Pengertian Workstation Beserta Fungsi dan Perbedaannya dengan Dekstop

Salah satu produk teknologi yang paling banyak digunakan saat ini adalah komputer. Ada beragam jenis komputer yang dibedakan berdasarkan kriteria tertentu.

Secara umum, komputer terbagi atas 4 jenis yaitu super komputer, mainframe computer, workstation, dan work computer. Pada artikel ini, saya akan membahas salah satu diantaranya yaitu workstation mulai dari pengertian, fungsi workstation hingga perbandingannya dengan dektop.

Tentunya masing-masing komputer tersebut memiliki fungsi dan karakteristik yang cukup berbeda atau khusus seperti workstation. Workstation sendiri dikenal sebagai komputer yang digunakan khusus untuk bekerjaUntuk informasi lebih lanjut mengenai workstation, mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Workstation

Pengertian Workstation adalah

Pengertian Workstation merupakan sebuah komputer berkapasitas tinggi yang digunakan secara khusus untuk bekerja seperti membantu perhitungan ilmiah dan teknis serta menghubungkan komputer dengan komputer lainnya atau komputer dengan server. Workstation juga memiliki spesifikasi yang tinggi dan dukungan perangkat keras yang lengkap sehingga mampu mengoptimalkan pekerjaan/tugas khusus yang dilakukan.

Workstation umumnya terhubung ke LAN (Local Area Network) dan menjalankan multi-user operating systems (sistem operasi multi-pengguna). Harga dari workstation ini juga terbilang mahal. Biasanya, sistem operasi yang digunakan adalah OS Unix atau yang semisalnya.

Umumnya, workstation menggunakan prosesor 64 bit seperti AMD Opteron dan Intel Xeon kemudian beberapa workstation memiliki lebih dari satu CPU dan juga 10000 atau 15000 RPM solid state drive. Beberapa workstation menggunakan perangkat yang jarang sekali dimiliki oleh komputer desktop normal seperti Fibre Channel, SCSI, dan 10 GB Ethernet.

Selain itu, sebuah workstation setidaknya memiliki kartu jaringan atau NIC (Network interface controller), aplikasi jaringan, dan kabel penghubung ke jaringan. Workstation juga biasanya tidak terlalu membutuhkan hard disk atau floopy disk karena data dapat disimpan pada server. Hampir semua jenis komputer bisa dijadikan sebagai workstation bahkan workstation sendiri juga sering disebut sebagai client.

Pada jaringan, workstation tidak bertugas dalam hal pemprosesan karena proses pemprosesan dan lalu lintas network berpusat pada server.

Lebih jelasnya, workstation merupakan perangkat keras jaringan komputer yang menjadi terminal untuk setiap komputer dalam melakukan transfer data antar komputer. Jika terjadi kerusakan pada workstation maka akan memutuskan jaringan ke antar komputer lainnya ataupun ke server. Tapi, kerusakan tidak berpengaruh merusak komputer lainnya hanya komputer yang bersangkutan saja.

desain dengan workstation

Workstation memiliki kinerja atau performa yang lebih tinggi/unggul daripada komputer pribadi biasanya terutama pada CPU dan grafik, kapasitas memori, dan kemampuan multitasking. Selain itu, workstation juga dioptimalkan untuk melakukan visualisasi dan manipulasi pada berbagai jenis data kompleks seperti desain mekanik 3D, simulasi teknik, animasi dan rendering gambar, serta plot matematika.

Bentuknya sama dengan komputer desktop memiliki tampilan beresolusi tinggi, keyboard dan mouse tetapi memiliki multiple displays, tablet grafis, mouse 3D (perangkat untuk memanipulasi objek 3D dan menavigasi adegan), dan yang lainnya.

Fungsi Workstation

pengertian Workstation dan Fungsi Workstation

1. Memudahkan Pekerjaan Pengguna

Workstation dirancang khusus untuk bekerja karena spesifikasinya yang tinggi sehingga memudahkan pengguna dalam mengerjakan pekerjaan berat seperti desain, manejemen data, membuat animasi, kepentingan militer dan yang lainnya.

2. Mempercepat Pekerjaan Pengguna

Anda tidak perlu khawatir komputer Anda hang atau lemot saat Anda bekerja karena workstation memiliki kinerja atau performa yang sangat baik. Dengan didukung dengan spesifikasi yang unggul dan juga hardware yang lengkap, tentulah workstation mampu bekerja lebih baik.

3. Sebagai Perangkat Keras Jaringan Komputer

Workstation merupakan perangkat keras jaringan komputer yang berperan sebagai terminal untuk setiap komputer dalam melakukan transfer data dari komputer satu ke komputer lainnya ataupun komputer ke server yang terhubung didalam jaringan yang sama. Kemudian, didalam jaringan, workstation juga digunakan untuk melakukan sharing data dan sharing printer.

4. Perhitungan Ilmiah dan Teknis

Workstation dirancang khusus untuk membantu pekerjaan yang berhubungan dengan perhitungan ilmiah dan teknis. Karena biasanya pekerjaan pada bidang tersebut membutuhkan spesifikasi komputer yang mampu mendukung pekerjaannya.

5. Membantu Pengerjaan Tugas yang Spesifik

Dengan kemampuannya, workstation mampu mengoptimalkan pekerjaan yang spesifik misalnya bagi seorang teknisi jaringan. Workstation dapat membantu seorang teknisi jaringan untuk mengalisa kerusakan atau masalah jaringan serta pekerjaan yang berkaitan dengan jaringan lainnya.

Perbandingan Workstation dengan Komputer Dekstop

Perbandingan Workstation dengan Komputer Dekstop

Apakah perbedaan workstation dengan komputer dekstop/client? Meskipun komputer dektop dapat menjadi workstation tetapi bukan berarti setiap komputer dekstop dapat menjadi workstation karena sebuah komputer dekstop harus memiliki beberapa spesifikasi tertentu agar dapat menjadi sebuah workstation.

Dengan kata lain, tugas sebagai workstation tidak dapat dijalankan oleh setiap komputer dekstop. Mari kita lihat definisi singkat dari keduanya.

1. Workstation

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, workstation dirancang khusus untuk melakukan pekerjaan yang spesifik. Nah, untuk dapat melakukannya, workstation wajib memenuhi spesifikasi tertentu agar dapat menjalankan pekerjaan tersebut. Selain itu, didalam jaringan, workstation berperan sebagi terminal untuk setiap komputer dalam melakukan transfer data antar komputer maupun server.

2. Komputer Desktop/Client

Berbeda dengan workstation, komputer dekstop tidak dituntuk untuk melakukan pekerjaan yang spesifik sehingga tidak perlu memenuhi spesifikasi tertentu/khusus. Kemudian, didalam jaringan, komputer dekstop berperan sebagai penerima dan juga meminta data dan informasi dari server.

Adapun spesifikasi utama dari komputer dekstop adalah NIC (Network Interface Card) atau kartu jaringan karena bagi komputer dekstop yang terpenting adalah dapat terhubung dengan jaringan. Singkatnya, workstation dapat menjadi komputer dekstop/client sedangkan komputer dekstop/client belum tentu menjadi workstation.

Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas mengenai pengertian, fungsi workstation dan perbandingannya dengan dekstop. Semoga bermanfaat. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend