• Our Partners:

Pengertian Videografi Adalah

Pengertian Videografi Beserta Sejarah dan Teknik dalam Videografi

Pengertian Videografi

Mungkin kita sering mendengar istilah video. Namun bagaimana dengan istilah videografi? Videografi merupakan sebuah media yang digunakan untuk merekam kejadian atau momen yang kemudian akan dirangkum ke dalam satu gambar maupun suara. Kemudian hasilnya bisa kita nikmati dengan lebih menarik karena lebih seru, apalagi jika nanti diedit dengan bebrapa penambahan suara atau efek melalui aplikasi edit video.

Selain bertujuan untuk membuat video tersebut semakin menarik. Videografi digunakan untuk sebuah kajian maupun dibuat untuk kemudian dilihat di kemudian hari. Videografi sudah merambah ke semua kalangan dan sudah banyak digunakan sesuai dengan kepentingan atau keperluan masing-masing. Videografi juga ada yang dibuat secara individu dan tidak sedikit yang membuat videografi secara berkelompok.

Selain itu, kemajuan teknologi semakin lama sudah semakin maju sehingga kita bisa menikmati videografi dengan berbagai macam cara dan berbagai macam format. Sekarang sudah ada dua jenis videografi yang mungkin beberapa orang belum mengetahui istilah inii, yakni analog dan digital.

Seseorang yang mengambil atau melakukan sebuah videografi dinamakan videografer. Mereka dikelompokkan menjadi dua bagian. Seorang videografer profesional atau sudah berpengalaman lama dan seorang videografer amatir. Namun sebenarnya dua hal ini merupakan istilah yang diada-adakan dan hanya bertujuan untuk membedakan untuk kemampuan seseorang dalam videografi.

Mereka pun juga terkadang bekerja di tempat yang sama dengan keperluan yang berbeda. Biasanya videografer amatir lebih berfokus membuat video untuk konsumsi pribadi dan tidak untuk diperjualbelikkan. Namun untuk videografer yang profesional, mereka bahkan diminta oleh seseorang untuk membuat sebuah videografi yang menarik dan harganya pun juga terkadang lumayan mahal.

Sejarah Videografi

Pengertian Videografi dan Fungsinya

1. Ditemukan kamera fotografi

Sejarah awal videografi bermula ketika  ditemukannya kamera fotografi dan juga film siluloid. Hal ini terjadi pada sekitar abad ke 16 sampai 17 yang bermula dari sebuah kota berbahan kayu dan juga pada salah satu bagian kotak tersebut terdapat lensa obsscure yang merupakan sebuah lubang kecil yang posisinya berada tepat di tengah-tengah kotak tersebut.

2. Era film siluloid

Hasil dari videografi merupakan sebuah ilusi satu gambar tetap atau yang dinamakan dengan still picture. Maka dari itu, ilusi yang dihasilkan bukan gerakan. Kemudian perkembangan videografi semakin maju dengan adanya film atau motion picture yang dilakukan oleh Thomas Alva Edison yang mana beliau sudah menciptakan kinetiscope. Penemuan tersebut kemudian dilanjutkan dan semakin dikembangkan oleh Lumiere bersaudara.

Pada akhirnya, 28 Desember 1894 mereka berhasil menciptakan cinematographe yang meruapakan sebuah piranti yang bekerja dengan cara menggabungkan kamera yang digunakan sebagai alat memproses film maupun proyektor menjadi satu kesatuan.

3. Telekomunikasi

Sejarah videografi berlanjut dengan semakin berkembangnya dunia telekomunikasi. Berikut ini akan kami sebutkan apa saja perkembangan telekomunikasi sehingga dapat menghasilkan sebuah videografi sampai sekarang ini.

  • 1844 telegram berhasil ditemukan oleh Samuel Morse
  • 1876 ditemukan sebuah alat komunikasi yang kita kenal dengan telepon. Orang yang berjasa menciptakannya adalah Alexander Graham Bell.
  • 1880 Heinrich berhasil menemukan gelombang elektromagentik.
  • Paul Nipkow telah berhasil menemukan tv mekanik pada tahun 1884.
  • 1894 awal mula film bioskop diputar dan disaksikan beramai-ramai oleh masyarakat.
  • Guglielmo Marconi berhasil membuat pesan melalui radio pada tahun 1895.
  • 1912 Lee de Forest  berhasil membuat vacum cube.
  • KDKA memperkenalkan radio siaran di Pitsburgh pada tahun 1920.
  • Vladimir K Zworykin berhasil membuat sebuah TV tabung atau lonoscope pada tahun 1923.
  • Philo T Fransworth berjasa di dalam membuat televisi rumah pada tahun 1930.
  • Di tahun 1933, RCA mulai mendokumentasikan siaran televisi di Amerika.
  • 1941 cikal bakal dari televisi komersial hingga sekarang.

Teknik Videografi

Pengertian Videografi dan Tekniknya

Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda seputar teknik videografi. Sebenarnya di dalam teknik videografi tidak jauh berbeda dengan teknik yang dilakukan untuk film. Film sendiri pun merupakan gabungan dari beberapa unsur yang di dalamnya meliputi gambar dan juga suara. Kita memang bisa menghasilkan sebuah videografi yang bagus ketika kita memang benar-benar paham tentang teknik videografi yang diperlukan.

Namun sebelum itu Anda harus paham bahwa ada hal penting yang harus diperhatikan berkenaan dengan perangkat kamera yang akan digunakan. Sebelum melakukan shooting, seseorang harus memperhatikann beberapa hal seperti yang kammi sebutkan di bawah ini:

  • Orang yang mengambil gambar tersebut harus benar-benar paham terhadap perangkat kamera yang digunakan. Disarankan untuk memahami bagaimana cara menggunakannya maupun berbagai instruksi lainnya melalui buku manual yang didapat ketika membeli kamera. Ia juga harus paham kira-kira apa saja fitur atau keunggulan yang dimiliki oleh kameranya, termasuk juga kekurangannya.
  • Setelah itu, dia juga harus paham tentang bagaimana teknik pengambilan yang benar sesuai dengan kebutuhan gambar yang diinginkan.
  • Menentukan apa saja peralatan yang diperlukan, misalnya mikrofon, baterai, kabel ekstension, dan lain sebagainnya.
  • Memastikan bahwa baterai dalam kondisi penuh dan tidak bermasalah agar proses pengambilan gambar bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tidak terburu-buru.

Macam-Macam Format Video

  • Film bisu atau yang kita kenal dengan siluloid
  • Perangkat besar awal TVRI / U-matic
  • Beta ’80
  • VHS, SVHS .80
  • Supercam ’90
  • Betacam ’90 dan mulai dikenalnya 3ccd  atau harge cople device technology
  • Era digital video, seperti betacam, mini dv, hdd, dvd, yang diperkenalkan sekitar tahun 1995 hingga sekarang ini.

Demikiann informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian videografi beserta sejarah, dan juga beberapa teknik yang harus diperhatikan dalam melakukan videografi. Kesimpulannya, videografi yang kita nikmati sekarang ini telah melalui berbagai macam fase atau tahap hingga sekarang videografi telah banyak dimanfaatkan untuk semua kalangan masyarakat.

Leave a Reply

Send this to a friend