Apa itu Codec? Mengenal Pengertian Codec

Apa itu Codec? Mengenal Pengertian Codec

Pengertian Codec

Codec adalah kependekan dari codec-decoder yang juga memiliki arti lain yaitu compressor-decompressor. Meskipun begitu, banyak juga yang menyebutnya sebagai kompressor.

Sebenarnya penggunaan istilah kompressor sudah tepat. Hal ini karena tujuan melakukan codec yaitu bagaimana cara menyimpan data dengan ukuran sekecil mungkin. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia videografi, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Biasanya video yang sudah Anda buat akan diminta untuk dikompresi.

Dalam dunia komputer, codec merupakan sebuah cara untuk mengkompres video, audio, maupun gambar dengan ukuran sesuai ketentuan. Sebenarnya terdapat dua metode di dalam melakukan kompresi yaitu lossy daan lossless.

Untuk metode yang lossless misalnya Huffyuv dan MSU akan menghasilkan video tanpa ada data yang hilang. Sementara untuk metode lossy akan menghilangkan beberapa bagian yang tidak perlu dengan tujuan untuk menghemat ruang.

Jenis-jenis Codec

Pengertian Codec

Terdapat tiga jenis codec beserta fungsinya yang akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Video Codec

Video codec berperan sebagai media yang akan diputarkan di aplikasi atau software video player. Berkat teknologi yang semakin maju, sekarang data video sudah bisa kita simpan di dalam format digital.

Berbeda dengan zaman dulu di mana kita masih menyimpan data video tersebut dalam format pita. Dengan adanya video codec, maka kita bisa memuat video dengan kualitas yang berbeda dibandingkan ketika memutarnya dengan format pita.

2. Audio Codec

Sebenarnya audio codec tidak jauh berbeda dengan video codec. Hanya saja sesuai namanya, audio codec akan diputarkan pada aplikasi maupun software pemutar audio. Untuk kualitas audio codec yang sekarang sudah lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

3. Data Codec

Lalu bagaimana dengan data codec? Jenis codec yang satu ini berbeda dengan dua jenis codec yang telah kami sebutkan sebelumnya. Fungsi dari data codec yaitu untuk mengompress maupun decompress data.

Tujuannya agar data tersebut lebih efisien ketika dicompress dalam format rar, zip, 7z, dan format lainnya. Kelebihan dari data codec yaitu bisa memutar file audio maupun video.

Mengapa Perlu Codec?

Kita tahu bahwa ukuran file audio dan video cukup besar. Hal ini membuat kita kesulitan ketika harus mengirim file tersebut melalui internet.

Untuk mempercepat waktu yang diperlukan dalam mengunduh file tersebut, maka di sinilah peran codec. Codec akan berperan dalam mengecilkan, memberikan sandi, kemudian menjalankan proses decode agar pengguna bisa melihat maupun mengeditnya.

Tanpa adanya codec, maka proses download video tersebut akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan bisa berhari-hari. Dengan kata lain, proses unduhan file video atau audio yang cepat dikarenakan peran dari codec meskipun di sini peran internet juga sangat penting.

Leave a Reply

Send this to a friend