10 Format File Video Paling Populer dan Terbaik, Pilih yang Mana?

Bagi Anda yang hobi menonton film tentu sudah sering melihat bahwa video atau film Anda memiliki format tersendiri. Film memang menjadi salah satu cara yang dimanfaatkan untuk menghibur diri.

Banyak orang yang lebih suka menghabiskan waktunya menonton film dibandingkan harus keluar tanpa tahu tujuan yang jelas. Namun apakah Anda pernah memperhatikan bahwa video yang Anda tonton atau download terdiri dari beberapa ekstensi atau format file video yang berbeda?

Biasanya kualitas pada video tersebut bisa diketahui melalui kapasitas video tersebut. Akan tetapi, faktor lain yang bisa dijadikan pertimbangan untuk mengetahui apakah video tersebut memang berkualitas baik, biasa, atau bahkan buruk adalah melalui format file videonya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai apa saja format pada video yang populer namun banyak orang yang tidak memperhatikan.

Format File Video Paling Populer

1. AVI

AVI

Penjelasan kali ini akan kami mulai dari membahas tentang AVI. AVI merupakan singkatan dari Audio Video Interleave merupakan salah satu dari sekian banyak format video yang populer. Tidak sedikit video yang Anda download dengan berbagai genre sudah menyediakan format video yang satu ini. Video dengan format AVI dapat digunakan secara lebih luas dengan berbagai media yang ada.

Selain itu, AVI juga terkadang dimanfaatkan sebagai format video yang telah diatur secara default untuk penggunaan kamera maupun handy cam. Adapun perusahaan yang berjasa membuat format video ini adalah Microsoft yang sudah kita tahu bersama bahwa perusahaan ini memang sudah sangat terkenal di dunia komputer dan multimedia. Bagi Anda yang ingin memutar video AVI di aplikasi player video, kami sarankan untuk menginsall codec-nya terlebih dahulu agar videonya bisa diputar.

2. MP4

MP4

MP4 juga menjadi salah satu format file video yang mungkin lebih terkenal dibandingkan dengan AVI. Bahkan sepertinya MP4 memiliki kualitas video yang lebih baik dibandingkan yang berformat AVI padahal ukuran video tersebut tidak terlalu beda jauh.

Salah satu platform yang menggunakan MP4 sebagai ektensi videonya adalah YouTube. YouTube sebenarnya menggunakan beberapa ekstensi lainnya. Namun kebanyakan orang akan lebih memilih untuk mendownload video yang berformat MP4.

3. MPG

MPG

MPG biasanya juga dikenal dengan MPEG yang merupakan format video yang juga cukup populer. Bagi Anda yang dahulu masih menggunakan VCD mungkin tidak akan asing dengan format video ini karena file berformat DAT merupakan video yang memiliki ekstensi MPEG 1. Anda juga bisa menemukan video dengan format yang sama di DVD maupun juga blueray karena biasanya akan dijadikan sebagai pengaturan default.

4. 3GP

3GP

3GP adalah format video yang sangat populer. Namun sayangnya video dengan format ini memiliki kualitas yang buruk. 3GP biasanya akan dijadikan sebagai setinggan video secara default meskipun sekarang rata-rata mereka sudah menggunakan MP4. Namun yang disayangkan adalah banyak video yang tak pantas ditonton menggunakan format ini karena memang mereka merekamnya menggunakan handphone.

5. WEBM

WEBM

WEBM adalah format file video yang mungkin mulai banyak dikenal di dunia internet. Ekstensi ini memanfaatkan coding berformat VP8 atau VP9 maupun Opus dan Vorbis yang dijadikan standar codec. Adapun situs-situs di Indonesia yang menyediakan berbagai video memang bisa dikatakan masih jarang dan sulit ditemukan yang menggunakan WEBM.

Namun, ketika mulai menjamurnya HTML5, maka WEBM mulai melambung tinggi dan mulai banyak digunakan untuk file ekstensi pada video mereka. Lalu bagaimana dengan kualitasnya? Kualitas video berformat WEBM masih baik dan cukup detail.

6. FLV

FLV

Format video yang juga tidak kalah populer adalah FLV. Anda juga sering mendapatkan video, khususnya anime yang Anda temukan di internet menggunakan format file ekstensi ini. Lalu bagaimana dengan kualitas videonya? Perlu Anda tahu abhwa kualitas video yang dimiliki oleh FLV tidak perlu diragukan. Ditambah lagi jika ukuran file-nya besar sehingga semakin memberikan tampilan video yang jelas.

7. MKV

MKV

Bisa dikatakan bahwa MKV merupakan format video yang bukan hanya populer, melainkan merupakan format video yang terkenal karena kualitas gambarnya. Format MKV hanya tersedia untuk file-file berukuran besar saja karena memang tampilan yang ditunjukkan benar-benar detail. Semakin besar kapasitas video yang menggunakan MKV, maka semakin detail pula gambar di video yang akan ditampilkan.

MKV mungkin merupakan format video yang memberikan tampilan paling bagus dan detail dibandingkan dengan berbagai format video yang lainnya. Namun kapasitas videonya sangat besar sehingga pastikan bahwa Anda memiliki kapasitas memori yang cukup sebelum mendownlaod videonya.

8. GIFV

GIFV

Di zaman teknologi yang sudah semakin maju ini membuat GIFCV sebagai salah satu format file video yang mulai terkenal dan banyak digunakan. Secara teori, GIFV memiliki persamaan dengan GIF. Jika GIF hanya digunakan untuk format gambar yang mana nanti gambarnya berupa gambar bergerak atau animasi, namun untuk GIFV merupakan format untuk video.

Terlebih lagi GIFV konon lebih hemat dan efisien dibandingkan dengan GIF yang terkenal memakan kapasitas yang cukup besar. Situs terkenal yang menyediakan berbagai video berformat GIFV adalah 9GAG.

9. WMV

WMV

Bagi Anda yang menggunakan Metacafe maupun Windows Media Maker tentu tidak asing dengan format video yang satu ini. Ekstensi video yang hanya Anda temukan pada Windows merupakan ekstensi yang mudah untuk digunakan yang sampai saat ini masih memiliki peranan penting dalam perkembangan Windows karena WMV sudah ada sejak penggunaan Windows XP.

10. DAT

DAT

Untuk format video DAT hanya ditemukan ketika Anda masih menggunakan CD. Biasanya format DAT masih ada kaitannya dengan MPEG karena dua-duanya merupakan ekstensi video yang selalu ada untuk VCD, DVD, atau juga blueray.

Itulah penjelasan mengenai daftar format file video paling populer dan paling banyak digunakan. Tentu saja masing-masing format video memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal menyesuaikan saja berdasarkan kebutuhan. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend