Pengertian GSM dan CDMA Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini banyak bermunculan teknologi – teknologi baru. Salah satu contohnya adalah di bidang informasi dan komunikasi sekarang sudah umum terdengar nama – nama seperti GSM dan CDMA sebagai sarana penghubung pengguna telepon seluler.

Meskipun perlahan jarang kembali terdengar karena kalah trend dengan perbincangan tentang 3G, 4G dan seterusnya namun masing – masing pengguna juga pastinya memiliki favorit sendiri – sendiri, bisa di GSM maupun CDMA.

Kebanyakan mungkin lebih favorit di GSM namun faktanya sebagian pengguna kurang memahami apa itu GSM dan mengapa mereka menyukai pemakaianya, begitupun pengguna CDMA. Di artikel kali ini penulis akan menjelaskan mengenai GSM dan CDMA beserta kelebihan dan kekurangan nya masing – masing. Untuk menilai mana yang lebih baik setiap pengguna pasti memiliki kecocokan nya masing – masing.

Pengertian GSM

Pengertian GSM adalah

GSM atau yang bisa disebut dengan Global System for Mobile merupakan suatu teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital dan dapat mengirimkan data pada sebuah slot waktu tertentu.

Pada awalnya GSM memiliki singkatan Groupe Special Mobile dan kemunculannya dikarenakan kurang puasnya masyarakat akan teknologi komunikasi analog yang dianggap tidak sesuai dengan masyarakat khususnya di wilayah Eropa. Dan pada akhirnya GSM muncul di tahun 1991 dan menjadi pelopor teknologi komunikasi digital di era modern.

Cara kerja GSM menggunakan metode TDMA (Time Division Multiple Acces). Kemudian mulai membentukan jalur untuk setiap sambungan yang ada dengan slot waktu yang sangat cepat. Karena pengiriman data dibagi berdasarkan waktu maka ketika satu waktu sudah digunakan maka pengguna lain tidak dapat menggunakannya juga.

Pengertian CDMA

Pengertian CDMA Adalah

CDMA yang merupakan singkatan dari Code Division Multiple Access adalah bentuk komunikasi atau pengiriman data dengan kode yang unik. Kode unik inilah yang akan menentukan alur serta pengaturan agar data dapat diterima. Peran CDMA sangatlah penting dalam perkembangan teknologi komunikasi seluler generasi ke tiga atau dikenal dengan 3G.

Pengibaratan CDMA adalah suatu pesawat terbang yang membawa penumpang dengan identitas yang berbeda, tujuan serta kepentingan yang berbeda juga. Ketika mereka ingin melakukan komunikasi maka akan ada kode khusus yang memberikan akses berbeda pada masing – masing orang sehingga lebih bebas dan dipermudah.

Kelebihan dari GSM (Global System for Mobile)

1. Penyebaran jaringan yang luas bahkan sampai ke daerah pelosok

Pengertian GSM dan Kelebihannya

Sesuai dengan namanya GSM memiliki persebaran yang cukup luas. Dibandingkan dengan CDMA, GSM sudah memiliki banyak BTS sehingga membuat coverage area yang luas meskipun di negara kepulauan seperti Indonesia dan bahkan sampai ke daerah pelosok. Pada negara berkembang lain penggunaan GSM juga cukup baik. Pada jaringan internet GSM ini bisa diibaratkn dengan WAN (Wide Area Network) karena dapat menghubungkan pengguna dalam jarak yang luas.

2. Bebas dari roaming

Roaming adalah situasi dimana sebuah perangkat telekomunikasi dapat beroperasi pada satu daerah saja, sehingga ketika berpindah kota maka komunikasi tidak bisa dilakukan. Pada penggunan GSM anda akan terbebas dari roaming dan dapat digunakan disemua wilayah Indonesia.

3. Harga relative murah bagi konsumen

Dengan menggunakan GSM komunikasi juga relatif lebih murah karena memang kebanyakan pengguna di Indonesia pasti menggunakan GSM juga. Sesama GSM pastinya komunikasi akan lebih terjangkau dibandingkan dengan beda operator (GSM ke CDMA).

4. Kompatibilitas dengan beragam perangkat

Selain itu, penggunaan GSM sudah menjadi tempat tersendiri bagi berbagai merk HP. Kebanyakan HP sekarang lebih banyak mendukung operator GSM ketimbang CDMA yang notabenya saat ini mengalami penurunan pengguna.

Kekurangan dari GSM (Global System for Mobile)

1. Keamanan data yang kurang

Salah satu kelemahan dari GSM adalah dari segi keamanan karena memang cenderung mudah dibobol atau disadap, berbeda dengan CDMA yang lebih aman karena menggunakan kode khusus. Berbagai macam gangguan serta penipuan juga dapat terjadi karena keamanannya yang rentan serta mudah dimanipulasi datanya.

2. Sering terjadi gangguan dalam komunikasi

Karena menggunakan slot waktu sering terjadi gangguan ketika para pengguna GSM melakukan komunikasi. Penggunaan slot waktu yang bergantian menyebabkan terjadinya pembagian antar pengguna lain sehingga akses seringkali berjalan lambat, hal ini juga didorong karena penggunanya yang memang lebih dominan.

Kelebihan dari CDMA (Code Division Multiple Access)

Pengertian CDMA dan Kelebihannya

1. Penggunaan code yang unik sehingga lebih aman

Dalam aksesnya CDMA menggunakan metode enkripsi berupa kode – kode unik dan khusus sehingga dalam penggunaan nya lebih aman. Hal ini juga dibuktikan dalam sejarah CDMA digunakan oleh tentara Amerika untuk berkomunikasi dan agar tidak disadap pihak musuh.

2. Harga lebih murah dari produk GSM

Harga yang ditawarkan oleh developer CDMA memang cenderung lebih murah daripada GSM. Hal ini dikarenakan area cakupan nya yang tidak terlalu luas sehingga pengoperasiannya tidak terlalu menghabiskan banyak biaya. Tarif yang ditetapkan CDMA mirip dengan tarif telepon rumah yakni lokal & interlokal.

Kekurangan dari CDMA (Code Division Multiple Access)

1. Kadang terjadi roaming

Para pengguna CDMA paling mengeluhkan terjadinya roaming ini, dan inilah yang menjadi penyebab utama lebih banyak yang memilih GSM karena bebas roaming. Yang paling disulitkan dalam hal ini adalah pengguna yang memiliki mobilitas tinggi karena harus berpindah – pindah kota tapi tetap haru mobile setiap saat. Hal inipun disiasati oleh beberapa provider CDMA agar menyertakan nomor combo namun tetap dianggap kurang efektif bagi sebagia orang.

2. Coverage area yang tidak terlalu luas

Pada CDMA area cakupan nya lebih terbatas jika dibandingkan dengan GSM, sehingga pengguna dengan mobilitas tinggi sering mengalami kesulitan. Selain itu bagi pengguna biasa namun memerlukan komunikasi dengan keluarga yang terpencil juga pastinya mengalami kesulitan yang serupa.

Itulah penjelasan mengenai pengertian GSM dan CDMA beserta masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermnafaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend