Pengertian Marketplace Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya, Yuk Disimak!

Pengertian Marketplace

Pengertian Marketplace Adalah

Marketplace merupakan sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan online. Marketplace merupakan lapak yang berupa situs web yang biasanya digunakan oleh para penjual online untuk memasarkan produknya. Pemilik marketplace tidak mempunyai produk yang dipasarkan. Mereka hanya berperan sebagai penampung dari berbagai produk yang dimiliki orang lain.

Dengan kata lain, adanya marketplace bukan hanya sekedar tempat atau lapak online yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk, melainkan juga bisa digunakan sebagai jembatan dalam melakukan transaksi secara online yang dilakukan oleh penjual maupun pembeli. Salah satu contoh dari marketplace yang dimiliki Indonesia adalah Tokopedia. Tokopedia sampai sekarang masih tetap menjadi marketplace terpecaya dan terbesar yang mana sudah ribuan produk yang ada di sini.

Beberapa tahun belakangan memang perkembangan marketplace di Indonesia sudah mulai maju. Alasannya karena marketplace akan menyajikan banyak kemudahan bagi para konsumen untuk memilih barang apa saja yang mereka inginkan. Bahkan, barang-barang tersebut memiliki kualitas yang sama ketika Anda pergi langsung ke tokonya. Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh marketplace yang terkadang menjadi boomerang bagi marketplace itu sendiri.

Kita tidak bisa mengontrol siapa saja dan latar belakang atau motif dari penjualan tersebut. Kita juga tidak tahu secara pasti tentang seberapa terpercaya penjual yang menjajakan produknya. Namun seiring berjalannya waktu, marketplace telah mengalami banyak perkembangan untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang bisa merugikan konsumen sehingga keamanannya pun semakin diperketat.

Manfaat Marketplace

Dengan adanya marketplace tentu kita memiliki banyak kemudahan dalam melakukan berbagai hal, khususnya yang berkaitan dengan transksi jual beli. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan adanya marketplace ini? Berikut kami berikan jawabannya untuk Anda.

1. Merupakan tempat berkumpulnya para pembeli

Pengertian Marketplace dan Manfaatnya

Dengan adanya marketplace, maka manfaat yang bisa didapatkan adalah tempat ini merupakan tempat berkumpulnya para pembeli yang berasal dari seluruh Indonesia atau bahkan dunia. Artinya, para pedagang sudah tidak perlu lagi mencari pembeli karena semuanya sudah ada di sini tinggal menentukan mana dan siapa saja pelanggan yang datang membeli produknya.

Jadi, bagi Anda yang berjualan di marketplace maka Anda sudah tidak perlu lagi memikirkan pembeli Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana caranya agar produk Anda tersebut memiliki banyak penjual sehingga bisa memberikan income yang banyak untuk Anda.

2.  Memiliki banyak relasi antarpedagang

Marketplace juga bisa Anda manfaatkan untuk saling bertukar pikiran dengan penjual yang lainnya berkaitan dengan produk Anda tersebut. Bukan tidak mungkin nanti Anda juga bisa membangun sebuah hubungan kerjasama antar sesama yang dapat memberikan keuntungan yang luar biasa dan saling menguntungkan.

3. Promosi tidak dipungut biaya

Promosi tidak dipungut biaya

Selain tidak perlu memikirkan pelanggan, Anda juga tidak perlu memikirkan biaya untuk mempromosikan produk Anda tersebut. Ketika Anda baru memulai usaha maupun memiliki produk baru tentu Anda ingin mempromisikannya agar supaya semakin banyak orang yang mengenal produk Anda. Namun, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang demi kelancaran promosi Anda tersebut.

Berbeda dengan ketika Anda menggunakan marketplace, Anda bahkan tidak akan dipungut biaya apapun dan bisa dengan leluasa mempromisikan produk Anda. Tentunya Anda tidak harus menyiapkan biaya promosi sehingga nanti Anda bisa memperoleh keuntungan yang maksimal tanpa harus memikirkan potongan biaya yang digunakan untuk promosi produk.

4. Memiliki rekening bersama

Pihak marketplace sudah pasti akan menjamin setiap keamanan yang berkaitan dengan konsumennya. Marketplace akan menyediakan rekening bersama dimana nanti marketplace akan memberika rekening pada penjual ketika membeli produknya. Ketiak produknya sudah sampai, maka marketplace akan langsung melakukan transfer kepada si penjual.

5. Jangkauan yang lebih luas

Jangkauan yang lebih luas

Kita tahu bahwa era digital sekarang merupakan sebuah era dimana kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang lain tanpa terbatasi oleh waktu. Begitu pula dengan adanya marketplace dimana kita bisa dengan mudah memperoleh informasi mengenai barang-barang yang hendak kita beli. Bahkan meskipun barang tersebut berada di luar negeri pun Anda masih bisa memperoleh informasinya.

6. Ongkir gratis

Beberapa marketplace besar yang ada di Indonesia tidak jarang menawarkan ongkos kirim atau ongkir gratis untuk pembeli. Biasanya mereka harus mengeluarkan biaya ongkir sendiri yang tidak termasuk ke dalam harga produk.

Namun ketika mendapakan promo gratis ongkir, maka ia hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut. Tentunya keuntungan ini tidak akan anda dapatkan ketika Anda membelinya secara offline.

Jenis-Jenis Marketplace

Jenis-Jenis Marketplace

Apa saja jenis-jenis marketplace yang ada sekarang? Sebenarnya untuk pembagian marketplace sendiri cukup dibagi menjadi tiga, yaitu marketplace vertikall, globa dan juga horizontal. Adapun informasi mengenai masing-masing jenis marketplace tersebut akan kami jelaskan lebih lanjut seperti di bawah ini:

1. Marketplace Vertikal

Marketplace jenis ini merupakan sebuah marketplace yang menjual produknya yang didapatkan dari berbagai sumber yang ada. Artinya, produk tersebut diperoleh dari banyak supplier namun yang dijual hanya satu produk saja. Salah satu contoh jenis marketplace ini adalah menjual mobil mulai yang bekas sampai dengan yang baru.

2. Marketplace horizontal

Marketplace yang satu ini menjual berbagai macam produk dan bukan hanya satu produk saja. Meskipun begitu, produk yang dijual masih memiliki hubungan antara yang satu dengan yang lainnya.

Salah satu contohnya adalah marketplace yang di dalamnya menjual komputer lengkap dengan aksesorisnya. Jenis marketplace horizontal ini bukan hanya menjual komputer maupun laptop saja, melainkan juga ada beberapa aksesoris lain atau komponen pendukung lainnya seperti mouse, printert, dan lain-lain yang juga dijualnya.

3. Marketplace global

Marketplace yang satu ini memiliki cakupan yang sangat luas dimana produk yang ditawarkan bermacam-macam dan diperoleh dari berbagai macam sumber. Selain itu, barang yang dijual tersebut juga tidak perlu saling berkaitan antara produk yang satu dengan produk yang lainnya.

Semoga pembahasan mengenai pengertian marketplace beserta manfaat, jenis-jenis dan contohnya bermanfaat dan mudah dipahami. Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Send this to a friend