Yuk Disimak! Inilah Pengertian Hacker, Tujuan dan Bagaimana Cara Menjadi Hacker

Kehadiran teknologi yang semakin canggih membawa dua sisi yang berbeda bagi kehidupan manusia. Di satu sisi, perkembangan teknologi mengubah peradaban manusia menjadi lebih modern.

Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai perangkat teknologi yang memberikan kemudahan dalam melakukan banyak aktivitas. Jaringan internet menjadi salah satu bukti nyata yang perkembangannya membuat kita dapat melampaui batas jarak dan waktu, dimana kita dapat mengetahui kondisi terkini dari belahan dunia yang lain.

Akan tetapi, internet juga yang menyebabkan teknologi sebagai sumber kejahatan terbesar di dunia. Terdapat berbagai kejahatan yang dilakukan dengan akses internet, salah satunya adalah hacking. Hacking merupakan suatu tindakan cybercrime yang mencoba mencari celah dari keamanan sistem melalui internet. Istilah hacker ini seringkali dikaitkan dengan tindakan hacking. Berikut merupakan ulasan lengkap mengenai hacker.

Pengertian Hacker

Bagi Anda yang berkecimpung di bagian sistem komputer, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah hacker. Terdapat berbagai pemikiran mengenai definisi dari hacker, ada yang mengartikannya secara positif dan ada juga yang mengartikannya negatif. Lalu, apa pengertian hacker ?

pengertian hacker

Pada dasarnya, Hacker merupakan seseorang yang memiliki keahlian dalam komputer dan memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap keamanan sistem komputer. Hacker akan bertugas untuk membuat, memodifikasi, atau mengeksploitasi perangkat yang ada didalam komputer, terutama bagian keamanan.

Istilah hacker ini muncul sejak tahun 1960-an di kalangan mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachussetts Institute of Technology (MIT). Mereka menjadi pencetus dalam perkembangan teknologi komputer yang berfokus pada komputer mainframe.

Awalnya, kata “hacker” itu sendiri ditujukan kepada seseorang yang memiliki keahlian dalam komputer untuk merancang program komputer yang lebih baik dari sebelumnya. Namun, makna hacker berubah menjadi negatif pada tahun 1983. Pasalnya, FBI menangkap sekelompok orang yang bergabung dalam kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat. Mereka dinyatakan bersalah atas pembobolan 70 unit komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos.

Pada perkembangan berikutnya, ada sekelompok orang yang menyebut diri mereka sebagai hacker. Padahal, perkumpulan hacker sejati tidak setuju dengan pengakuan yang menyatakan bahwa hacker dikategorikan sebagai pembobol keamanan sistem komputer. Istilah pembobol jenis ini lebih tepat disebut dengan cracker.

Tujuan Hacker

Menurut sebagian masyarakat memahami bahwa hacker merupakan orang yang memiliki tujuan untuk merugikan pihak tertentu. Sebab, hacker akan menyusup ke celah-celah jaringan yang belum bekerja dengan baik dan menyisipkan program baru yang dapat merusak sistem didalamnya.tujuan hacker adalah

Terlepas dari pemahaman tersebut, hacker memang memiliki tujuan yang beragam. Tujuan hacker akan dijelaskan dibawah ini menurut jenis-jenisnya.

  • Black hat hacker – hacker jenis ini memiliki tujuan negatif, yaitu merusak keamanan sistem jaringan.
  • White hat hacker – hacker ini bertujuan untuk menguji ketahanan suatu sistem jaringan.
  • Grey hat hacker – hacker jenis ini bisa memiliki tujuan ganda, terkadang seperti black hacker atau white hacker.
  • Script kiddie hacker – hacker jenis ini menggunakan program milik orang lain untuk dapat menerobos suatu sistem komputer.
  • Hactivist hacker – hacker ini bertujuan untuk menyebarkan pesan tertentu, seperti politik, agama, sosial atau lainnya menggunakan website deface untuk menampilkannya.

Cara Menjadi Hacker

Untuk menjadi seorang hacker, Anda harus mampu mempelajari dan memahami bagaimana cara yang harus dilakukan. Yang lebih utama adalah Anda harus mahir dalam mengoperasikan komputer dengan baik dan benar. Nah, dibawah ini merupakan beberapa cara yang bisa membantu Anda menjadi seorang hacker sejati.

cara menjadi hacker

#1 Memahami Konsep Dasar Pengoperasian Komputer

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang hacker adalah mempelajari konsep pengoperasian komputer. Kebanyakan hacker akan mempelajari bagaimana sistem yang digunakan dalam suatu komputer, seperti sistem operasi, protokol jaringan, cara kerja jaringan komputer, sistem hardware dan lainnya.

Anda dapat memanfaatkan command line yang ada di sistem operasi, seperti Linux, Windows, Debian dan lainnya untuk menjalakan setiap perintah yang berkaitan dengan pengoperasian komputer.

#2 Mempelajari Konsep Pemrograman

Untuk menjadi hacker yang handal, mempelajari konsep pemrograman menjadi satu cara yang tidak mungkin dilewatkan. Pasalnya, para hacker akan menyerang sistem yang dibangun dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang ada. Kemudian, hacker akan menemukan celah-celah kesalahan yang ada didalamnya dan menyisipkan suatu program baru didalamnya yang akan merusak sistem tersebut.

Pastinya, Anda harus mempelajari konsep pemrograman agar dapat membuat suatu program yang baru. Beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan para hacker adalah Python, Ruby, C, C#, PHP, JavaScript, Java dan sebagainya. Walaupun Anda ingin menjadi script kiddie hacker yang dapat menggunakan program orang lain untuk menerobos suatu sistem, sama saja Anda tidak termasuk kedalam kelompok hacker yang profesional.

#3 Mempelajari Konsep Peretasan dari Situs Terpercaya

Selain kedua diatas, Anda juga dapat mencari informasi mengenai teknik peretasan melalui berbagai situs yang dapat dipercaya. Disana Anda dapat mempelajari bagaimana cara hacking, baik itu secara gratis ataupun berbayar. Hackaday merupakan salah satu situs gratis yang menyajikan beragam tutorial untuk melakukan peretasan dalam jaringan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian hacker, tujuannya beserta cara menjadi hacker. Menurut saya pribadi hacker merupakan aktivitas yang negatif sebab kebanyakan hacker menyebabkan kerugian yang besar bagi banyak orang. Namun, itu semua tergantung Anda yang menilai apakah hacker selamanya negatif atau tidak. Yang terpenting, Anda harus bijak dalam memanfaatkan sistem yang tersedia.

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dan membantu Anda yang ingin menjadi hacker. Terus pantau Nesabamedia untuk menemukan informasi menarik lainnya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend