak para pesaing yang sudah mulai memperkenalkan produk mereka di tahun 1980. Saat ini, pasar yang berkenaan dengan superkomputer telah dipegang oleh HP maupun juga IBM. Salah satu konsumen atau pengguna dari superkomputer adalah agensi sains dan juga militer.

Fungsi Komputer Mainframe

Pengertian Komputer Mainframe Adalah

Sebelumnya Anda sudah tahu pengertian komputer mainframe namun apakah Anda tahu apa fungsi komputer mainframe? Perlu dipahami bahwa penggunaan komputer mainframe umumnya dipakai untuk perusahaan dengan skala yang cukup besar. Perusahaan yang besar tentunya harus didikung dengan operasional yang baik. Penggunaan berbagai aplikasi database dalam jumlah yang besar pun juga harus membutuhkan adanya komputer mainframe.

Di bawah ini akan kami informasikan mengenai apa saja fungsi dari komputer mainframe yang perlu Anda cermati:

  • Komputer mainframe merupakan komputer yang digunakan untuk skala besar, baik dalam pengolahan maupun penyimpanan data.
  • Komputer mainframe dapat digunakan oleh pengguna dalam jumlah yang besar.
  • Fungsi lain dari komputer mainframe adalah ia bisa membuka banyak aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan yang mana fungsi ini juga dinamakan sebagai fungsi multitasking.
  • Komputer mainframe telah menggunakan sebuah teknologi yang bernama time sharing dimana nanti Anda bisa berbagi informasi dan mendapatkan informasi yang sangat penting.
  • Digunakan sebagai pengawas lalu lintas data ketika banyak program yang berusaha mendapatkan data dalam waktu yang bersamaan.

Setelah Anda mempelajari mengenai apa saja manfaat dari komputer mainframe, Anda juga harus tahu bahwa komputer jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Komputer mainframe memiliki ukuran yang sangat besar. Jadi, pastikan Anda memiliki ruangan yang cukup untuk menyimpannya.
  • Tampilan pengguna yang masih menggunakan teks. Jadi, Anda memang harus belajar tentang bahasa pemrograman sebelum Anda benar-benar terjun dan mempelajari lebih lanjut tentang komputer mainframe.
  • Memiliki harga yang sangat mahal. Komputer ini memang dibandrol dengan harga yang sangat mahal karena memang kemampuannya bukan hanya untuk skala kecil sampai menengah, melainkan digunakan untuk skala yang sangat besar.
  • Daya listrik yang besar juga merupakan kekurangan dari komputer mainframe. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki daya listrik yang cukup ketika hendak meletakkan komputer ini di perusahaan Anda.

Ciri-Ciri Komputer Mainframe

Pengertian Komputer Mainframe dan Ciri-Cirinya

Lalu apa saja ciri-ciri yang dimiliki oleh komputer mainframe? Komputer ini memang memiliki ciri khasnya tersendiri yang menjadi pembeda dengan komputer pada umumnya. Adapun ciri-cirinya akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Menggunakan prosesor yang sangat cepat yang mana kecepatannya hingga mencapai 1 Giga Operations Per Second atau GOPS.
  • Jumlah prosesor yang ada di dalam komputer mainframe lebih dari satu. Prosesor itulah yang nanti akan saling berbagai tugas untuk menjalankan tugasnya masing-masing agar supaya tidak sampai memberatkan salah satu prosesor saja.
  • Bisa digunakan untuk mengakses informasi dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang bersamaan.
  • Membutuhkan tempat yang besar sehingga Anda harus menyiapkan tempatnya terlebih dahulu sebelum mulai membelinya.
  • Interface yang digunakan oleh komputer mainframe masih bersifat teks.
  • Memerlukan daya yang besar untuk bisa menggunakannya.

Beberapa contoh yang termasuk ke dalam komputer mainframe antara lain: IBM System (ESA) 390, Honeywell-Bull DPS 7, IBM System 360 dan lain sebagainya.

Contoh Komputer Mainframe

Di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh komputer mainframe:

  • IBM System 360
  • IBM System 390
  • Cray -1 yang berasal dari Cray Research
  • Honeywell – Bull DPS 7, dan lain sebagainya

Perbandingan antara Komputer Mainframe dan Superkomputer

Mainframe

Komputer mainframe merupakan komputer yang memiliki ukuran besar yang digunakan untuk memproses data dan juga berbagai aplikasi dalam skala yang besar. Komputer jenis ini secara umum digunakan oleh perusahaan besar maupun instansi dan organisasi yang memang kesehariannya menangani hal-hal yang berkaitan dengan transaksi finansial, riset, sensus, maupun juga keperluan militer.

Mainframe juga bisa digunakan untuk menangani pengguna dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang bersamaan. Sementara untuk superkomputer yang hanya merupakan sebuah komputer yang digunakan untuk melakukan penghitungan secara intensif. Salah satu contohnya yakni mengenai pemodelan molekul, pemanasan global, dan lain sebagainya.

Ketahui lebih lanjut mengenai pengertian komputer mainframe beserta fungsi dan ciri-ciri komputer mainframe. Semoga artikel diatas bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend